Makanan untuk Diet Sehat Tanpa Nasi yang Dianjurkan dan Dihindari!

sumbersehat – Ada banyak jenis makanan untuk diet sehat tanpa nasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa nasi menjadi salah satu sumber karbohidrat dan sumber energi untuk menunjang aktivitas. Namun, konsumsi karbohidrat yang berlebihan dapat berdampak tidak baik bagi tubuh manusia, seperti obesitas. Cara terbaik mengatasinya ialah melakukan diet demi mendapatkan tubuh yang sehat sekaligus menunjang kepercayaan diri Anda. 

Diet tanpa nasi juga harus diimbangi dengan konsumsi makanan untuk diet sehat tanpa nasi tertentu yang berfungsi sebagai pengganti karbohidrat. Tidak perlu bingung, di bawah ini beberapa rekomendasi sumber karbohidrat pengganti nasi yang paling dianjurkan bagi Anda yang sedang diet. 

makanan untuk diet sehat tanpa nasi

Inilah Makanan untuk Diet Sehat Tanpa Nasi

Bisa jadi Anda merasakan kesulitan saat baru memulai diet tanpa nasi, karena telah terbiasa mengonsumsi nasi sebagai makanan utama harian. Lakukan saja perlahan dan sesuaikan dengan kemampuan Anda. Berikut ini sumber karbohidrat pengganti nasi yang bisa Anda masukkan dalam menu diet harian. 

Roti gandum

Roti gandum memiliki kandungan glukosa yang rendah serta kaya serat, sangat dianjurkan untuk mengisi perut kosong Anda. Selain itu, roti gandum juga memiliki kandungan vitamin E dan B, juga beberapa mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsi roti gandum pada saat sarapan dan makan siang. Jangan lupa memadukan roti gandum dengan berbagai sayuran dan protein yang seimbang sebagai sumber energi bagi tubuh. 

Kentang

Makanan untuk diet sehat tanpa nasi selanjutnya ialah kentang. Kentang mengandung karbohidrat, tinggi serat, vitamin B, sampai kalium yang baik bagi tubuh. Anda dapat mengonsumsi kentang sebagai sarapan dengan cara merebus dan hindari pengolahan dengan metode menggoreng. 

Anda juga bisa mengolah kentang sebagai menu sarapan dan makan siang dengan cara dipanggang sampai dihaluskan. Hindari penggunaan garam pada saat merebus maupun memanggang. Salah satu pengolahan kentang bisa juga dipadukan dengan susu maupun sayuran.

Oatmeal

Selanjutnya, makanan untuk diet sehat tanpa nasi adalah oatmeal. Selain dikenal sebagai pengganti nasi, oatmeal juga aman dikonsumsi oleh Anda yang memiliki masalah pada lambung, usus, dan juga riwayat penyakit jantung. Hal ini dikarenakan teksturnya yang halus dengan kalori rendah dan lemak yang cukup untuk aktivitas harian. 

Anda dapat mengonsumsi oatmeal selama 2 hingga 3 kali sehari. Oatmeal bisa dipadukan dengan buah-buahan sampai sayuran sesuai dengan selera dan variasi yang diinginkan. Untuk satu kali konsumsi, takaran oatmeal yang tepat yakni sebanyak setengah gelas atau cangkir dan dipadukan dengan susu rendah lemak.

Pisang

Makanan untuk diet sehat tanpa nasi juga dapat berasal dari buah-buahan yang kaya akan serat. Salah satunya adalah buah pisang. Pisang memiliki serat yang tinggi dan ampuh memperlancar pencernaan, khususnya bagi Anda yang mengalami masalah kesulitan buang air besar. Pisang juga mengandung vitamin C, B6, serta kalium yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Konsumsi pisang yang aman bagi Anda yang sedang berdiet yaitu sebanyak 2-3 buah pisang berukuran sedang dalam sehari. Jangan lupa untuk menghindari penggunaan susu dengan kalori tinggi, juga beberapa makanan yang mungkin berfungsi sebagai pelengkap, tetapi memiliki gula yang tinggi. 

Sereal

Terakhir, makanan untuk diet sehat tanpa nasi yang sangat dianjurkan ialah sereal. Salah satu jenis sereal yang direkomendasikan adalah cornflake. Kandungan di dalam cornflake yakni karbohidrat rendah, vitamin B, sampai zat besi sebagai penyeimbang bagi tubuh. 

Cornflakes yang digunakan pun sebaiknya tidak mengandung pemanis. Rasa manis alami dapat dihasilkan dari tambahan kismis, strawberry, blueberry, ataupun potongan pisang. Umumnya, sereal dikonsumsi di pagi hari. Anda dapat mengonsumsinya untuk makan siang dengan tambahan daging ayam rebus dan sayuran.

Hindari Makanan untuk Diet Sehat Tanpa Nasi di Bawah Ini!

Beberapa jenis makanan di atas dianjurkan bagi Anda yang sedang berdiet tanpa nasi. Siapa sangka, ternyata ada jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Alasannya, karena tidak cukup sebagai pengganti karbohidrat, atau berpotensi mengganggu pencernaan. Apa saja?

Smoothie

Smoothie terdiri dari berbagai buah yang umumnya dibekukan. Namun, smoothie rupanya tidak memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Hal ini tentu membuat Anda mudah lapar kembali, apalagi bila Anda mengonsumsinya di pagi hari sebagai menu sarapan. Akibatnya, akan muncul keinginan untuk ngemil.

Puding

Makanan yang juga sebaiknya dihindari adalah pudding. Sama seperti smoothie, pudding juga tidak cukup mengenyangkan. Pudding juga memiliki kandungan glukosa yang lebih tinggi daripada beberapa rekomendasi makanan untuk diet sehat tanpa nasi.di atas.

Yogurt

Selanjutnya, makanan yang sebaiknya dihindari pada saat diet tanpa nasi, adalah yogurt. Kandungan yogurt cenderung asam dan tidak dianjurkan untuk konsumsi pagi hari. Beberapa jenis yogurt juga memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi, sehingga tak disarankan untuk diet.

Mie instan

Terakhir, pengganti nasi untuk diet yang tidak dianjurkan ialah mie instan. Sebenarnya mie memiliki karbohidrat yang cukup sebagai pengganti nasi, sayangnya kandungan pengawet di dalam mie instan tidak dianjurkan untuk diet sehat. Daripada mie instan, Anda bisa mengonsumsi pengganti nasi lainnya yang lebih sehat seperti protein rebusan, atau sayuran yang rendah minyak. 

Contoh Menu Diet Sehat Tanpa Nasi

Menu makanan untuk diet sehat tanpa nasi yang variatif tentunya membuat Anda lebih bersemangat mencapai target. Berikut ini rekomendasi variasi menu diet harian yang bisa Anda coba.

Hari Senin-Selasa

Menu diet yang pertama ialah kentang rebus dengan tambahan protein dan vitamin yang berasal dari sayuran. Menu ini digunakan untuk sarapan di pagi hari. Anda dapat memadukan kentang dengan dada ayam rebus serta buah-buahan seperti apel atau melon.

Untuk makan siang, pengganti nasi untuk diet yang tepat ialah dada ayam rebus dengan brokoli rebus. Anda bisa menambahkan 1 buah kentang yang dipanggang (tambahkan minyak olive oil) sebagai perasa. Di malam hari, Anda bisa mengonsumsi apel atau melon untuk pengganjal perut.

Hari Rabu-Kamis

Menu diet selanjutnya ialah sereal cornflakes. Anda bisa menambahkan susu rendah lemak dengan tambahan blueberry atau raspberry di bawahnya. Takaran sereal yang digunakan sebanyak setengah gelas atau sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Di siang hari, Anda bisa mengonsumsi nasi merah sebanyak 3 sampai 5 sendok makan saja. Kemudian padukan dengan sayuran kuah seperti bayam atau sawi. Jangan lupa mengonsumsi 1 buah pisang untuk membantu melancarkan pencernaan Anda.

Hari Jumat-Sabtu

Contoh menu diet sehat tanpa nasi yang terakhir ialah roti gandum yang dipadukan dengan beberapa buah seperti strawberry, pisang, atau alpukat. Anda bisa menambahkan telur rebus sebagai protein. Kemudian, konsumsi 1 gelas susu rendah lemak sebagai sarapan. 

Sementara itu, di siang hari Anda dapat mengonsumsi kentang rebus dengan salmon panggang. Padukan dengan buah-buahan seperti anggur, melon, maupun pepaya untuk memperlancar pencernaan.

Nah, di atas ialah beberapa makanan untuk diet sehat tanpa nasi yang dianjurkan dan juga yang sebaiknya dihindari bagi Anda yang melakukan diet tanpa nasi. Jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup termasuk disiplin berolahraga dan memiliki waktu tidur cukup. 

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet – Senam adalah jenis olahraga yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *