28 Makanan Sehat untuk Jantung dan Pembuluh Darah Anda!

Jantung bagaikan mesin yang disetel dengan halus. Agar tetap berjalan dalam kondisi prima, anda harus memberinya makanan sehat untuk jantung. Makanan ini bagai bahan bakar yang mempengaruhi kinerja jantung.

Ada beberapa makanan untuk menguatkan jantung, tapi apakah anda tahu makanan apa itu? Memilih makanan sehat yang tepat dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit arteri koroner yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Setidaknya, ada 28 makanan sehat untuk jantung koroner maupun jantung sehat. Simak yuk penjelasannya!

Inilah 28 Makanan Sehat untuk Jantung

Ada beberapa makanan untuk menguatkan jantung yang perlu anda ketahui, diantaranya:

Ikan salmon

Makanan sehat untuk jantung koroner dan normal pertama adalah ikan salmon. Salmon penuh dengan asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi risiko detak jantung abnormal (aritmia). Selain itu, juga menurunkan kadar trigliserida, memperlambat pertumbuhan plak di arteri, dan sedikit menurunkan tekanan darah.

Biji rami

Selain salmon, biji rami juga mengandung omega-3, bersama dengan serat larut dan tidak larut. Bahan ini memiliki salah satu sumber lignan tertinggi yang tersedia, yang memiliki kualitas estrogen dan antioksidan tanaman. Sehingga, biji rami sangat tepat dijadikan makanan untuk menguatkan jantung.

Oatmeal

Berikutnya, makanan sehat untuk jantung dan lambung adalah oatmeal. Makanan ini bisa menjadi sarapan lezat, dan merupakan sumber asam lemak omega-3 serta mengandung serat. Mengonsumsinya sebanyak 4 gram dalam setiap porsi satu cangkir, akan memberikan nutrisi seperti magnesium, kalium, dan zat besi.

Kacang Hitam

Kacang mengandung banyak serat larut, vitamin B-kompleks, niasin, folat, magnesium, kalsium, dan Anda dapat menebaknya, asam lemak omega-3. Kacang dapat dimanfaatkan menjadi berbagai makanan, seperti memasukkannya ke dalam sup, semur, atau salad.

Kacang almond

Selanjutnya, ada kacang almond yang telah terbukti menurunkan kolesterol darah. Kacang almond merupakan pilihan tepat sebagai makanan untuk menguatkan jantung.

Bahan ini mengandung asam lemak omega-3 tumbuhan, vitamin E, magnesium, kalsium dan serat. Kemudian juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang menguntungkan jantung.

Kenari

Memang kacang-kacangan terbaik untuk jantung. Kacang kenari memberikan banyak perlindungan kesehatan yang sama seperti almond dan kacang lainnya.

Kenari mengandung asam lemak omega-3 tumbuhan, vitamin E, magnesium, folat, serat, lemak tak jenuh tunggal dan ganda, dan fitosterol. Makanya, cocok anda tambahkan ke dalam daftar makanan sehat untuk jantung koroner dan normal.

Anggur Merah

Buah anggur merah mengandung jenis flavonoid yang disebut katekin, serta resveratrol antioksidan. Flavonoid dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah Anda, dan dapat membantu mencegah pembekuan darah.

Resveratrol memiliki manfaat melindungi jantung, karenanya bisa menjadi makanan untuk menguatkan jantung. Tapi, tetap konsumsi dalam batas wajar, jangan berlebihan.

Tuna

Sama seperti salmon, tuna juga mengandung asam lemak omega-3. Meskipun tidak setinggi omega-3 seperti salmon, tuna memang memberikan jumlah yang cukup baik. Satu porsi tuna juga memiliki sekitar setengah dari kebutuhan niacin harian anda.

Tahu

Olahan kedelai seperti tahu adalah sumber protein yang bagus dan cocok bagi vegetarian. Tahu penuh dengan nutrisi yang menyehatkan jantung termasuk niasin, folat, kalsium, magnesium, dan kalium. Karena itulah, tahu dapat menjadi makanan sehat untuk jantung.

Nasi Merah

Untuk asupan karbohidrat, anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih sehat untuk jantung. Nasi merah dapat anda jadikan sebagai makanan diet jantung sehat. Nasi merah mengandung vitamin B kompleks, magnesium, dan serat.

Susu Kedelai

Tak hanya tahu, tapi susu kedelai pun termasuk makanan untuk menguatkan jantung. Isoflavon (flavonoid), vitamin B kompleks, folat, kalsium, magnesium, kalium, dan fitoestrogen terkandung dalam susu kedelai.
Protein yang ditemukan dalam susu kedelai, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan dapat memberikan manfaat kardiovaskular lainnya.

Baca juga : Simak, 6 Info Kesehatan Wanita yang Wajib Anda Ketahui!

Bluberi

Buah beri termasuk dalam makanan sehat untuk jantung dan lambung serta semua organ tubuh anda. Blueberry memiliki banyak nutrisi sehat seperti beta-karoten dan lutein, anthocyanin, asam ellagic, vitamin C, folat, kalsium, magnesium, kalium, dan serat.

Selain 12 makanan sehat untuk jantung lemah dan normal di atas, masih banyak pilihan makanan lain, berikut daftarnya:

  • Wortel
  • Bayam
  • Brokoli
  • Ubi jalar
  • Paprika Merah
  • Asparagus
  • Jeruk
  • Tomat
  • Labu biji
  • Blewah
  • Kacang Polong
  • Ikan Herring
  • Yogurt rendah lemak
  • Kangkung
  • Sawi
  • Alpukat

Itulah 28 makanan sehat untuk jantung lemah, koroner maupun jantung normal. Mulailah memilah-milah makanan demi hidup sehat dan umur panjang.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *