8 Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Harus Diperhatikan

Apa anda saat ini menderita penyakit asam urat? Hati-hati saat makan, karena tidak semua jenis makanan cocok dikonsumsi oleh orang penderita asam urat lho. Sudah tahu apa saja jenis makanan yang boleh dan tidak boleh untuk penderita asam urat? Berikut ini adalah daftar makanan untuk penderita asam urat yang diperbolehkan dan tidak di perbolehkan.

Beberapa jenis makanan ini mungkin salah satunya adalah jenis makanan yang paling anda sukai. Atau mungkin beberapa jenis makanan ini sering sekali anda konsumsi padahal dilarang untuk dikonsumsi. Biar gak salah makan dan asam urat tidak kambuh, pahami jenis makanannya berikut ini:

Daftar Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Diperbolehkan

Ketika anda menderita penyakit asam urat, maka anda harus bersabar dan menahan diri dari beberapa jenis makanan, bahkan mungkin makanan yang paling anda sukai sekalipun. Itupun jika anda memang ingin sembuh dan tidak akan ingin penyakit asam urat makin parah.

Namun ada beberapa jenis makanan yang masih boleh untuk ada konsumsi sehari-hari. Adapun beberapa jenis makanan yang boleh anda konsumsi adalah sebagai berikut:

1. Terung

Terung merupakan salah satu jenis sayuran atau makanan untuk penderita asam urat karena aman sekali dikonsumsi oleh orang yang menderita asam urat. Terung memiliki kandungan purin yang sangat rendah. Purin adalah sebuah zat yang terkandung dalam bahan makanan yang jika dikonsumsi akan menghasilkan asam urat. Terung aman dikonsumsi karena kandungan purinnya rendah. Meski demikian, jangan makan berlebihan ya.

2. Tomat

Sama halnya seperti terung, tomat juga termasuk jenis sayuran yang aman dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Kandungan purin dalam tomat juga sangat rendah. Sehingga orang yang menderita penyakit asam urat bisa mengkonsumsi sayuran ini tanpa harus merasa khawatir.

3. Wortel

Wortel adalah jenis makanan untuk penderita asam urat yang diperbolehkan, sayuran ini memiliki kandungan zat purin yang rendah. Sehingga makanan yang satu ini aman dikonsumsi. Purin yang terkandung dalam wortel juga sangat rendah sekali, sehingga sangat aman sekai jika dikonsumsi oleh para penderita asam urat sekalipun.

4. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis makanan yang sangat dianjurkan di konsumsi oleh penderita asam urat. Brokoli memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Brokoli dapat dengan baik menurunkan kadar asar urat dengan sangat baik. Sehingga makanan yang satu ini selain bisa mengenyangkan juga bisa menyehatkan.

5. Kentang

Kentang bisa menjadi alternatif lain bahan makanan yang dapat di konsumsi oleh para penderita penyakit asam urat. Makanan untuk penderita asam urat yang satu ini selain dapat digunakan sebagai pengganti nasi, juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam urat. Kentang memiliki kadar vitamin C yang tinggi.

6. Kacang-Kacangan

Penderita asam urat sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi protein hewani. Sebagai gantinya, mereka bisa menggunakan kacang-kacangan yang juga bisa memberikan protein nabati. Dengan demikian, kebutuhan protein akan tertap tercukupi dengan baik.

7. Jamur dan Bayam

Jamur dan bayam merupakan 2 jenis sayuran yang memiliki kandungan purin. Namun berdasarkan penelitian purin dari kedua jenis tanaman ini aman di konsumsi oleh mereka yang menderita asam urat. Sehingga menjadikan jamur sebagai salah satu jenis makanan untuk penderita asam urat yang bagus dan aman dikonsumsi.

8. Buah Apel

Memang tidak semua jenis buah dan sayur cocok dikonsumsi penderita penyakit asam urat. Namun buat apel merupakan jenis buah yang aman di konsumsi oleh para penderita asam urat. Kandungan vitamin C dalam buah apel justru sangat bagus untuk menurunkan dalam urat dalam tubuh. Buah ini bahkan banyak disarankan untuk dikonsumsi

Daftar Makanan Untuk Penderita Asam Urat yang Tidak Diperbolehkan

Selain ada beberapa makanan yang diperbolehkan untuk penderita asam urat, juga ada beberapa jenis makanan yang dilarang  untuk di konsumsi oleh para penderita asam urat. Dimana beberapa jenis makanan ini jika dikonsumsi maka akan memperparah penyakit asam urat.

Jika anda belum tahu dan takut akan berakibat fatal pada penyakit asam urat anda, beberapa jenis makanan berikut ini jangan sampai anda konsumsi walau hanya dalam jumlah yang kecil sekalipun, jika tidak maka asam urat anda akan kambuh bahkan bisa lebih parah.

1. Daging Merah

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa protein hewani merupakan salah satu jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Daging merah seperti daging sapi, kambing dan lain sebagainya, termasuk jenis daging merah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

2. Jeroan

Jika anda menderita asam urat, maka jauhilah makan jeroan. Jeroan mengandung purin yang tinggi yang dapat menjadi asam urat. Bahkan makanan yang satu ini termasuk salah satu jenis makanan untuk penderita asam urat yang sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi.

3. Ikan Laut

Ikan laut memiliki kandungan purin yang tinggi, sehingga dapat sangat berbahaya sekali apabila dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Ketika dikonsumsi purin yang ada dalam seafood atau ikan laut ini akan menjadi asam urat. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama maka akan sangat berbahaya sekai bagi kesehatan.

4. Kerang-Kerangan

Kerang-kerangan juga termasuk jenis makanan yang tidak cocok untuk penderita asam urat. Dalam kerang terkandung zat purin yang berbahaya dan bisa menjadi asam urat bagi yang mengkonsumsinya. Ini tentu sangat tidak bagus sekali bagi kesehatan dan bisa membahayakan.

5. Minuman Alkohol dan Bersoda

Semua jenis minuman yang beralkohol dan bersoda merupakan jenis minuman yang sebaiknya jangan dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kedua jenis minuman ini bahkan masuk kedalam kategori yang dilarang keras. Asam urat akan lebih berbahaya jika anda mengkonsumsi minuman beralkohol ataupun bersoda.

6. Roti

Roti termasuk jenis makanan yang dilarang dikonsumsi karena beberapa kandungannya sangat berbahaya dan dapat memicu naiknya asam urat. Maka dari itu, hindarilah mengkonsumsi roti. Gantikan roti dengan jenis karbohidrat lain yang lebih aman dikonsumsi seperti kentang ataupun nasi.

7. Oatmil

Oatmil hampir mirip dengan roti, kandungan didalamnya juga dapat meningkatkan masalah pada orang yang mengalami gangguan asam urat. Oatmil dapat memicu dan meningkatkan masalah urat. Oatmil memiliki purin yang akan menjadi asam urat saat di konsumsi. Sangat tidak disarankan bagi siapa saja yang mengalami asam urat dan mengkonsumsi oatmil.

8. Eskrim

Walau terlihat nikmat, namun eskrim merupakan jenis makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita asam urat. Untuk anda yang memang gemar memakan eskrim, anda harus menahan hasrat anda saat anda mengalami masalah asam urat.

Nah sampai di sini apa anda sudah paham apa saja makanan untuk penderita asam urat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi? Masih ada banyak jenis makanan lainnya. Namun cara terbaik nya, jika mengalami masalah kesehatan asam urat, maka anda konsultasi dengan dokter dan jangan asal makan.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara membuat infuse water lemon

Begini Cara Membuat Infuse Water Lemon yang Benar, Enak dan Bergizi!

sumbersehat.com – Cara membuat infuse water lemon memang sangat mudah namun masih banyak yang meremehkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *