10 Rekomendasi Makanan Sehat bagi Penderita Kolesterol Tinggi

sumbersehat.com – Makanan sehat merupakan hal yang dibutuhkan oleh setiap orang. Makanan yang sehat tentunya memiliki banyak sekali manfaat sehingga tubuh pun akan terhindar dari penyakit. Lalu, apakah makanan yang sehat bisa berperan dalam menyembuhkan sebuah penyakit? 

Jawabannya tentu saja bisa. Salah satu penyakit tersebut adalah penyakit kadar kolesterol tinggi. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa kolesterol yang tinggi kadarnya ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan, karena akan mempengaruhi organ tubuh yang lainnya.

Seseorang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi sangat dianjurkan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Hal ini karena ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar dan juga ada banyak anjuran makanan sehat yang harus dikonsumsi. 

Memiliki kadar kolesterol yang terlalu banyak tentunya akan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Oleh karena itu, di bawah ini akan dipaparkan mengenai menu makanan sehat yang bisa dikonsumsi saat kadar kolesterol meninggi.

makanan sehat bagi penderita kolesterol

Rekomendasi Makanan Sehat dan Bergizi Bagi Penderita Kolesterol

Di antara jenis makanan bergizi yang dapat dikonsumsi oleh penderita kolesterol adalah sebagai berikut:

Kentang

Makanan sehat dan bergizi yang pertama yang dapat dijadikan sebagai penurun kadar kolesterol adalah kentang. Satu kentang ini memiliki lima gram serat larut yang tentunya berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Baca juga 7 Langkah Cara Mengolah Daun Binahong Untuk Kolesterol.

Namun, perlu diingat bahwa kita harus memperhatikan cara mengolahnya. Tidak dianjurkan bagi penderita kolesterol tinggi untuk mengonsumsi kentang goreng karena hal tersebut dapat mengandung kadar lemak yang cukup tinggi. Oleh karena itu, konsumsilah kentang panggang atau kentang rebus.

Bawang Putih dan Bawang Merah

Syarat makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi adalah adanya bawang merah dan bawang putih. Bawang putih ini memastikan kita terhindar dari kolesterol jahat dan juga menjaga darah. Bawang merah juga berperan penting sebagai makanan bagi penderita kolesterol tinggi karena kandungan antioksidan di dalamnya.

Alangkah baiknya bagi kita atau penderita kolesterol tinggi untuk mengonsumsinya dalam keadaan mentah karena bawang merah masih memiliki kadar nutrisi yang tinggi dan baik untuk kesehatan jantung. Mau tahu info menarik tentang diet sehat yang ampuh menurunkan berat badan, simak disini!

Kacang

Makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi yang lainnya adalah kacang. Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan magnesium di dalamnya mampu berperan dalam kesehatan jantung. Jika seseorang rutin mengonsumsi kacang-kacangan, maka akan terhindari dari risiko penyakit jantung dan juga penyakit lainnya. Sehingga hal tersebut juga memberikan dampak yang baik bagi persendian seseorang.

Teh

Teh juga termasuk ke dalam rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Kandungan antioksidan di dalamnya sangat baik bagi pembuluh darah dan juga dapat mencegah pembekuan darah, apalagi ketika disajikan dingin ataupun panas. Antioksidan dari teh juga mampu mengurangi kolesterol dan juga tekanan darah. Anda dapat mengonsumsinya setiap hari agar tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Bayam

Siapa, sih, yang tidak mengenal bayam? Sayuran yang termasuk ke dalam makanan sehat dan bergizi ini mampu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini tentu saja karena kandungan lutein di dalamnya. Lutein ini bisa disebut sebagai sinar matahari kuning yang dapat ditemukan di dalam kuning telur dan juga sayuran berdaun hijau gelap. 

Alpukat

Alpukat yang memiliki beragam manfaat mulai dari kecantikan hingga penurun kadar kolesterol ini banyak ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu, makanan penurun kadar kolesterol tinggi selanjutnya adalah alpukat. Alpukat ini juga sangat baik untuk jantung karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dan dapat meningkatkan kolesterol baik, kemudian menurunkan kadar kolesterol yang jahat. Oleh karena itu, konsumsilah alpukat jika ingin menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Beras dan Biji-bijian

Makanan sehat yang menurunkan kolesterol tinggi adalah beras dan biji-bijian. Hal ini bisa kita temukan dengan mudah karena termasuk ke dalam makanan yang pokok. Baik beras, kacang-kacangan, dan juga roti sama-sama mengandung pati. Tidak hanya itu, jenis makanan tersebut tidak mengandung kadar kolesterol di dalamnya. Hal itu tentu saja jika kita tidak menambahkan bahan lainnya yang mengandung lemak ketika mengolahnya.

Tahu

Tahu juga dipercaya sebagai makanan sehat dan bergizi yang mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Namun, kita harus benar-benar dalam mengolah dan memasaknya sehingga tahu tersebut mampu menjadi pengganti yang baik untuk daging di banyak hidangan. Selain bermanfaat untuk kolesterol, tahu ini juga memiliki cita rasa yang lezat di dalam setiap hidangan sehingga sangat direkomendasikan.

Jamur

Makanan bagi penderita kadar kolesterol tinggi adalah jamur. Hal ini karena jamur merupakan salah satu pilihan yang bebas dari kolesterol. Namun, ketika kita mengonsumsinya, pastikan bahwa jamur tersebut tidak dicampurkan dengan bahan yang mengandung lemak agar tetap aman dalam penyajiannya.

Ikan dan Asam Lemak Omega 3

Ikan adalah salah satu hewan yang mengandung minyak dan kandungan asam lemak Omega 3 di dalamnya dinilai efektif ketika mengurangi kadar trigliserida. Hal ini juga dapat mengurangi risiko terhadap tekanan darah dan juga penggumpalan darah. Dua porsi ikan sangat direkomendasikan setiap minggunya. Bakarlah atau panggang ikan untuk mendapatkan manfaat terbaik sebagai makanan penurun kolesterol yang satu ini.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun juga ternyata masuk ke dalam salah satu makanan sehat yang mampu membantu kita dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Kandungan lemak jenuhnya lebih rendah daripada mentega. Sehingga hal ini menjadikannya sebagai alternatif dari makanan untuk menurunkan kolesterol. 

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol yang Tepat

Makanan sehat yang telah disebutkan di atas akan lebih optimal ketika kita melakukan cara untuk menurunkan kadar kolesterol yang lainnya. Di antara cara-caranya adalah di bawah ini:

Mengatur Pola Makan

Selain mengonsumsi makanan sehat, Anda juga dianjurkan untuk mengatur pola makan. Hal ini bertujuan untuk mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi. Kemudian, Anda juga dianjurkan untuk tetap berhati-hati ketika mengonsumsi makanan. Cobalah untuk mencermati kandungan gizi di dalam makanan yang akan dikonsumsi. Oleh karena itu, cobalah untuk mengoptimalkan cara yang satu ini.

Melakukan Olahraga yang Teratur

Olahraga yang teratur juga merupakan alternatif dari makanan sehat yang bisa dikonsumsi ketika kadar kolesterol meningkat. Olahraga juga mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dan juga meningkatkan HDL atau yang biasa disebut dengan kolesterol baik.

Tidak hanya itu, dengan berolahraga juga membuat Anda terjaga dari serangan jantung dan juga pembuluh darah. Lakukanlah latihan aerobik selama kurang lebih 30 menit di lima hari dalam satu minggu. Jika hal ini rutin dilakukan, maka manfaatnya akan segera terasa.

Beberapa makanan tersebut di atas sangatlah mudah untuk ditemukan, diolah, dan juga dikonsumsi oleh seorang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. 

Untuk membuatnya kembali normal, kita perlu mengonsumsi makanan sehat dan melakukan pola hidup dan juga olahraga yang teratur. Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, kita juga akan mendapatkan manfaat dan juga terhindar dari jenis penyakit yang lainnya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

3 Cara Makan Tauge Untuk Kesuburan

Banyak Kandungan Gizinya! Yuk Simak 3 Cara Makan Tauge Untuk Kesuburan

Sayuran yang lebih banyak dikenal sebagai kecambah ini memiliki manfaat yang sangat kaya apabila dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *