11 Makanan Pembersih Hati untuk Menjaga Kesehatan Organ Hati

By

Sumbersehat.com – Makanan pembersih hati memang harus diketahui agar kita bisa menjaga kesehatan hati. Hati adalah organ yang menyaring, memproses dan memecah apa yang melewati tubuh Anda. Organ ini bertanggung jawab untuk menyaring darah Anda dan membantunya untuk menggumpal, memecah bahan kimia, alkohol dan obat-obatan.

Ketika hati dipenuhi dengan racun dan polutan, siklus kerjanya secara alami melambat. Selain alkohol, obat-obatan, dan bahan kimia lainnya, kita cenderung membanjiri hati kita dengan makanan olahan dan gorengan. Berikut ini beberapa makanan pembersih hati yang perlu anda ketahui!

Inilah Makanan Pembersih Hati

Berikut adalah 11 makanan pembersih organ hati yang bisa Anda tambahkan ke dalam diet Anda, diantaranya:

Bawang putih

Makanan pembersih hati dan ginjal yang pertama adalah bawang putih. Bawang putih mengandung selenium, mineral yang membantu mendetoksifikasi hati. Ini juga memiliki kemampuan untuk mengaktifkan enzim hati yang dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan racun secara alami.

Baca juga : Mengenal Ciri-Ciri Vertigo, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Buah Jeruk

Buah-buahan seperti jeruk bali, jeruk, jeruk nipis dan lemon semuanya merupakan makanan pembersih organ hati. Meskipun dikonsumsi dalam jumlah kecil, buah jeruk membantu hati untuk menghasilkan enzim detoksifikasi yang menghilangkan polutan.

Sayuran

Berikutnya yang termasuk makanan pembersih hati adalah sayuran silang. Sayuran silangan seperti brokoli dan kembang kol mengandung glukosinolat, yang membantu hati menghasilkan enzim detoksifikasi. Makanan ini juga mengandung senyawa sulfur yang membantu kesehatan hati.

Tak hanya itu, sayuran juga berdaun tinggi mengandung klorofil, yang melepaskan racun dari aliran darah. Dimana, dapat menetralkan logam berat untuk melindungi hati. Konsumsi sayuran setiap hari, tidak hanya bisa membuat organ hati anda sehat, melainkan juga organ-organ lain juga.

Kunyit

Ramuan kunyit bekerja sangat baik untuk hati. Kandungan kunyit mampu membantu enzim yang mengeluarkan racun dan mengandung antioksidan yang memperbaiki sel-sel hati. Ini juga membantu hati dalam detoksifikasi logam, sambil meningkatkan produksi empedu. Sehingga, tepat masuk ke dalam makanan pembersih organ hati.

Kacang kenari

Selanjutnya, yang termasuk makanan pembersih organ hati adalah kacang kenari. Kacang kenari kaya akan asam amino arginin dan membantu hati dalam detoksifikasi amonia. Mereka kaya akan glutathione dan asam lemak omega-3, yang semuanya memberikan dukungan untuk pembersihan hati secara alami.

Buah Bit

Bit membantu meningkatkan oksigen dengan membersihkan darah, dan dapat memecah limbah beracun untuk membantu mereka dikeluarkan lebih cepat. Buah ini merangsang aliran empedu dan meningkatkan aktivitas enzimatik.

Bit juga mengandung serat dan Vitamin C, yang keduanya merupakan pembersih alami untuk sistem pencernaan dan organ hati. Anda bisa menambahkannya ke dalam daftar makanan pembersih hati dan ginjal untuk konsumsi setiap hari. Tapi, pastikan jumlahnya tidak berlebihan.

Wortel

Wortel juga merupakan salah satu makanan pembersih organ hati. Makanan ini sangat tinggi dalam tanaman-flavonoid dan beta-karoten, yang merangsang dan mendukung fungsi hati secara keseluruhan. Tak hanya itu, wortel juga mengandung Vitamin A, yang mencegah penyakit hati.

Teh Hijau

Jika Anda menginginkan minuman, maka cobalah teh hijau. Minuman ini mengandung katekin, antioksidan nabati yang dikenal dapat meningkatkan fungsi hati. Berhati-hatilah untuk tetap berpegang pada teh hijau dan bukan ekstrak teh hijau, yang berpotensi berdampak negatif bagi kesehatan hati.

Apel

Buah apel juga termasuk makanan pembersih hati dan ginjal. Apel sendiri mengandung pektin tingkat tinggi, bahan kimia yang membantu tubuh membersihkan dan melepaskan racun dari saluran pencernaan.

Baca juga : Kenali 6 Penyakit pada Hati yang Patut Diwaspadai

Jika saluran pencernaan memiliki sedikit toksin, hati dapat mengelola muatan toksinnya dengan lebih baik, sehingga dapat membersihkan tubuh secara optimal. Maka, baik sekali untuk mengonsumsi buah apel setiap hari.

Alpukat

Alpukat pada dasarnya adalah makanan super. Selain membersihkan arteri Anda, mereka membantu tubuh secara alami menghasilkan glutathione, senyawa yang membantu hati membersihkan diri dari racun.

Minyak Zaitun

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal pada minyak zaitun bermanfaat dalam mencegah pembentukan trigliserid pada hati. Sehingga, jika anda mengonsumsi minyak zaitun, bisa menghindari penimbunan lemak di organ hati.

Untuk mendukung kinerja minyak zaitun, anda juga harus mengurangi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi serta makanan berlemak tinggi. Untuk mendapatkan minyak zaitun, anda bisa membeli secara online atau di toko terdekat.

Tingkatkan kesehatan pencernaan Anda secara keseluruhan dengan tetap melakukan diset sehat. Kesehatan pencernaan adalah bagian dari kesehatan organ hati. Dengan mengonsumsi makanan-makanan pembersih hati, anda bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Tinggalkan komentar