Wajib Coba! 8 Rekomendasi Makanan Untuk Diet Sehat dan Cepat

sumbersehat – Makanan untuk diet sehat dan cepat ada banyak jenisnya. Jenis Makanan tersebut harus memenuhi standar diet sehat. Makanan yang paling sering direkomendasikan adalah makanan yang memiliki rendah kalori, kaya protein dan vitamin. Makanan tersebut juga harus bebas dari lemak jahat yang tidak baik untuk kesehatan.

Cara pengolahan makanan untuk diet pun harus memenuhi standar tertentu. Sebaiknya hindari mengolah dengan cara digoreng. Akan lebih baik apabila diolah dengan cara rebus atau kukus. Selain tidak mengandung banyak minyak, makanan yang diolah dengan demikian juga tidak akan kehilangan kandungan vitamin dan protein terlalu banyak. Baik untuk kesehatan juga.

makanan untuk diet sehat dan cepat

Rekomendasi Makanan Untuk Diet Sehat dan Cepat

Bagi yang sedang melakukan diet, umumnya terdapat beberapa hal yang dihindari. Misalnya saja tidak mengonsumsi makanan berat seperti nasi dan makanan berlemak. Disamping itu juga saat diet, pengaturan waktu makanan sangat diperhatikan. Makanan yang dikonsumsi harus sehat. Berikut ini akan dipaparkan tentang jenis makanan diet yang sehat dan cepat;

1. Apel

Makanan untuk diet sehat dan cepat yang direkomendasikan adalah apel. Buah ini dikenal sebagai buah yang ampuh untuk meredam rasa lapar dengan cepat. Oleh sebab itu, buah ini banyak digunakan sebagai menu diet yang sehat. Baik untuk kesehatan, buah apel banyak mengandung vitamin sehingga hasil diet akan makin optimal. Buah ini dapat dikonsumsi sebagai menu makan siang atau malam.

2. Kacang Merah

Ingin mengonsumsi makanan untuk diet yang sehat dan cepat kurus? Kacang merah adalah jenis makanan yang sering direkomendasikan. Mengonsumsi makanan ini tidak akan membuat gendut, meskipun dikonsumsi dalam jumlah banyak. Saat berniat melakukan diet tanpa harus tersiksa menahan lapar, boleh juga bila menyediakan banyak kacang merah di rumah. 

3. Yogurt

Makanan untuk diet yang sehat dan cepat selanjutnya yang direkomendasikan adalah yogurt. Makanan yang satu ini memiliki kandungan gula yang rendah. Jadi, aman dikonsumsi bagi yang sedang melakukan diet. ingin mengonsumsi yogurt sebanyak apapun saat diet, akan aman saja. sebab tidak akan membuat berat badan naik.

4. Pepaya

Sangat mudah ditemukan, pepaya dipercaya sebagai makanan yang sehat dan aman untuk diet. Pepaya memiliki manfaat yang besar untuk pencernaan tubuh. Saat sedang diet dan tengah lapar saat malam hari, bahan camilannya bisa diganti dengan pepaya ini. Baik untuk pencernaan, buah ini mempunyai nilai serat yang tinggi sehingga bisa mengurangi nafsu makan. Harganya ekonomis pula.

5. Salad Sayur

Penggiat diet pastinya tidak asing lagi dengan makanan ini. Salad sayur adalah makanan untuk diet sehat dan cepat yang sering pula direkomendasikan. Isi salad memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Contoh sayuran yang sering masuk dalam menu salad adalah tomat, selada, wortel dan mentimun. Jika bosan, bisa mencampurnya dengan beberapa buah.

6. Oatmeal

Oatmeal menjadi makanan untuk diet sehat dan cepat yang harus dikonsumsi. Meskipun makanan ini mengandung karbohidrat, tapi oatmeal tidak banyak mengandung pemanis yang tinggi, gula serta rendah kalori. Oatmeal menjadi menu makanan yang aman untuk dikonsumsi selama diet agar mendapatkan berat badan yang ideal. Dijadikan menu sarapan sangat cocok sekali.

7. Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan untuk diet sehat dan cepat yang harus dikonsumsi bagi yang sedang menjalankan diet. Rasanya yang enak, banyak mengandung serat serta lemak sehat. Saat mengonsumsinya lebih baik tidak mencampurnya dengan banyak gula, karena gula adalah bahan yang harus dihindari saat diet. Jadi, tidak akan membuat badan menjadi gemuk. Baik pula untuk kesehatan dan pencernaan tubuh.

8. Ikan Tuna

Makanan seafood untuk diet sehat dan cepat adalah ikan tuna. Ikan tuna sering direkomendasikan sebagai menu utama untuk makanan diet. Tuna adalah jenis ikan yang tidak mengandung banyak lemak. Itulah sebabnya tuna dianjurkan dan masuk kategori makanan sehat. Disamping itu, tuna juga banyak mengandung protein. Jadi, sangat cocok bagi yang ingin menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal.

9. Dada Ayam

Suka makan daging, tapi sedang diet? menu makanan untuk diet sehat dan cepat yang direkomendasikan adalah daging ayam. Namun, tidak semua bagian ayam boleh dikonsumsi. Paling baik adalah dada ayam karena kandungan lemaknya yang rendah. Meskipun rasanya tidak seenak bagian ayam yang lainnya, tapi dada ayam sangat baik untuk kesehatan. Utamanya untuk menu diet.

Contoh Menu Makanan Diet yang Sehat

Dari beberapa daftar makanan untuk diet sehat dan cepat yang dipaparkan di atas, dapat dibuat menu sederhana untuk program diet sehari-hari. Menu berikut ini relatif mudah untuk dibuat dan bahan yang digunakan juga mudah untuk didapatkan. Silahkan dicatat dan dicoba menu diet berikut ini;

1. Menu Makan Pagi

Makanan untuk diet sehat dan cepat untuk sarapan bisa dibuat dengan beberapa bahan yang sederhana dan mudah ditemukan di kulkas. Contoh menunya adalah telur rebus tiga butir. Apabila tidak ingin mengonsumsi telur dapat diganti dengan oatmeal. Dampingi dengan susu rendah lemak agar diet semakin optimal.

Mengapa harus telur? Telur adalah makanan yang dikenal aman saat diet. Telur banyak mengandung protein yang tinggi yang tinggi serat. Telur juga mengandung lemak sehat serta tidak banyak mengandung kalori. Mengonsumsi telur setiap pagi akan membuat perut cepat kenyang dan bisa bertahan lama.

2. Menu Makan Siang

Untuk menu makan siang, makanan untuk diet sehat dan cepat bisa mengonsumsi makanan yang berat seperti nasi. Hanya saja porsinya lebih dikurangi. Akan lebih baik jika mengganti nasi putih dengan nasi merah karena lebih sehat dan rendah gula. Lengkapi dengan lauk seperti ikan salmon atau daging tanpa lemak dan sayuran yang baik untuk diet. 

Setelah makan siang, tahan untuk tidak banyak ngemil makanan yang berat kembali. Alternatifnya, jika ingin ngemil bisa mengonsumsi buah atau camilan yang rendah kalori. Ingat, jarak antara makan siang dengan konsumsi buah minimal satu jam agar makanan dapat diserap dengan baik. Jika punya waktu luang, jangan lupa untuk terus bergerak aktif agar kalori dapat terbakar.

3. Menu Makan Malam

Untuk program diet, makan malam yang baik adalah sebelum jam 6 malam. Usahakan terakhir makan adalah jam 5 agar saat malam tiba, organ pencernaan tidak bekerja terlalu keras. Untuk menu makanan diet sehat yang cepat menguruskan badan adalah salad sayur atau buah apel. Hindari makanan berat seperti nasi. Kalaupun makan nasi porsinya tidak boleh terlalu banyak.

Demikian ulasan tentang makanan untuk diet sehat dan cepat yang harus dicoba bagi siapapun yang sedang melakukan diet. Semoga dengan adanya menu praktis serta panduan makanan sehat dapat banyak membantu program diet yang dijalankan. Paling penting untuk diingat, bahwa meskipun sedang diet makan bukanlah hal yang haram dilakukan. Tetap makan, tapi porsinya dibatasi. Selamat mencoba.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet – Senam adalah jenis olahraga yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *