6 Makanan Habis Operasi Usus Buntu yang Harus Dihindari dan Tidak

Ada beberapa jenis makanan habis operasi usus buntu yang patut dihindari dan di makan oleh mereka. Tujuan dari menghindari makanan ini sudah tidak lain agar mempercepat proses penyembuhan pasca operasi dan juga supaya tidak menimbulkan masalah lain lagi.

Penyakit usus buntu itu sendiri merupakan suatu peradangan yang terjadi pada usus buntu seseorang atau yang lebih dikenal dengan istilah apendiks.  Ketika seseorang menderita gangguan ini, akan merasakan rasa sakit yang hebat pada perut bagian kanan bawah. Jalan yang biasa ditempuh oleh kebanyakan orang untuk mengatasi masalah ini adalah operasi.

Penyebab penyakit usus buntu

Sebelum kita mengetahui pantangan dan jenis makanan habis operasi usus buntu yang boleh di konsumsi, marilah untuk mengulik secara singkat penyebab dari penyakit ini. Sejatinya penyakit usus buntu itu sendiri akibat terjadi infeksi pada bagian rongga usus buntu. Nah ketika sudah terjadi infeksi, maka bakteri-bakteri jahat akan cepat berkembang pada bagian ini. Sehingga mengakibatkan terjadinya peradangan pada bagian usus buntu, bengkak, hingga bernanah.

Radang usus buntu ini dinilai disebabkan oleh bergagai jenis faktor, antara lain:

  • Cedera pada perut penderita
  • Terjadinya hambatan pada pintu rongga usus buntu penderita
  • Terjadinya kondisi medis seperti tumor pada perut atau inflammatory bowel disease pada penderita
  • Terjadinya penebalan serta pembengkakan jaringan pada usus buntu akibat adanya infeksi di saluran pencernaan atau pada bagian tubuh lainnya.
  • Adanya tinja atau pertumbuhan parasite yang menyumbat rongga usus buntu penderita.

Walaupun kamu merasakan beberapa faktor yang telah disebutkan di atas, belum tentu kamu mengalami penyakit usus buntu. Untuk lebih memastikannya, kamu bisa melakukan konsultasi pada pihak medis.

Apabila kamu sudah memeriksakan diri ke dokter dan di vonis mengalami usus buntu, maka jalan yang paling sering ditempuh adalah melakukan operasi.

Jenis Makanan Habis Operasi Usus Buntu Yang Wajib Di Hindari

Ada beberapa jenis makanan yang wajib hukumnya untuk kamu hindari pasca melakukan operasi usus buntu. Adapun jenis makanan tersebut adalah sebagai berikut

1. Makanan yang mengandung lemak tinggi

Jenis makanan habis operasi usus buntu yang perlu kamu hindari pertama adalah makanan yang mengandung lemak tinggi. Salah satu jenis makanan tersebut adalah daging merah. Selain memakan daging merah, makanan seperti gorengan, keju, makanan olahan, daging, susu, cokelat, dan kue manis juga patut dihindari. Kenapa?

Karena makanan yang mengandung lemak tinggi sangat sulit untuk dicerna oleh perut. Sehingga, jika seseorang tetap memaksakan dirinya maka akan menimbulkan rasa mual bahkan bisa mengakibatkan diare.

2. Makanan yang mengandung gas tinggi

Selama 7 sampai 10 hari setelah melakukan operasi, seorang dokter tidak akan menyarankan pasiennya untuk mengkonsusmi makanan yang mengandung gas. Beberapa makanan yang mengandung gas itu sendiri ada kacang dan brokoli. Jika kamu tetap memaksakan untuk memakan jenis makanan ini, maka dapat mengakibatkan kembung pada perut.

3. Menghindari mengkonsumsi makanan padat

Makanan habis operasi usus buntu selanjutnya yang pantang di makan adalah  makanan yang bersifat padat. Beberapa jenis makanan tersebut ada sayur yang padat, daging ayam, daging sapi, daging ikan, nasi putih, kacang-kacangan, serta telur.

Tujuan dari tidak diperbolehkannya memakan makanan ini karena sulit dicerna oleh sistem pencernaan kamu. Oleh karenanya jika ingin kondisimu cepat pulih, hindarilah beberapa jenis makanan padat yang telah disebutkan di atas.

4. Makanan yang tinggi gula

Setelah melakukan operasi usus buntu jangan sekali-kali mencoba memakan-makanan yang mengandung tinggi gula. Salah satunya adalah kue. Selain kue, ada juga beberapa jenis makanan lainnya, diantaranya itu ada jelly, kue-kue kering, dan juga permen. Jika tetap memakan makanan ini pasca operasi usus buntu, maka bisa berakibat diare.

5. Makanan yang pedas

Makanan pedas sangat tidak dibolehkan untuk kamu konsumsi pasca operasi usus buntu. Pasalnya makanan pedas dapat mengakibatkan komplikasi pada saluran pencernaan, ini juga mampu memberikan dampak buruk seperti diare.

Selain dapat menyebabkan diare, ada juga beberapa jenis gangguan lainnya yang timbul jika memaksakan diri dalam mengkonsumsi makanan pedas. Yuk, jika kamu ingin cepat sembuh, coba tahan nafsumu untuk tidak menikmati makanan yang pedas!

6. Minuman atau makanan yang mengandung alkohol

Menghindari minuman dan makanan berlakohol pasca operasi juga wajib kamu lakukan, termasuk juga setelah melakukan operasi usus buntu. Selain tidak baik terhadap kesehatan jika meminum dan memakan yang mengandung alkohol, juga dapat menimbulkan dampak negatif jika minuman atau makanan ini bertemu dengan sisa pembiusan saat operasi.

Namun untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol pasca operasi usus buntu tidak berlaku untuk semua orang. Karena ada beberapa orang yang mungkin diperbolehkan untuk mengkonsumsi minuman serta makanan yang mengandung alkohol pasca operasi.

Jenis Makanan Habis Operasi Usus Buntu yang Boleh Dikonsumsi

Selain 6 jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh mereka setelah melakukan operasi usus buntu, juga ada beberapa jenis makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi pasca usus buntu.Tentu makanan berikut tidak akan menimbulkan kamu merasakan gangguan pencernaan seperti mual ataupun diare.

Beberapa jenis makanan di bawah termasuk makanan yang mengandung kalsium dan protein. Kendati demikian makanan ini memiliki kandungan zat besi dan vitamin yang terbilang rendah. Oleh karena demikian, setidaknya tidak mengkonsumsi makanan berikut secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang.

1. Labu

Makanan habis operasi usus buntu yang pertama yang boleh dikonsumsi itu ada labu. Labu merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya, terutama beta karoten.

Beta karoten itu sendiri memiliki banyak kandungan vitamin A, yang di mana kandungan ini mampu mempercepat proses penyembuhan. Labu yang sudah di masak memiliki tekstur yang lembut dan halus, tidak heran lagi jika labu akan sangat mudah untuk di cerna oleh perut.

Di dalam sayuran hijau dan wotel juga terdapat kandungan beta karoten ini. Oleh karenanya kamu juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi jenis makanan ini. Namun dipastikan ketika memasaknya harus dengan cara yang benar dan dikonsumsi ketika sudah benar-benar matang.

2. Sup kaldu

Sup kaldu juga termasuk makanan habis operasi usus buntu yang boleh kamu konsumsi. Pasalnya sup kaldu memiliki kandungan yang sangat mudah dicerna oleh tubuhmu. Selain dapat mempercepat pemulihan kondisi, sup kaldu juga membantumu dalam mengembalikan kekuatan tubuh yang disebabkan oleh kandungan protein yang dimiliki di dalamnya.

Ketikan mengkonsumsi sup kaldu ini jangan dilakukan secara langsung dalam porsi yang banyak. Melainkan dikonsumsi sedikit demi sedikit untuk menghindari rasa mual pada perut.

3. Yogurt

Yogurt juga menjadi salah satu makanan yang boleh dikonsumsi pasca operasi usus buntu. Selain mudah dicerna oleh tubuh, yogurt juga merupakan makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Ketika memilih yogurt untuk dikonsumsi, pastikan untuk memilih yang memiliki kadar rendah gula.

Itulah 6 jenis makanan habis operasi usus buntu yang pantang untuk dikonsumsi beserta 3 jenis makanan yang boleh untuk dikonsumsi pasca operasi usus buntu. Semoga ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu!

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat sirup parijoto

7 Manfaat Sirup Parijoto bagi Kesehatan, Nomor 3 Penting Sekali

sumbersehat.com - Manfaat sirup parijoto mendadak ramai diperbincangkan saat pandemi berlangsung. Sirup yang berasal dari Kudus ini memiliki beragam kandungan dan berkhasiat bagi tubuh manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *