14 Makanan Sehat Dan Aman Untuk Program Diet [Paling Ampuh]

By

Postur tubuh yang ideal adalah dambaan semua orang, apalagi bagi mereka yang perempuan. Oleh karenanya berbagai cara dilakukan oleh mereka untuk mendapatkan tubuh ideal, salah satunya dengan melaksakan program diet. Saat melakukan program ini, bukan berarti tidak makan, melainkan mereka harus menjaga porsi makan dan dan makan makanan sehat yang benar-benar baik untuk tubuh.

Untuk itu, penting bagi mereka untuk mengatahui jenis makanan yang tepat ketika melaksanakan program diet agar mendapatkan hasil yang maksimal dan tubuh tetap dalam keadaan sehat. Berikut ulasan lengkapnya terkait makanan yang cocok untuk program diet yang bisa kamu coba di rumah.

1. Sayuran

Tentu sudah tidak asing lagi bagi semua orang jika sayuran mampu menurunkan berat badan. Entah itu sayuran yang berwarna hijau, kembang kol, hingga brokoli. Sayuran dianggap sebagai salah satu makanan sehat untuk menurunkan berat badan karena sayuran mengandung rendah kalori dan karbohidrat. Sehingga sangat sayang jika kamu melawatkan daftar makanan ini pada list menu dietmu.

Dengan memakan sayuran yang lebih banyak di setiap harinya, mampu juga membuat perutmu bertahan kenyang yang lebih lama. Secara otomatis, akan ada sedikit makanan yang mengandung kalori ke dalam tubuhmu.

2. Buah pepaya

Buah pepaya merupakan salah satu makanan sehat yang sangat mudah untuk dijumpai, begitu juga harga buah ini di pasaran bisa dikatakan sangat ekonomis. Nah, apabila kini kamu sedang menjalani program diet, buah papaya sangat cocok untuk kamu konsumsi.

Ketika malam hari kamu merasa perut lapar, buah papaya bisa dijadikan sebagai alternative pengganti makanan dan camilanmu. Dalam buah papaya, terkandung serat yang begitu tinggi. Dengan banyaknya serat ini, mampu mengurangi nafsu makanmu.

Selain papaya sangat baik digunkan untuk program diet, buah ini juga memiliki manfaat bagus bagi pencernaan seseorang yang mengkonsumsinya.

3. Telur

Makanan selanjutnya yang bermanfaat untuk program diet adalah telur. Ini karena telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Kandungan protein yang terdapat pada telur, mampu membuat kamu merasa kenyang yang lebih lama.

Kendati demikian, seseorang yang terlalu berlebihan mengkonsumsi telur bisa membawa dampak buruk. Yang mana memiliki potensi untuk meningkatkan kadar kolestrol jahat LDL.

4. Ikan Berminyak

Ikan berminyak merupakan salah satu jenis makanan sehat yang sangat bagus untuk diet. Rajin memakan ikan berminyak atau ikan rendah kalori mampu memperlancar program diet yang kamu jalani. Walau dikategorikan sebagai ikan berminyak, namun ikan-ikan ini masih bersifat rendah kalori. Diantara ikan jenis ini ada salmon, sarden, trout, dan ikan lainnya.

Ketika kamu telah mengkonsumsi ikan berminyak, secara tidak langsung memberikan efek perasaan kenyang lebih lama pada perut. Dalam ikan berminyak ini juga mengandung kandungan asam lemak omega-3, yodium, dan kandungan nutrisi lainnya yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh pengkonsumsinya.

5. Kacang merah

Memakan kacang merah juga terbukti mampu membantu berat badanmu berkurang. Walau sebanyak apapun kacang merah yang dimakan, tak akan pernah membuat gemuk. Oleh karenanya, di saat menjalankan program diet, kamu wajib menyediakan kacang merah yang banyak sebagai pengganti camilan lainnya. Kacang merah juga bisa kamu olah menjadi soup. Tentu rasanya tak akan kalah enak dari jenis soup lainnya.

Kacang  merah merupakan salah satu jenis makanan sehat yang memang sudah sejak lama digunakan orang untuk diet.

6. Yogurt

Makanan sehat selanjutnya yang harus kamu masukkan ke daftar makanan untuk program diet adalah yogurt. Karena makanan jenis ini mengandung bakteri probiotik yang mana mampu meningkatkan fungsi usus. Ketika akan memakan yogurt, sebaiknya pilihlah yogurt yang normal dari pada yogurt yang rendah lemak. Sebab yogurt yang rendah lemak adalah yogurt yang paling banyak mengandung gula.

7. Daging ayam

Rajin memakan daging ayam juga mampu membantumu dalam menurunkan berat badan. Namun, ketika hendak memakan daging ayam saat program diet, pilihlah daging ayam yang rendah lemak dan tidak bekulit. Seperti memilih pada bagian dada ayam.

8. Tuna

Memakan daging tuna saat program diet juga bisa menjadi solusi untuk membantumu menurunkan berat badan. Daging tuna dipercaya karena memiliki kandungan protein yang tinggi dan memiliki kandunagn kalori dan lemak yang rendah.

Selain daging tuna mampu membantu menurunkan berat badan, tuna juga dipercaya mampu meningkatkan masa otot yang lebih cepat pada seseorang yang rutin mengkonsumsinya. Sehingga daging tuna adalah rekomendasi terbaik untuk dikonsumsi.

Selain mampu menurunkan berat badan secara sehat, juga mampu memperkuat masa otot kamu. Oh iya, jika akan mengkonsumsi daging tuna diusahakan untuk tidak memilih daging yang ada pada kemasan menggunakan kaleng. Sebab, daging tuna yang ada di kaleng mengandung lebih banyak minyak daripada daging tuna yang biasa.

9. Minyak kelapa

Minyak kelapa asli bisa kamu pilih sebagai salah satu makanan sehat untuk menunjang program dietmu. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa asli saat memasak masakan di rumah. Minyak ini dipercaya mampu turunkan berat badan karena mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan mampu membantu meingkatkan proses pembakaran kalori di dalam tubuh.

10. Cabai

Sangat bersyukurlah bagi kamu pecinta makanan pedas. Sebab cabai mampu membantumu dalam menurunkan berat badan. Ini terjadi karena kandungan capsaicin dalam cabai mampu membantu dengan cepat pembakaran lemak dalam tubuh.

Cabai bisa kamu campurkan ke dalam hidangan makananmu di kesehariannya. Namun, apabila perutmu tidak kuat dalam menahan rasa pedas cabai, coba untuk tidak terlalu banyak membumbui cabai pada makanan.

11. kentang

Kentang merupakan salah satu makanan terenak dan favorit semua orang. Selain rasanya yang enak, kentang juga bisa membantumu dalam menurunkan berat badan. Di dalam kentang terkandung juga karbohidrat, nutrisi yang tinggi serta kaya akan vitamin. Tentu, dengan memakan kentang bisa membantumu untuk kenyang yang lebih lama dan bisa menjadi pengganti makanan pokok.

Mengolah kentang sebagai makanan juga sangat mudah. Kamu bisa mengolah kentang dengan cara digoreng, direbus, ataupun dipanggang sesuai dengan seleramu sendiri.

12. Popcorn

Popcorn menjadi salah satu camilan favorit ketika seseorang sedang menonton film. Entah itu di bioskop atau di rumahnya sendiri. selain memiliki rasa yang enak, popcorn juga bisa menurunkan berat badan secara sehat. Ini disebabkan karena camilan ini terbuat dari jagung asli yang rendah akan kalori.

Namun, jika hendak memakan popcorn, diusahakan untuk memilih popcorn yang original tanpa ada gulanya. Karena porcorn yang mengandung gula bisa mengakibatkan tubuhmu melebar.

13. Tahu

Tahu dipercaya juga sebagai makanan yang membantu menurunkan berat badan. Karena tahu termasuk makanan yang rendah kalori namun kaya akan serat. cara mendapatkan tahupun sangat mudah dipasaran, begitu juga harganya tak akan pernah membuat dompetmu kering.

14. Apel

Yang terakhir adalah apel. Apel juga termasuk salah satu dari beberapa jenis buah yag masuk ke daftar makanan wajib konsumsi untuk program diet. Namun, kamu disarankan untuk memilih apel segar dari pada jus apel. Sebab apel segar lebih banyak mengandung serat dibandingkan jusa apel. Dengan kandungan serat ini, mampu membuat perutmu tahan kenyang yang lebih lama.

Itulah 14 rekomendasi makanan sehat untuk program diet kamu agar berjalan sesuai harapan dan maksimal. Namun, kamu harus mengonsumsi makanan tersebut secara rutin agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tinggalkan komentar