10 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda, Jaga Kesehatan Anda dan Janin dengan Konsumsi Ini

By

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda – Saat hamil, jelas seorang ibu harus lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kesehatannya. Terlebih lagi dalam menjaga pola makanya. Ya, saat hamil muda, pola makan yang baik sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Jadi saat hamil mudah, sebaiknya Anda tak sembarangan dalam menkonsumsi makanan. Ada beberapa makanan sehat untuk ibu hamil muda yang harus Anda konsumsi.

Di fase trimester awal, biasanya ibu hamil akan mengalami morning sickness. Morning sickness akan membuat seorang ibu hamil sulit untuk makan dengan benar. Padahal fase trimester awal menjadi salah satu fase penting, dimana pada fase ini adalah awal pertumbuhan janin, serta pertumbuhan organnya. Jika di fase ini tidak diimbangi dengan asupan makanan sehat, maka akan menjadi hal yang cukup beresiko.

10 Makan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Lantas apa makanan sehat untuk ibu hamil muda? Yuk simak saja ulasannya berikut ini.

1. Susu

pasti sebagai ibu hamil, Anda sudah sangat paham bahwa susu menjadi salah satu makan, serta minuman yang sehat untuk Anda konsumsi. Bahkan di pasaran ada berbagai macam produk susu ibu hamil, serta ada berbagai makanan dan minuman yang dibuat dari bahan dasar susu, seperti keju dan yoghurt.

Susu mengandung asupan nutrisi, seperti vitamin D, protein, lemak sehat, serta asam folat. Semua nutrisi tersebut jelas baik untuk tumbuh kembang janin. Untuk itu, jangan sampai terlewat meminum susu, atau makan makanan yang mengandung susu selama hamil.

2. Telur

Selain murah dan mudah diolah menjadi berbagai olahan makan, telur juga menjadi salah satu makan yang sehat, serta dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebagai makanan sehat, telur mengandung protein. Selain protein, telur juga mengandung kolin.

Kolin ini penting sebagai nutrisi untuk kesehatan otak dan perkembangan janin. Telur ayam, menjadi salah satu telur yang mudah dicari di pasaran di berbagai daerah Indonesia. Olahlah telur dengan benar agar nutrisi dalam telur tak hilang.

3. Sayur

Sudah sangat pasti bahwa sayuran adalah makanan yang sangat sehat untuk tubuh. Untuk itu saat hamil, jangan sampai terlewat memakan sayuran. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, serta sayuran berdaun hijau lainya yang kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin K, zat besi, kalsium, serta antioksidan jelas sangat sehat untuk dikonsumsi untuk memenuhi asupan nutrisi ibu dan janin.

Selain itu, sayuran juga sangat bermanfaat untuk proses pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Sebelum diolah, pastikan Anda sudah mencuci bersih sayuran agar sayuran bebas dari pestisida.

4. Gandum

Gandum juga menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil muda selanjutnya. Ada berbagai manfaat yang baik dari gandum, seperti gandum dapat mengurangi resiko obesitas, serta resiko diabetes saat sedang di masa kehamilan. Selain itu, gandum juga mengandung banyak serat. Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan dan mengurangi resiko diare. Ada berbagai macam makanan yang berbahan dasar gandum serta baik dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti biskuit dan roti.

5. Ikan Laut

Makanan yang berasal dari laut ini juga menjadi salah satu makan sehat untuk ibu hamil muda. Ya, ikan mengadung vitamin D yang tentunya baik untuk ibu hamil dan janinnya. Tak hanya vitamin D, ikan pun mengandung omega 3. Omega 3 sangat baik untuk perkembangan janin dalam kandungan Anda. Ikan salmon bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Ikan salmon dinilai lebih aman dikonsumsi oleh ibu hamil, jika dibandingkan dengan makanan laut seperti kepiting atau udang. Tapi perlu Anda tahu, saat hamil Anda harus mengkonsumisi makanan yang benar-benar matang, untuk itu selalu pastikan ikan yang akan Anda konsumsi matang dengan sempurna.

6. Daging Sapi dan Kambing

Selain daging dari ikan, Anda juga perlu mengkonsumi daging dari hewan lain, seperti sapi atau kambing. Daging sapi dan kambing memiliki protein tinggi yang sangat baik untuk perkembangan janin dalam kandungan Anda. Kadungan zat besi dalam daging sapi dan kambing pun sangat cepat diserap oleh tubuh, sehingga Anda yang sedang hamil tak usah khawatir lagi akan terserang anemia.

Kandungan zink dan vitamin B dalam daging pun sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Untuk itu selalu konsumsi daging saat hamil. Tapi pastikan daging yang Anda konsumsi adalah daging yang benar-benar matang dengan sempurna.

7. Daging Ayam

Daging ayam menjadi salah satu makanan yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil yang mengalami morning sickness, sebab daging ayam bisa mengobati rasa mual dan mutah. Daging ayam pun menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil muda. Kandungan zat besi sangat baik untuk meningkatkan sel darah merah pada ibu hamil. Untuk itu, selalu konsumsi daging ayam, terlebih lagi jika Anda mulai merasakan gejala morning sickness.

8. Buah

Makanan sehat untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah buah. Saat hamil, Anda bisa menkonsumsi buah seperti alpukat, stroberi, jambu, delima, pisang, jeruk, dan apel. Buah-buah tersebut sangat baik untuk perkembangan janin, sebab semua buah tersebut mengandung mineral, vitamin, dan antioksidan.

Anda bisa saja membuat berbagai olahan makanan yang lezat dari buah-buah tersebut, seperti jus atau salad buah. Tapi jika tak ingin ribet, memakan langsung buah juga akan tetap terasa nikmat. Pada buah jeruk selain mengandung vitamin C, buah jeruk juga mengandung asam folat yang berguna untuk mengurangi resiko cacat pada janin.

9. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga menjadi makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang hamil muda. Buncis, kedelai, kacang polong, dan kacang tanah menjadi jenis kacang yang banyak mengandung protein, asam folat, kalsium yang tentunya sangat berguna untuk kesehatan janin dalam kandungan, serta dapat mengurangi resiko cacat pada janin. Selain itu, Anda pun bisa juga menjadikan kacang made atau kacang almond sebagai cemilan yang sehat dan lezat saat sedang hamil. Ingat! untuk selalu konsumsi kacang saat sedang hamil muda.

10. Ubi

Makanan sehat untuk ibu hamil muda yang terakhir adalah ubi. Ya, ubi mengandung vitamin A dan serat yang sangat penting untuk pertumbuhan janin. Makanan satu ini pastinya tak hanya mudah didapatkan, tapi juga bisa didapatkan dengan harga yang murah. Namun, perlu Anda ingat, bahwa ubi-ubian mengandung banyak kadar gula sehingga Anda harus bisa membatasi menkonsumsi ubi saat hamil.

Baca Juga: Ini Dia 7 Daftar Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Itulah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil muda. Pastikan asupan nutrisi Anda terpenuhi saat sedang hamil muda. Selalu jaga pola makan yang baik juga saat hamil muda. Sebab, saat hamil muda adalah fase yang sangat rawan. Selain itu, saat hamil pastikan Anda selalu berpikir positif, jangan sampai pikiran Anda terbebani dengan hal-hal yang dapat mengganggu kehamilan Anda. pastikan juga selalu rutin periksa kehamilan ke dokter kandungan.

Tinggalkan komentar