11 Makanan Pembangkit Selera untuk Orang Sakit yang Jarang Orang Tahu

Orang yang mengalami sakit biasanya akan sangat sulit sekali makan. Mereka bahkan akan cenderung pilih-pilih jenis makanan hingga tidak bisa makan sekali. Biasanya kadang orang yang sakit akan kehilangan nafsu makan mereka. Jika dibiarkan maka sakitnya akan semakin parah. Lantas adalah jenis makanan pembangkit selera untuk orang sakit?

1. Sup Ayam

Jenis makanan ini sudah menjadi santapan umum bagi setiap pasien di setiap rumah sakit. Di samping lezat, sup ayam juga menyehatkan. Hal ini dikarenakan, kandungan protein, kalori, mineral, dan vitamin di dalamnya cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa penyembuhan.

Di samping itu, sup ayam juga dapat menjadi sumber cairan dan elektrolit yang cukup baik bagi penderita demam ataupun diare. Dalam satu mangkuk sup ayam yang masih hangat, dapat menggantikan cairan yang hilang, melegakan hidung tersumbat serta mengencerkan dahak.

Dengan menjadikan sup ayam sebagai makanan spesial bagi orang sakit adalah langkah paling baik untuk membantu mengembalikan nafsu makannya. Bahkan para ahli mengungkapkan, dalam sup ayam juga mengandung asam amino sistein yang sangat dibutuhkan orang sakit.

2. Ikan

Selain sup ayam sebagai makanan yang dapat memicu selera makan bagi orang sakit, ikan juga termasuk ke dalam salah satunya. Ikan mengandung protein, mineral, dan vitamin. Selain itu, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi, khususnya pada ikan salmon, tuna, dan kembung.

Kandungan-kandungan gizi baik pada ikan jenis tersebut pada dasarnya memiliki sifat anti-inflamasi yang cukup kuat. Jadi, bagi orang yang sakit dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan setiap hari untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan mengoptimalkan proses pemulihan.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga merupakan salah satu jenis makanan yang tidak boleh luput dari penyajian bagi orang sakit. Bayam, selada, dan brokoli dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan, apalagi jika diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat dan higienis.

Di samping lezat, sayuran hijau juga mengandung beberapa vitamin, serat, fosfor, dan mineral yang sangat bagus bagi tubuh. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis masakan tertentu yang kira-kira bisa menggugah selera makan bagi orang yang sedang sakit.

4. Buah Alpukat

Buah yang satu ini dari dulu memang sudah sangat terkenal akan kandungan gizi baik yang beragam. Selain rasanya yang lezat, buah alpukat juga dipercaya sebagai makanan untuk membangkitkan nafsu makan, bahkan bagi orang yang sedang sakit sekalipun.

Kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat sangat baik untuk membantu mengurangi peradangan. Senyawa ini juga berperan serta dalam merangsang sistem kekebalan dan membentuk sifat antibodi yang menjadi perisai bagi tubuh, agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

 

5. Buah Pisang

Hampir di dalam setiap kamar rumah sakit, buah ini akan selalu hadir. Bahkan dalam menu makanan harian rumah sakit, buah ini juga selalu turut menyertai. Sebab para dokter paham, pisang adalah makanan yang bisa merangsang nafsu makan.

Tak hanya rasanya yang lezat dan gampang untuk dikunyah, buah pisang juga mengandung kalori, dan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh, apalagi bagi orang sakit. Jadi bagi Anda yang sedang mengalami diare, mengkonsumsi pisang dapat membantu melancarkan pencernaan.

6. Oatmeal

Sama seperti pisang, oetmeal juga menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh orang sakit karena mampu merangsang nafsu makan yang berkurang. Rasanya yang lezat dan lembut membuat oatmeal gampang sekali untuk di telan tanpa harus mengunyah terlebih dulu.

Dalam satu mangkuk oetmeal mengandung kalori, vitamin, mineral, dan protein yang baik bagi tubuh. Di samping itu, dapat pula menstimulasi sistem imun dan juga mengontrol kadar gula darah. Jadi, bagi para penderita diabetes, makanan ini cukup aman apabila dikonsumsi.

7. Buah Plum

Makanan pembangkit selera untuk orang sakit berikutnya adalah, buah plum. Di Indonesia sendiri buah ini belum cukup terkenal, dikarenakan buah ini adalah jenis buah impor yang banyak dihasilkan oleh negara-negara di eropa.

Namun, di balik rasanya yang khas, buah plum menyimpan berbagai macam kandungan baik seperti, kalium, magnesium, serat, dan vitamin-vitamin lainnya yang sangat baik bagi tubuh. DisampingĀ  itu, buah ini juga kaya akan anti-oksidan yang mampu menjaga sistem imun.

8. Makanan Pedas

Untuk makanan jenis rasa makanan satu ini, cenderung dianggap tidak baik oleh beberapa kalangan, terutama bagi penderita penyakit perut seperti maag, diare, mules dan penyakit lambung. Akan tetapi, jenis rasa makanan ini menyimpan manfaat.

Tahukah Anda, apa manfaatnya ? jika pedas yang tersebut berasal dari cabai, maka rasa pedas tersebut mengandung capcasini yang dapat membantu mengencerkan dahak, merangsang nafsu makan dan melegakan pernafasan. Kandungan vitamin C yang terdapat pada cabai ini pun baik sebagai proses penyembuhan.

9. Air Lemon

Lemon adalah salah satu jenisĀ  buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Buah ini terkenal memiliki manfaat tinggi terutama bagi mereka yang mengalami sakit. Bukan hanya sebagai antioksidan alami, jeruk lemon juga memiliki beragam jenis kandungan zat bermanfaat lain.

Vitamin C dalam jeruk lemon ini akan membantu melancarkan pencernaan dan juga mensterilkan mulut serta membangkitkan nafsu makan dengan baik. Cara konsumsi jeruk lemon untuk bangkitkan nafsu makan adalah dengan minum segelas air lemon secara rutin.

10. Jus Wortel

Siapa yang tidak kenal dengan sayuran yang satu ini, wortel ternyata juga bisa menjadi salah satu jenis makanan pembangkit selera untuk orang sakit yang cukup ampuh lho. wortel memiliki kandungan vitamin A dan vitaminĀ  serta serat dan mineral yang cukup

Konsumsi jus wortel secara berkala maka bisa membangkitkan nafsu makanan orang yang sakit dengan mudah tanpa harus menggunakan obat. Disamping itu, jus wortel juga bisa membantu melancarkan pencernaan dengan baik dan lebih cepat.

11. Kayu Manis

Jenis kulit kayu yang biasa kita jadikan bumbu masakan ini ternyata bisa menjadi salah satu makanan pembangkit selera untuk orang sakit. Dalam kayu manis terkandung hydroxychalcone yang terbukti secara klinis dapat meningkatkan nafsu makan seseorang walau dalam kondisi sakit sekalipun. Kandungan hydroxychalcone dapat bekerja secara efektif untuk merangsang nafsu makan dengan cepat.

Untuk mendapatkan kebaikan kayu manis agar nafsu makan kembali normal adalah dengan menjadikannya sebagai teh ataupun menjadikannya sebagai salah satu jenis bumbu dapur yang akan kita konsumsi secara rutin. Apabila konsisten konsumsi kayu manis dalam jumlah dan waktu yang seimbang, maka nafsu makan akan kembali pulih.

Nah itulah 11 jenis makanan pembangkit selera untuk orang sakit yang paling mudah ditemukan namun sangat ampuh untuk bangkitkan nafsu makan. Masih ada banyak jenis makanan yang bisa bangkitkan nafsu makan, namun 11 jenis makanan ini sudah lebih dari cukup untuk anda coba. Dijamin anda pasti akan sembuh dengan cepat.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

olahraga sehat pagi hari

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Dapat Mencegah Penyakit Jantung

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Dapat Mencegah Penyakit Jantung – Penyakit mematikan seperti jantung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *