11 Makanan Rendah Kalori Yang Cocok untuk Diet Sehat

By

Sumbersehat.com – Makanan rendah kalori dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Bagi yang sedang menjalankan program diet, tentunya penting untuk menghitung kalori makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun tentunya sulit untuk selalu menghitung setiap kalori dari makanan yang dikonsumsi mengingat masing-masing makanan memiliki kalori berbeda.

Mengkonsumsi makanan yang rendah kalori ini dapat menjaga agar tubuh tetap mendapatkan kalori yang menjadi “bahan bakar” tubuh. Sehingga tubuh tetap dapat bekerja dengan baik meskipun sedang diet. Namun meskipun begitu,  kalori yang masuk tidak berlebihan dan  melebihi batas normal yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. makanan rendah kalori

Inilah Makanan Rendah Kalori Untuk Diet Sehat dan Aman

Lalu apa saja makanan dengan kandungan rendah kalori yang sangat direkomendasikan bagi yang sedang menjalankan diet? Berikut ini list makanan rendah kalori yang cocok untuk menu diet sehat anda:

Kentang

Sumber karbohidrat yang cukup tinggi ini menjadi salah satu yang direkomendasikan sebagai menu diet rendah kalori. Terkadang banyak orang yang sedang menjalankan diet menghindari kentang karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi. Padahal di dalam kentang terdapat kandungan pati resisten, dimana kalorinya 50% lebih rendah dibandingkan dengan jenis pati yang lain.

Inilah yang membuat kentang bisa memberikan efek kenyang yang lebih lama. Sehingga kentang bisa dijadikan pengganti nasi yang juga mengenyangkan untuk program diet rendah kalori anda. Namun pastikan untuk mengolah kentang dengan cara direbus atau di panggang. Jangan menggoreng kentang yang malah membuatnya terkontaminasi dengan minyak.

Telur

Sama seperti kentang, telur juga seringkali dihindari karena dapat menggemukkan. Padahal telur adalah makanan sehat yang mengandung nutrisi-nutrisi penting di dalamnya.Telur merupakan sumber protein yang lengkap dengan kandungan 9 asam amino esensial.

Terutama untuk bagian kuning telur, dimana sebagian besar nutrisi telur terdapat pada bagian tersebut. Banyak penelitian yang sudah membuktikan jika mengkonsumsi telur di waktu sarapan dapat membuat cepat kenyang. Sehingga konsumsi kalori harian bisa lebih menurun.

Ditambah lagi dengan beberapa penelitian lainnya yang menyebutkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi telur bisa menurunkan IMT (Indeks Massa Tubuh). Jadi tak ada salahnya memasukkan menu sebagai makanan rendah kalori untuk diet. Namun tetap perhatikan pengolahan agar kalorinya tidak semakin meningkat.

Oatmeal

Makanan rendah kalori yang satu ini sangat cocok dikonsumsi di pagi hari. Bahkan oatmeal merupakan peringkat ketiga dalam satiety index atau indeks kekenyangan makan. Hal ini karena oatmeal mengandung serat tinggi serta kemampuannya dalam menyerap air.

Oatmeal merupakan sumber beta-glucan atau serat larut yang baik. Sehingga mengkonsumsi oatmeal dapat membantu memperlambat proses pencernaan sekaligus penyerapan zat karbohidrat dalam tubuh. Meskipun termasuk makanan siap saji, namun oatmeal mampu menekan nafsu makan dan mempertahankan kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, makanan ini juga mampu mengurangi asupan kalori harian. Jadikan saja oatmeal sebagai menu sarapan anda sehari hari. Ini akan sangat membantu mengurangi asupan kalori harian dan membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Buah-Buahan Berry

Buah-buahan juga sangat direkomendasikan sebagai makanan terbaik untuk program diet anda. Beberapa jenis buah, seperti berry-berry an misalnya merupakan makanan rendah kalori penurun berat badan. Dalam 1 cangkir blueberry, hanya terdapat 84 kalori di dalamnya.

Jadi jika anda menjadikannya sebagai camilan, anda tak perlu khawatir dengan berat badan anda. Selain rendah kalori, berry juga mengandung berbagai nutrisi penting. Seperti mineral, vitamin dan antioksidan yang baik bagi kesehatan. Kandungan serat di dalamnya pun juga tinggi. Sehingga membantu dalam program penurunan berat badan anda serta mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Semangka

Selain berry, semangka juga menjadi buah rendah kalori yang baik dikonsumsi saat sedang diet. Kandungan air di dalam semangka cukup tinggi yang membuat tubuh cukup terhidrasi dan cepat merasa kenyang.

Bukan hanya itu, kandungan vitamin A dan C di dalamnya juga sangat baik untuk kesehatan. Sekitar 125 gr semangka, hanya terdapat kalori sebanyak 46 kal saja. Makan padat dengan kalori rendah seperti ini sangat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan juga aman tentunya.

Jeruk Bali

Buah rendah kalori lainnya yang disarankan bagi yang sedang menjalankan diet adalah jeruk bali. Rasa buah yang segar dan asam manis, tak heran membuatnya banyak digemari. Jeruk bali juga mengandung nutrisi yang cukup kaya dan juga rendah kalori. Dalam 123 gr jeruk bali hanya terdapat 52 kalori saja.

Lean Meat

Lean meat menjadi sumber protein yang baik bagi yang sedang menjalankan diet karena kandungan kalorinya yang lebih rendah. Kandungan lemak di dalamnya sangat sedikit, jadi tidak akan membuat anda mudah gemuk.

Pada daging ayam dan kalkun, lean meat memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik bagi tubuh. Seperti vitamin B3, B6, kolin dan selenium yang tinggi. Lalu dimanakah Makanan rendah kalori ini bisa didapatkan?

  • Dada ayam tanpa kulit
  • Dada kalkun tanpa kulit
  • Steak ikan atau mahi-mahi
  • Steak sapi bulat atau eye round yang sudah dihilangkan bagian lemaknya
  • Kerang

Popcorn

Bisa dikatakan camilan menjadi salah satu larangan yang harus dihindari bagi yang sedang menjalankan diet. Bahkan banyak orang yang gagal menjalankan diet akibat tidak bisa menahan diri mengkonsumsi camilan. Namun ada camilan rendah kalori yang bisa anda konsumsi meskipun sedang diet.

Popcorn merupakan salah satu makanan rendah kalori, dimana dalam 1 cangkir popcorn hanya mengandung sekitar 31 kalori. Bahkan terdapat kandungan serat di dalamnya yang bisa membantu memenuhi hingga 5 % kebutuhan serat harian.

Popcorn membantu mengurangi nafsu makan secara efektif dibandingkan dengan cemilan lainnya. Meskipun begitu, hindari memilih popcorn yang sudah ditambahkan perasa buatan, garam atau gula berlebih yang bisa meningkatkan jumlah kalori.

Sayuran

Rasanya sayuran sudah menjadi rekomendasi yang wajib dimasukkan ke dalam menu diet yang anda jalani. Sayuran sangat baik bagi kesehatan tubuh karena nutrisi dan vitaminnya yang cukup tinggi. Ditambah lagi, sayuran adalah salah satu jenis makanan rendah kalori yang tidak akan membuat anda cepat gemuk.

Namun tetap saja perhatikan cara mengolah sayur. Ingin mengkonsumsi sayur dengan cara yang mudah? anda bisa mengolahnya menjadi salad. Salad sayur merupakan makanan rendah kalori dari berbagai jenis sayuran segar.

Bahkan banyak peneliti yang merekomendasikan untuk mengkonsumsi salad sayur saat pagi hari bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Akan tetapi perlu diingat, jangan menambahkan bahan atau bumbu yang bisa membuatnya memiliki kalori tinggi.

Seperti penggunaan mayonaise pada salad misalnya, akan lebih baik menggantinya dengan minyak zaitun. Sehingga lebih sehat dan juga tidak menambahkan kalori di dalamnya.

Beberapa makanan rendah kalori diatas bisa anda masukkan sebagai menu makan pagi, siang, bahkan malam hari untuk program diet anda. Ini akan sangat membantu program penurunan berat badan anda bisa berjalan dengan sukses seperti yang diinginkan.

Tinggalkan komentar