9 Rekomendasi Makanan Mengandung Protein untuk Diet

By

Sumbersehat.com – Jika berbicara mengenai program diet, Anda bisa mengontrol konsumsi protein untuk diet. Tiap kandungan makanan sangat berpengaruh pada peningkatan berat badan. Anda harus bisa mengontrol jumlah karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak yang masuk dalam tubuh.

Protein adalah kandungan yang berfungsi sebagai pengatur dan pembangun tubuh. Kandungan protein bisa ditemukan pada beberapa bahan makanan. Tingkat protein yang sesuai akan membawa dampak yang sehat untuk tubuh. Lalu, Protein di dalam bahan makanan yang mana yang bagus untuk diet? Perhatikanlah penjelasan di bawah ini!

protein untuk dietInilah Rekomendasi Makanan Mengandung Protein Tinggi untuk diet

Adapun pilihan makanan berprotein tinggi yang bagus untuk diet adalah:

Tempe Tahu

Tempe dan tahu merupakan makanan yang terbuat dari kedelai. Di dalam kedelai terdapat kandungan protein. Ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai protein untuk diet. Dengan mengkonsumsi tempe dan tahu Anda bisa merasa kenyang dengan waktu yang lama. Protein bisa memberikan tenaga dan rasa kenyang layaknya fungsi karbohidrat untuk tubuh.

Telur

Banyak orang yang melakukan program diet dengan mengkonsumsi telur. Semua olahan diet bisa dikombinasikan dengan telur. Menurut penelitian, di dalam telur terdapat kandungan bernama hormon ghrelin. Hormon ini mampu memberikan rasa kenyang untung orang yang mengkonsumsinya. Selain itu, telur juga sangat bagus digunakan untuk mengencangkan otot.

Susu

Protein untuk diet yang paling aman itu terkandung pada susu. Di dalam susu terdapat kandungan protein dan kalsium yang bagus untuk tulang. Protein yang ada di dalam susu juga bisa membuat Anda kenyang dan sehat. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan berat badan yang ideal. Ketika minum susu, Anda harus bisa mengontrol kadar berat di dalamnya.

Dada Ayam

Selanjutnya, Anda bisa mengkonsumsi dada ayam untuk program diet. Berdasarkan menu diet yang sudah diteliti, banyak olahan masakan yang bisa dibuat menggunakan ayam. Anda bisa memasaknya dengan cara direbus dan dikukus. Ini bertujuan sebagai memperkecil atau meminimalisir kandungan lemak di dalamnya.

Ikan

Tahukah anda jika ikan sangat bagus digunakan untuk program diet? Protein untuk diet yang ada pada ikan sangat tinggi. Terdapat omega 3 yang baik untuk kesehatan. Ikan yang bisa digunakan untuk diet antara lain tuna, salmon, udang, dan lain-lain. Ikan juga memiliki kandungan rendah kalori sehingga tidak akan memiliki efek negatif apapun untuk tubuh.

Kacang-kacangan

Selanjutnya, Anda bisa mengkonsumsi makanan kacang-kacangan. Adapun rekomendasi kacang-kacangan antara lain kedelai, kacang tanah, kacang merah, dan almond. Kacang-kacangan ini memiliki kandungan protein untuk diet yang fungsinya hampir sama dengan karbohidrat. Anda bisa mengolah jenis kacang-kacangan untuk semua olahan makanan.

Cottage Cheese

Keju jenis ini termasuk unik dan berbeda dengan yang lain. Cottage cheese merupakan keju yang di dalamnya rendah akan lemak dan kalori. Ketika mengkonsumsinya, Anda tidak perlu khawatir gemuk atau berat badan meningkat. Anda tetap bisa bertenaga dan melakukan aktivitas seperti biasa. Ini dikarenakan pada setiap keju jenis ini mengandung 27 gram protein.

Brokoli

Protein untuk diet yang selanjutnya terkandung pada brokoli. Di dalam sayuran hijau memang sangat bagus digunakan untuk program diet. Anda bisa menjadikan brokoli sebagai olahan makanan atau minuman. Jika Anda menjadikan brokoli sebagai minuman jus maka itu adalah sebuah ide bagus. Di dalam 1 gelas jus brokoli terdapat 3 gram protein.

Kentang

Salah satu jenis umbi yang kaya akan protein adalah kentang. Kentang bisa memberikan rasa kenyang kepada Anda seperti mengkonsumsi nasi. Perbedaannya hanya pada umbi ini tidak memberikan peningkatan berat badan secara cepat. Anda bisa menjadikan kentang sebagai olahan bahan dasar untuk makanan program diet.

Itulah penjelasan lengkap mengenai bahan makanan yang kaya akan protein untuk diet. Beberapa makanan protein untuk tubuh sangat bagus untuk dikonsumsi secara rutin. Untuk cara pengolahannya, Anda bisa mengikuti bagaimana cara memasak yang ideal. Cara memasak juga harus sangat diperhatikan karena jika tidak kandungan di dalam makanan akan hilang.

Sebagai rekomendasi, dalam setiap melakukan program apapun Anda harus berkonsultasi. Ini bisa dilakukan dengan mendatangi dokter atau ahli gizi. Diskusikan program diet dan kondisi tubuh Anda. Karena pada dasarnya, menu yang digunakan untuk setiap orang bisa saja berbeda-beda.

Tinggalkan komentar