12 Makanan Penurun Gula Darah Cepat Paling Ampuh dan Terbukti

Gula darah sering kali menjadi salah satu jenis penyakit yang membuat banyak orang mengalami masalah serius bagi kesehatan mereka. Menurunkan kadar gula dalam darah sebenarnya tidaklah sulit. Ada banyak kok jenis makanan penurun gula darah cepat yang bisa kita konsumsi secara rutin untuk menurunkannya.

Sudah tahu apa saja jenis makanan yang bisa digunakan untuk atasi masalah gula darah? Artikel ini akan memberikan beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh kamu yang memiliki masalah gula darah.

1. Bekatul

Bekatul adalah salah satu jenis makanan penurun gula darah cepat  yang paling bagus dan paling rekomended untuk dikonsumsi. Bukan tanpa alasan, makanan ini memiliki serat larut yang sangat tinggi, serat ini dapat mengontrol kadar gula darah dengan sangat baik sekali.

Bahkan hal ini sudah di uji dengan baik oleh beberapa lembaga dan ahli kesehatan bersangkutan. Mereka berhasil menemukan fakta menarik bahwa bekatul memang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat.

2. Buah Alpukat

Bukan hanya rasanya saja yang enak dan nikmat, alpukat juga ternyata memiliki beragam jenis manfaat lain yang bisa didapatkan dengan mudah. Buah alpukat memiliki beragam jenis serat, lemak sehat, vitamin dan juga mineral.

Semua jenis zat ini ternyata sangat bagus dan bermanfaat sekali untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh. Konsumsi alpukat secara rutin dalam jumlah yang cukup, maka bisa menurunkan risiko diabetes dan kadar gula dalam tubuh.

3. Buah Beri

Buah beri selain memiliki rasanya yang enak dan nikmat, juga mampu mengurangi masalah gula darah dan risiko diabetes. Menurut beberapa hasil riset dan penelitian, buah beri memiliki kandungan vitamin, serat dan mineral yang sangat bagus untuk membantu menurunkan gula darah.

Buah beri sangat mudah sekali ditemukan di pasaran, rasanya yang enak bisa menjadi salah satu pilihan tepat anda gunakan untuk mendapatkan manfaat dari buah beri.

4. Sayur Kale

Kale adalah salah satu jenis sayur yang sudah sejak lama untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Kale memiliki kandungan beragam jenis serat dan anti oksidan flavonoid yang cukup tinggi. Sehingga dapat dengan  baik menurunkan masalah da risiko diabetes yang berbahaya.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan di Jepang. Dimana 47 orang sebagai objek penelitian tersebut, diminta untuk mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang tinggi. Setelah selesai, orang-orang tersebut diminta untuk mengkonsumsi kale, dan terbukti kale mampu menurunkan kadar gula dalam karbohidrat tersebut.

5. Biji Chia

Biji chia adalah salah satu jenis makanan penurun gula darah cepat yang sudah terbukti sejak lama. Bahkan beberapa orang sudah membuktikan hal tersebut dengan baik. Chia mampu menekan gula darah dalam tubuh dengan sangat baik.

Menurut hasil penelitian yang di cutat dari halaman Kompas (05  September 2020), biji chia memiliki senyawa yang dapat memicu insulin sehingga kadar gula dalam darah akan diatasi dengan baik. Insulin dapat membakar gula darah menjadi energi dalam tubuh dengan baik.

6. Kimchi

Kimchi merupakan jenis makanan fermentasi yang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Bukan hanya sekedar makanan fermentasi saja, kimchi dapat merangsang sensitivitas insulin dalam tubuh sehingga kadar gula dalam tubuh dapat ditekan dengan baik.

Menurunnya kadar gula darah dalam tubuh dapat menurunkan risiko diabetes yang dapat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan.

7. Kacang Lentil

Kacang lentil merupakan salah satu jenis biji-bijian yang memiliki beragam jenis nutrisi bermanfaat seperti magnesium, serat dan protein. Beragam jenis kandungan nutrisi ini dapat menurunkan kadar gula dalam darah dengan baik. 

Hebatnya lagi, kacang lentil ini tidak hanya bisa mengurangi kadar gula dalam darah saja, melainkan juga bisa mengatasi masalah diabetes dengan sangat baik sekali. Untuk anda yang mengalami masalah diabetes tipe 1 ataupun 2 disarankan untuk konsumsi kacang lentil. Kacang lentil adalah makanan penurun gula darah cepat yang mudah anda dapatkan.

8. Biji Rami

Biji rami adalah salah salah satu jenis makanan yang mungkin masih jarang sekali orang mengetahuinya. Biji yang memiliki warna dasar cokelat ini ternyata memiliki khasiat yang cukup tinggi, terutama mereka yang memiliki masalah dengan gula darah.

Menurut hasil penelitian, nutrisi dalam biji rami ini dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan sangat baik. Dari data yang di kumpulkan dari 25 penelitian, membuktikan bahwa biji rami dapat menekan kadar gula darah dengan sangat baik.

9. Okra

Jenis sayuran buah ini adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan serat dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama anda yang memiliki masalah kesehatan yang sangkutan dengan gula dalam darah. Poli sakarida dan anti oksidan flavonoid terbutkti dapat mengatasi menurunkan gula darah.

Dari hasil riset yang dilakukan, dalam biji okra ternyata terdapat antidiabetik yang memang terbukti secara klinis dapat mengatasi masalah diabetes dengan baik. Gula dalam darah dapat diatasi dengan baik olah berbagai jenis nutrisi dalam tubuh.

10. Kacang Almond

Siapa sangka bahwa teernyata kacang almond juga termasuk salah satu jenis makanan penurun gula darah cepat lho. Bahkan bukan hanya mengatasi masalah diabetes tipe 1 saja, kacang almond juga bisa membantu mencegah masalah diabetes tipe 2.

Konsumsi kacang almond setiap hari dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh dan menurunkan risiko dibatese serta membantu mempercepat penyembuhannya. Konsumsi kacang almond secara berkala maka dapat meningkatkan masalah kesehatan dan penyembuhan diabates dengan baik.

11. Labu

Labu adalah salah satu jenis buah yang dapat dijadikan sebagai sayuran. Rasanya yang enak menjadikan labu sebagai salah satu satu jenis makanan penurun gula darah cepat yang paling enak dikonsumsi.

Di dalam labu ternyata terdapat kandungan serat dan antioksidan tinggi yang sangat bagus sekali digunakan untuk terapi penyembuhan masalah diabetes dan menurunkan kadar gula dalam darah. Di beberapa negara seperti Meksiko dan Iran, labu sudah sejak lama digunakan untuk membantu penyembuhan masalah diabetes.

12. Ikan Laut

Ikan laut ternyata bukan hanya memiliki rasa yang enak dan nikmat saja, melainkan juga kaya akan manfaat. Dalam ikan laut terdapat beragam jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa jenis nutrisi dalam ikan laun seperti protein, lemak sehat, vitamin, mineral hingga antioksidan.

Protein dalam ikan laun ini ternyata memiliki peran penting dalam mengatasi masalah diabetes. Protein dalam ikan laut dapat menekan dan mengurangi kadar gula darah dengan cepat. Konsumsi ikan laut secara berkala, maka risiko diabetes akan teratasi dengan sangat baik.

Nah itulah 15 jenis makanan penurun gula darah cepat yang memiliki rasa yang enak dan mudah sekali didapatkan di lingkungan sekitar anda. Silahkan anda pilih dan konsumsi salah satunya. Makanan ini tidak akan jadi penyembuh utama, ini hanya bagus digunakan sebagai pendukung pengobatan diabetes saja.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

5 Manfaat Garam Untuk Kulit Gatal yang Jarang Orang Tahu

5 Manfaat Garam Untuk Kulit Gatal yang Jarang Orang Tahu

Bukan hanya digunakan sebagai penyedap rasa bumbu dapur saja, ternyata garam dapat digunakan sebagai obat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *