8 Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung, Bisa Anda Coba Konsumsi!

By

Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung – Kesehatan adalah hal yang utama dan harus dijaga agar hidup dapat lebih berkualitas. Menjaga kesehatan harus diperhatikan dengan rutin berolahraga dan menjaga makanan. Diantara banyak makanan yang ada Anda bisa mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung dan lambung.

Jantung merupakan organ vital yang harus dijaga agar bisa berfungsi dengan baik dan tidak mengalami gangguan. Bukan rahasia lagi jika penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Di Indonesia sendiri, banyak orang yang meninggal akibat serangan jantung dan terjadi secara tiba tiba.

Pentingnya Konsumsi Makanan Sehat

Selain organ jantung, Anda juga harus menjaga kesehatan lambung agar bisa dapat beraktivitas normal setiap hari. Salah satu gangguan yang terjadi pada lambung ialah penyakit asam lambung yang membuat penderitanya mengalami kesakitan yang sangat mengganggu.

Saat Anda memiliki riwayat penyakit jantung maupun asam lambung, Anda harus berhati hati dalam memilih makanan. Salah memilih makanan yang dikonsumsi, dapat membuat keadaan semakin parah dan memburuk.
Pilihlah makanan yang sehat dan dapat membantu menjaga kondisi jantung dan juga lambung Anda. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara rutin maka kondisi tubuh akan lebih baik dan Anda terhindar dari berbagai penyakit.

10 Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung

Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung
Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung

Bagi Anda yang masih bingung memilih makanan sehat untuk jantung dan lambung tidak perlu khawatir. Berikut ini ialah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan lambung dan jantung.

1. Sayuran Hijau

Makanan sehat untuk jantung dan lambung yang pertama yang bisa Anda konsumsi ialah sayuran hijau yang kaya akan zat besi. Sayuran hijau juga memiliki berbagai vitamin di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Bagi penderita asam lambung, sayuran hijau baik dikonsumsi karena mengandung serat yang tinggi serta tidak mengandung lemak serta gula tambahan. Hal ini juga bagus untuk kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah serta meningkatkan fungsi sel sel yang melapisi pembuluh darah.

Pilihan sayuran hijau yang mudah ditemukan dan memiliki banyak manfaat diantaranya ialah kangkung bayam dan sawi yang kaya akan vitamin, antioksidan dan mineral.

2. Gandum Utuh

Untuk menjaga kesehatan jantung dan lambung konsumsilah makanan yang kaya akan serat dan baik untuk tubuh. Diantaranya ialah gandum utuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu para penderita asam lambung juga membutuhkan makanan yang kaya akan serat, jika mengkonsumsi makanan berlemak maka risiko terkena asam lambung akan meningkat. Pilihannya ialah gandum, beras merah, quina dan gandum hitam yang bisa ditemukan dengan mudah.

Selain menjaga kesehatan jantung dan lambung rutin mengkonsumsi gandum juga mampu menurunkan resiko terkena stroke.

3. Pisang

Makanan sehat untuk jantung dan lambung selanjutnya ialah buah pisang yang mudah ditemukan dan memiliki harga yang terjangkau. Pisang mengandung kalium yang tinggi dan merupakan mineral penting untuk mengontrol tekanan darah.

Tekanan darah yang dapat terkontrol dalam kadar yang normal akan membuat jantung menjadi lebih sehat dan normal. Mengkonsumsi pisang juga sangat baik untuk penderita asam lambung karena dipercaya dapat mencegah nyeri pada lambung.

Kandungan PH pada buah pisang yakni 5.6 sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Mengkonsumsi buah pisang juga mampu membuat Anda merasa lebih kenyang dan dapat dikonsumsi dalam jeda waktu makan.

4. Apel

Buah selanjutnya yang juga baik untuk kesehatan jantung dan lambung ialah buah apel yang mengandung serat tinggi. Serat larut air pada buah apel mampu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Mengkonsumsi apel juga bagus bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung dan menjaga kesehatan lambung agar tidak sering mengalami perih. Ternyata tidak hanya daging apel yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

Kulit apel yang mengandung kalsium, magnesium serta kalium mampu meredakan gejala asam lambung yang dialami oleh penderitanya. Pilihlah apel yang segar dan tidak benyek dan bersihkan sebelum dikonsumsi.

Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi apel ialah sebelum tidur atau setelah makan. Jika rutin mengkonsumsi buah ini maka kesehatan jantung dan lambung akan lebih terjaga.

5. Kacang Hijau

Makanan sehat untuk jantung dan lambung selanjutnya berasal dari keluarga kacang kacangan yakni kacang hijau. Sejumlah penelitian mengatakan rutin mengkonsumsi kacang hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Kadar kolesterol ini dapat menyebabkan penyakit pembuluh darah seperti stroke dan jantung.

Selain baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah kacang hijau juga baik untuk penderita maag dan juga asam lambung. Mengkonsumsi kacang hijau dengan rutin dapat menetralkan kadar asam lambung sehingga Anda dapat beraktivitas dengan nyaman.

Olahlah kacang hijau sesuai dengan selera Anda dan konsumsi setidaknya 3 kali dalam seminggu. Mengkonsumsi kacang hijau di pagi hari juga dapat dijadikan pilihan sarapan yang mengenyangkan dan juga sehat.

6. Oatmeal

Bagi Anda penderita asam lambung alangkah baiknya jika Anda menukar menu sarapan dengan olahan oatmeal yang mudah ditemukan dipasaran. Makanan ini mengandung banyak vitamin dan nutrisi serta kaya akan mineral dan antioksidan. Kandungan ini mampu mengurangi kadar gula darah bagi penderita asam lambung.

Selain itu mengkonsumsi oatmeal juga baik untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Dengan kandungan rendah lemak dan kolesterol jantung akan terjaga dengan baik dan Anda bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung.

7. Kiwi

Pilihan buah lainnya yang baik untuk jantung sekaligus lambung ialah buah kiwi. Bagi penderita asam lambung akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan dan buah buahan yang bersifat basa. Salah satunya ialah buah kiwi yang mampu melawan asam berlebih pada lambung.

Selain itu buah kiwi ini juga bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Dengan kandungan vitamin C dan E buah ini mampu mengurangi risiko penyakit dan serangan jantung. Vitamin E di dalam buah ini ialah antioksidan yang mampu mengurangi oksidasi kolesterol.

Kandungan serat dalam buah kiwi ini juga baik untuk penderita asam lambung dan penderita jantung sekaligus.

8. Pepaya

Memang mengkonsumsi buah buahan memiliki banyak manfaat yang bisa Anda rasakan untuk kesehatan tubuh dan tidak memiliki harga yang mahal. Buah pepaya merupakan buah yang mudah ditemukan dan memiliki harga yang terjangkau.

Pepaya baik untuk penderita asam lambung dan juga penyakit jantung karena memiliki berbagai vitamin di dalamnya. Kandungan enzim papain dalam pepaya dapat mengurangi asam lambung yang naik dan menormalkannya kembali.

Kandungan beta karoten pada buah pepaya juga mampu mengurangi risiko pertumbuhan kanker dan juga serangan jantung.

Itulah berbagai makanan sehat untuk jantung dan lambung yang bisa Anda konsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan. Jangan lupa untuk melakukan olahraga rutin agar tubuh semakin sehat

Tinggalkan komentar