32 Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi yang Wajib Anda Ketahui!

By

Sumbersehat.com – Makanan sehat untuk penderita darah tinggi harus dikonsumsi secara rutin, agar tekanan darah stabil. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang sering dialami oleh orang Indonesia dan terkadang muncul tiba-tiba.

Sebab, untuk mengetahui menderita hipertensi atau tidak, harus mengukur tekanan darah dan datang ke layanan kesehatan. Jadi, banyak orang yang tidak tahu kalau dirinya terkena darah tinggi, kecuali mengalami gejala-gejala darah tinggi yang sudah parah.

Sebelum membahas tentang tentang makanan dan minuman penurun darah tinggi, pahami dulu kategori hipertensi. Inilah penjelasannya:

Kategori tekanan darah

• Bila tekanan darah dibawah angka 90/60mmhg maka disebut tekanan darah rendah (hipotensi).
• Tekanan darah di antara angka sistolik 120 – 139 atau angka diastolic 80 – 80, berarti tekanan darah normal.
• Jika tekanan darah diantara 140 – 159 angka systolic atau 90 – 99 angka diastolic merupakan hipertensi (tekanan darah tinggi) tahap 1.
• Sedangkan, jika tekanan darah lebih tinggi dari 160 angka sistolik atau 100 angka diastolic, maka hipertensi (tekanan darah tinggi) tahap 2.

Setelah mengetahui tahapan tekanan darah, ikuti penjelasan selanjutnya tentang makanan sehat untuk penderita darah tinggi. Berikut ulasannya!

Inilah 25 Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi

Adapun banyak menu makanan untuk penderita darah tinggi adalah :

1. Mangga

Mangga termasuk buah penurun darah tinggi karena merupakan sumber serat dan beta-karoten yang baik. Kedua kandungan tersebut, secara efektif menurunkan hipertensi. Selain itu, mangga juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi ingat, jangan konsumsi berlebihan.

2. Ikan Salmon

Makanan sehat untuk penderita darah tinggi selanjutnya adalah ikan salmon. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang membuat tekanan darah anda berada pada kisaran yang sehat. Selain itu, dapat pula menyehatkan jantung.

3. Bell Peppers (Paprika)

Membuat paprika untuk makan malam bisa menjadi langkah pertama untuk menurunkan tekanan darah. Paprika adalah sumber vitamin C yang sangat baik, sehingga bisa ditambahkan ke dalam menu makanan untuk penderita darah tinggi.

4. Aprikot

Kurangi tekanan darah anda dan turunkan risiko penyakit kronis dengan menjadikan aprikot sebagai makanan pokok dalam diet harian anda. Baik untuk salad maupun makan aprikot kering sebagai camilan tetap bisa menyehatkan. Buah-buahan yang kaya vitamin C dan beta-karoten ini adalah buah penurun darah tinggi.

5. Coklat Hitam

Sedikit cokelat hitam bisa sangat berpengaruh dalam menurunkan angka-angka tekanan darah berkat kandungan flavonoidnya. Flavonoid bak pigmen nabati yang mampu meningkatkan fungsi endotel, sehingga menurunkan tekanan darah.

Pastikan anda memilih cokelat hitam murni dan konsumsi setiap hari karena ini adalah makanan sehat untuk penderita darah tinggi. Anda harus bisa memilih coklat murni karena yang beredar di pasaran kebanyakan sudah bercampur dengan susu.

6. Apel

Satu buah apel mengandung 4,5 gram serat penurun tekanan darah dan lalu juga mengandung quercetin yang sehat. Quercetin dianggap sebagai antihipertensi yang efektif, menurut hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Kedokteran Madrid.

7. Wortel

Makanan kelinci itu adalah obat tekanan darah yang menyamar. Wortel mengandung beta karoten dan vitamin C, sehingga bisa dijadikan sebagai jus penurun darah tinggi. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin saat mengalami hipertensi.

8. Telur

Walaupun telur memiliki kandungan kolesterol, tapi penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa telur dapat membantu menurunkan hipertensi. Menurut American Journal of Hypertension, diet protein tinggi, seperti yang kaya telur, dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami serta mampu membantu penurunan berat badan.

9. Ceri

Selain apel, ceri juga termasuk dalam buah penurun darah tinggi. Ceri tidak hanya memiliki serat, quercetin, dan vitamin C, melainkan juga mengandung resveratrol. Nah, resveratrol ini mampu mengurangi tekanan darah sistolik yang signifikan. Oleh karena itu, anda bisa menambahkannya ke dalam daftar menu makanan sehat untuk penderita darah tinggi.

10. Jeruk Bali

Selain sebagai menu makanan untuk penderita darah tinggi, jeruk bali pun bisa menambah kekebalan dengan vitamin C nya. Jeruk bali merah muda adalah sumber lycopene yang baik, yang menurut beberapa penelitian dianggap efektif dalam mengurangi tekanan darah.

Baca juga : 8 Gejala Utama Penyakit Gusi yang Wajib Anda Ketahui!

Masih banyak makanan sehat untuk penderita darah tinggi yang bisa anda pilih sebagai menu diet. Inilah pilihan lainnya:

11. Biji rami
12. Bayam
13. Tomat
14. Bluberi
15. merah
16. Kacang lima
17. Semangka
18. Ubi jalar
19. Kubis
20. Stroberi
21. Susu skim
22. Brokoli
23. Jus buah bit
24. Pisang
25. Delima
26. Makanan fermentasi
27. Oatmeal
28. Yoghurt
29. Bawang putih
30. Buah kiwi
31. Kayu manis
32. Olive oil

Demikianlah 32 makanan sehat untuk penderita darah tinggi yang bisa anda pilih untuk menu harian anda. Untuk buah-buahan atau sayuran, anda bisa membuatnya sebagai jus penurun darah tinggi.

Tinggalkan komentar