7 Menu Makanan Diet Untuk Ibu Hamil Setelah Tri Semester Ketiga

sumbersehat – Makanan diet untuk ibu hamil dan menyusui diperlukan dalam kondisi tertentu. Yaitu ketika ibu hamil dan menyusui mengalami kenaikan berat badan melebihi target. Sehingga dikhawatirkan janin terlalu besar dan sulit melewati jalan keluarnya saat melahirkan normal. Atau jika ibu mengalami obesitas. Maka perlu menu diet selama hamil.

Karena kenaikan berat badan merupakan salah satu indikasi janin berkembang dengan baik. Pertumbuhan janin akan diikuti dengan pertambahan volume placenta yang otomatis meningkatkan berat badan. Namun untuk kasus ibu dengan obesitas, perlu pengaturan menu ibu hamil dengan obesitas.

makanan diet untuk ibu hamil

Tujuan Diet Ibu Hamil

Diet untuk ibu hamil bukanlah bertujuan menurunkan berat badan. Karena dalam kondisi hamil, penurunan berat badan sulit dilakukan. Apalagi melakukan program diet baik mengurangi cairan tubuh maupun membakar lemak. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, sedangkan pembakaran lemak saat hamil dapat membahayakan janin.

Maka, pengaturan makanan diet untuk ibu hamil tidaklah bertujuan menurunkan berat badan. Karena setiap ibu hamil perlu menaikkan berat badannya seiring perkembangan janin. Pengaturan menu diet adalah untuk memastikan nutrisi ibu hamil tercukupi dan janin dapat tumbuh sehat. Agar tidak salah, perlu dipahami cara diet yang benar bagi ibu hamil.

Inilah Cara Diet Saat Hamil

Lakukan diet saat hamil jika memang diperlukan. Untuk mencapai berat badan sesuai target dan kondisi fisik. Namun jangan sampai melebihi target. Jika perkembangan janin terlalu pesat saat di dalam perut, saat lahir biasanya dokter menyarankan untuk operasi. Karena panggul ibunya tidak cukup lebar menjadi jalan lahir bayi. Untuk mencegahnya, berikut cara diet saat hamil:

Makan 4 Sehat 5 Sempurna

Gizi ibu hamil harus terpenuhi dan terjaga dengan baik. Makanan diet untuk ibu hamil pada trimester pertama kehamilan tidak terbatas pada varian. Hanya perlu diperhatikan pada jumlah. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan makanan 4 sehat 5 sempurna setiap hari.

Pertumbuhan janin membutuhkan vitamin, mineral, protein, lemak, dan karbohidrat yang cukup. Ibu juga membutuhkan asam folat tinggi agar janin tumbuh sempurna. Kebutuhan nutrisi harian ibu bisa dipenuhi dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Namun jumlahnya tidak perlu berlebihan agar penyerapan gizi maksimal.

Olahraga

Dalam keadaan hamil, ibu tetap perlu melakukan olahraga. Secara fisik, terjadi perubahan tubuh karena adanya janin yang berkembang dalam perut ibu. Selain itu, penambahan berat badan membuat ibu hamil menjadi lebih gemuk.hal ini mengakibatkan jaringan kulit tertarik dan semakin melebar. Perlu diimbangi dengan olahraga ringan agar tubuh ibu tetap nyaman.

Selain perlu untuk menjaga elastisitas kulit, olahraga untuk ibu hamil penting dilakukan agar tubuh ibu merasa rileks dengan perubahan yang terjadi dalam tubuhnya. Olahraga ringan yang bisa dilakukan diantaranya adalah jalan kaki dan renang. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa renang oleh ibu hamil dapat menstimulus otak janin agar tumbuh cerdas.

Mengurangi Konsumsi Gula

Penumpukan gula dalam tubuh ibu hamil dapat berakibat kurang baik. Meskipun tentu harus diupayakan agar ibu hamil tidak sampai kekurangan gula dalam tubuhnya. Dalam menu makanan diet untuk ibu hamil, jumlah karbohidrat yang juga mengandung glukosa yang dimakan tidak boleh lebih dari 200 kalori. Untuk mengurangi konsumsi gula, diet ibu hamil dapat mengukur jumlah nasi atau pengganti nasi yang dimakan. Selain itu, jumlah minuman manis juga perlu diatur agar tidak terlalu banyak dikonsumsi.

Cemilan Sehat

Makanan yang paling bisa disalahkan dalam kegagalan program diet adalah cemilan. Dalam kondisi hamil, cemilan boleh masuk dalam menu makanan diet untuk ibu hamil. Namun tidak semua cemilan bisa dimakan tanpa ukuran untuk ibu hamil, minimal harus mempertimbangkan kandungan gizi di dalamnya.

Penuhi Kebutuhan Air Putih

Konsumsi air putih bagi ibu hamil sangat penting. Kekurangan air putih bisa menyebabkan dehidrasi. Sedangkan kelebihan air putih juga bisa menjadi penyebab produksi asam lambung berlebih. Menurut beberapa pengalaman, terlalu banyak minum air putih dapat menyebabkan janin terlalu besar tumbuh dalam perut.

Menu Makanan Diet Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Untuk mempermudah program diet selama hamil, perlu pengaturan makanan sehat setiap hari. Ingat, diet selama hamil bukan untuk menurunkan berat badan. Namun penting agar asupan gizi ibu dan bayinya terpenuhi sehingga kehamilan berjalan lancar. Berikut menu diet untuk ibu hamil yang harus dipenuhi setiap hari:

Buah

Ibu harus memasukkan buah dalam daftar makanan diet untuk ibu hamil. Tidak ada jumlah minimal atau maksimal jumlah yang boleh dikonsumsi setiap hari. Setiap orang bisa menakar kemampuannya untuk mengonsumsi buah. Usahakan untuk tidak membatasi varian buah yang dimakan. Karena ibu hamil tidak ada pantangan makan buah apapun.

Air putih

Menu wajib makanan diet untuk ibu hamil selanjutnya adalah air putih. Jangan ganti air putih dengan minuman manis atau minuman berkarbonasi. Kebutuhan air putih harian harus dipenuhi agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Sesekali tidak masalah mengonsumsi air kelapa atau smoothie. Namun tetap harus minum air putih, ya.

Kacang-kacangan

kacang-kacangan atau biji-bijian seperti kacang hijau, jagung, kedelai, termasuk makanan hasil olahannya baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan protein nabati dan asam folat yang tinggi dapat membantu pertumbuhan janin agar tetap sehat. Menu ini bisa dijadikan cemilan dalam daftar makanan diet untuk ibu hamil.

Ikan Laut

Ikan laut yang baik dikonsumsi bagi ibu hamil adalah ikan laut yang mengandung protein dan Omega 3 tinggi. Karena protein dan Omega-3 sangat dibutuhkan dalam proses penyempurnaan fungsi sel dan otak janin. Kecerdasan anak juga sangat dipengaruhi oleh asupan makanan ibu selama hamil.

Telur

Selain ikan laut, alternatif protein nabati sebagai makanan diet untuk ibu hamil adalah telur. Baik telur ayam, puyuh, atau telur ikan. Selain protein, kandungan kolin dalam telur juga baik untuk perkembangan janin. Untuk ibu, kolin juga berfungsi mengurangi risiko penyakit ginjal dan pankreas.

Produk Susu

Baik susu murni maupun hasil olahan baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Susu mengandung kalsium yang sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang ibu dan memenuhi kebutuhan kalsium janin. Susu dapat menjadi menu wajib makanan diet untuk ibu hamil. Jika sulit mendapat susu murni, bisa gunakan susu khusus untuk ibu hamil yang sudah ditakar porsinya oleh ahli gizi.

Sayuran

Sayur bayam, sawi, selada brokoli, wortel, dan berbagai sayuran baik mentah maupun matang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Tidak ada batasan maksimal konsumsi sayur. Namun pastikan ada sayuran dalam menu diet untuk ibu hamil setiap hari. Kandungan zat besi sangat penting untuk mencukupi asupan darah janin melalui plasenta.

Dengan mencukupi kebutuhan makanan diet untuk ibu hamil, semoga kehamilan ibu berjalan lancar hingga melahirkan. Asupan serat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah sangat baik untuk mengurangi risiko sembelit atau konstipasi pada ibu hamil. Asupan gizi dan nutrisi yang cukup untuk buah hati adalah bekal agar bayi dapat lahir dalam keadaan sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *