Makanan Diet Sehat Alami Tanpa Obat

By

Makanan Diet Sehat Alami Tanpa Obat. Menghitung asupan kalori dengan harapan bisa mengurangi beberapa kilogram lemak mungkin tidak sesederhana kelihatannya. Alasannya? Tidak semua kalori diciptakan sama. Selain itu, tubuh Anda juga cenderung memproses tiap jenis makanan dengan cara yang berbeda. Yang artinya beberapa proses mungkin bisa membantu atau malah menghambat upaya penurunan berat badan Anda.

Sementara itu, mengkonsumsi obat untuk menurunkan berat badan umumnya hanya dianjurkan ketika diet konvensional dan olahraga tidak berhasil. Ini juga biasanya harus melalui pengawasan dokter agak tidak terjadi malfungsi atau menimbulkan efek samping yang berbahaya. Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan dengan mudah? Gampang, ikutilah menu diet sehat ini yang terbukti ramah dalam penurunan berat badan.

diet sehat alami
diet sehat alami

Menu Diet Sehat Alami Yang Baik Untuk Penurunan Berat Badan

1.   Telur utuh

Asupan telur yang tinggi mungkin dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat pada beberapa orang. Namun kenyataannya, telur adalah salah satu menu diet sehat alami terbaik yang dapat menurunkan berat badan. Ini kaya akan protein dan lemak, sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Sebuah studi pada 30 wanita yang terkena obesitas menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan, cenderung meningkatkan perasaan kenyang. Ini membuat partisipan makan lebih sedikit selama 36 jam berikutnya.

2.   Sayuran hijau

Sayuran hijau (termasuk kangkung, bayam, sawi dan sebagainya) umumnya rendah kalori dan karbohidrat, serta kaya akan serat. Jadi ini sangat sempurna untuk opsi penurunan berat badan Anda. Mengkonsumsi sayuran hijau juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan volume makanan Anda, tanpa harus menambah kalori. Sebuah studi menunjukkan bahwa makanan yang memiliki kepadatan energi rendah, akan membuat orang makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Sementara itu, sayuran hijau juga sangat bergizi dan banyak mengandung vitamin, antioksidan serta mineral (termasuk kalsium) yang telah terbukti dapat membantu pembakaran lemak. Untuk itu memasukkan sayuran hijau ke dalam menu diet sehat alami tidak akan membuat tubuh Anda kehilangan nutrisi selama diet. Sebaliknya ini bisa membantu tubuh Anda lebih ramping dan tetap sehat.

3.   Ikan salmon

Ikan berlemak seperti salmon pada dasarnya sangat sehat dan dapat membuat Anda kenyang selama berjam-jam. Ini juga rendah kalori, sarat akan protein berkualitas, lemak sehat dan berbagai nutrisi penting lainnya. Sama seperti ikan laut pada umumnya, salmon juga memasok sejumlah besar yodium. Ini diperlukan untuk mendukung fungsi tiroid dalam menjaga metabolisme tubuh tetap optimal. Sementara itu, fungsi asam lemak omega-3 pada salmon juga terbukti dapat mengurangi peradangan, yang diketahui memiliki peran dalam obesitas dan penyakit metabolik.

4.   Dada ayam dan daging sapi tanpa lemak

Beberapa daging umumnya selalu disalahkan atas berbagai masalah kesehatan, padahal ini tidak selalu benar dan belum ada bukti yang kuat untuk mendukung klaim tersebut. Sebaliknya daging merupakan sumber protein yang tinggi dan ini bisa dimasukkan ke dalam menu diet sehat alami Anda. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa mengkonsumsi protein tinggi dapat membuat Anda membakar hingga 80-100 kalori per hari

Sementara itu, meningkatkan asupan protein hingga 25 persen dari kalori harian dapat mengurangi rasa lapar hingga 60 persen di malam hari. Yang pada akhirnya ini dapat membantu penurunan berat badan sekitar 0.45 kg per minggu. Jadi jika Anda melakukan diet rendah karbohidrat, maka silakan makan daging berlemak untuk mencukupi nutrisi harian Anda. Sementara jika Anda melakukan diet sedang hingga tinggi karbohidrat, maka memilih daging tanpa lemak mungkin akan lebih tepat.

5.   Kentang rebus

Kentang rebus tampaknya tidak disukai karena alasan tertentu. Namun, faktanya ini memiliki beberapa sifat yang menjadikannya makanan yang sempurna untuk diet sehat alami. Kentang dapat menurunkan berat badan dan dapat meningkatkan kesehatan secara optimal. Ini juga mengandung beragam nutrisi, yang hampir semuanya Anda butuhkan. Bahkan ada juga laporan tentang orang yang bisa bertahan hidup dalam waktu lama hanya dengan memakan kentang saja.

Secara umum, kentang adalah makanan yang sangat tinggi kalium. Ini adalah jenis nutrisi yang kurang dikonsumsi banyak orang, yang secara langsung memainkan peran penting dalam mengontrol tekanan darah. Sementara itu pada skala yang disebut Satiety Index (untuk mengukur tingkat kekenyangan makanan), kentang ini memiliki nilai tertinggi dari semua jenis makanan. Artinya mengkonsumsi kentang rebus secara alami akan membuat Anda kenyang lebih lama.

6.   Ikan tuna

Tuna adalah jenis makanan rendah kalori dan tinggi protein lainnya, yang bisa Anda masukkan ke menu diet sehat alami. Ini juga rendah lemak dan banyak digunakan oleh kalangan binaragawan atau ahli kebugaran dalam latihan diet. Mengkonsumsi tuna adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein Anda sambil menjaga total kalori dan lemak tetap rendah. Namun pastikan Anda memilih ikan tuna dalam air, bukan minyak.

7.   Kacang-kacangan

Beberapa kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, dan beberapa lainnya umumnya dapat membantu penurunan berat badan. Jenis kacang-kacangan ini cenderung kaya akan protein dan serat, yang merupakan dua nutrisi penyebab rasa kenyang. Selain itu, beberapa kacang juga cenderung mengandung pati yang membuat Anda kenyang lebih lama. Sayangnya, sebagian orang mungkin kesulitan dalam mentoleransi legum pada kacang. Jadi ini sangat penting untuk mempersiapkannya dulu dengan benar.

8.   Sup

Sup adalah jenis makanan diet sehat alami yang memiliki kepadatan energi rendah. Jadi ini cenderung membuat Anda makan lebih sedikit kalori. Umumnya makanan yang memiliki kepadatan energi rendah adalah jenis makanan yang mengandung banyak air, seperti sayuran dan buah-buahan. Namun Anda juga bisa menambahkan air ke dalam makanan tersebut untuk membuat sup.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi sup cenderung membuat orang merasa lebih kenyang, dibandingkan makan bahan yang sama namun padat. Ini juga membuat mereka memakan lebih sedikit kalori secara signifikan. Sementara itu, pastikan Anda tidak terlalu banyak menambah lemak ke dalam sup (seperti krim atau santan). Karena ini dapat meningkatkan kandungan kalorinya secara signifikan.

9.   Keju cottage

Semua produk susu umumnya mengandung banyak protein, sehingga cocok dijadikan menu diet sehat alami. Salah satu contoh terbaiknya adalah keju cottage, yang sebagian besar kandungannya adalah protein (dengan sedikit karbohidrat dan sedikit lemak). Mengkonsumsi keju cottage akan membantu meningkatkan asupan protein Anda. Ini juga sangat mengenyangkan, membuat Anda merasa kenyang dengan jumlah kalori yang relatif rendah.

10. Alpukat

Sementara sebagian besar buah-buahan umumnya kaya akan karbohidrat, alpukat lebih sarat akan lemak sehat. Alpukat termasuk jenis buah yang sangat tinggi asam oleat tak jenuh tunggal. Ini adalah jenis lemak yang sama yang ditemukan pada minyak zaitun. Sementara itu, alpukat juga mengandung banyak air dan serat. Ini membuatnya lebih padat energi daripada yang Anda kira. Simak juga artikel menarik lainnya disini.

Itulah beberapa menu makanan diet sehat alami yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan penurunan berat badan. Tanpa obat dan tanpa metode yang menyiksa, jenis makanan ini secara alami bisa membantu memanajemen berat badan Anda dengan mudah. Asalkan Anda juga dapat menjaga pola hidup sehat dan olahraga teratur.

Tinggalkan komentar