6 Daftar Makanan Diet Rebusan dan Cara Penyajian yang Tepat

By

sumbersehat.com – Makanan diet rebusan sedang naik daun akhir-akhir ini. Cara memasak yang satu ini dianggap lebih ramah bagi pelaku diet daripada teknik yang lain, seperti menggoreng atau membakar. Selain lebih mudah untuk dilakukan, merebus juga dapat meminimalisir risiko kehilangan nutrisi pada makanan.

Tren ini memang patut untuk dipertimbangkan, karena bagaimanapun nutrisi tetap menjadi poin penting pada program diet. Ingin menurunkan berat badan bukan berarti berhenti untuk melakukan aktivitas, bukan? Justru pelaku diet dituntut harus aktif bergerak, agar tumpukan lemak dapat dibakar dengan baik.

Makanan diet rebusan

Kelebihan Makanan Diet Rebusan

Pemilihan menu makanan merupakan salah satu kunci utama dalam keberhasilan diet. Sebab, melalui makanan tersebut tubuh akan mendapatkan nutrisi yang kemudian diolah menjadi energi. Kesalahan dalam memilih makanan dapat membuat seseorang kelebihan nutrisi, sehingga ditumpuk dalam bentuk lemak.

Sementara kekurangan nutrisi, pelaku diet dapat tumbang di tengah jalan karena gangguan kesehatan. Oleh karena itu, makanan diet rebusan dapat menjadi alternatif paling tepat bagi pelaku diet. Berikut adalah beberapa kelebihan teknik memasak dengan cara merebus:

1.  Mudah Dicerna

Makanan diet rebusan memiliki tekstur yang sudah lunak atau empuk, sehingga makanan yang masuk lebih mudah dicerna. Hal ini juga berarti makanan dapat diserap oleh tubuh secara sempurna tanpa sisa, sehingga kebutuhan nutrisi dapat tercukup dengan baik.

2. Memperoleh Flavour Khas

Ada beberapa jenis makanan yang harus diolah terlebih dahulu untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik. Contoh, kentang adalah salah satu jenis makanan diet rebusan. Saat direbus, kalori yang terkandung di dalam kentang akan menurun, sehingga sangat menguntungkan bagi pelaku diet.

3. Lebih Efektif

Di dalam bahan makanan terkadang ada bakteri, virus, atau patogen yang tidak kasat mata. Selain mencucinya dengan air bersih, merebus merupakan cara paling efektif untuk membunuh patogen tersebut. Cara aman dan sangat sederhana untuk menyajikan makanan diet rebusan, bukan?

4. Meningkatkan Fungsi Mineral

Tidak sedikit orang yang beranggapan, merebus dapat menghilangkan kandungan mineral yang ada di dalam makanan. Perlu diketahui, hal ini tidak sepenuhnya benar. Sebab, bukti ilmiah terbaru menunjukkan bahwa merebus justru dapat meningkatkan fungsi mineral, seperti zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium.

Teknik Merebus yang Benar

Merebus adalah salah satu teknik memasak dengan cara memasukkan makanan ke dalam air mendidih. Meski terbilang sangat mudah, teknik ini butuh trik khusus terutama untuk makanan diet rebusan. Sebab, kesalahan dalam proses perebusan justru dapat menghilangkan nutrisi makanan. Berikut adalah teknik merebus sayuran agar matang sempurna dan tetap sehat:

1. Jangankan Menginapkan Sayuran

Menyimpan makanan di dalam kulkas untuk sementara waktu tentu saja diperbolehkan. Namun, jangan sampai berhari-hari karena sayuran akan layu dan kurang sedap untuk dimakan. Alangkah lebih baik, segera olah makanan diet rebusan agar memperoleh manfaat yang maksimal.

2.  Masukkan di Waktu Tepat

Setiap sayuran memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, sehingga perlakuannya pun tidak dapat disamaratakan. Ada jenis sayuran yang memerlukan waktu cukup lama untuk matang, tetapi ada juga yang hanya sekadar dicelupkan saja. Berikut beberapa tips merebus sayuran:

  • Pastikan air rebusan sudah benar-benar mendidih sebelum sayur dimasukkan, agar tidak ada nutrisi yang menguap.
  • Jika ingin merebus sayur yang berbeda-beda, rebuslah dari warna paling muda ke tua, agar tidak terjadi perubahan warna.
  • Jika ingin ditumis, masukkan sayuran setelah bumbu matang.

3. Waktu Memasak

Agar nutrisi makanan diet rebusan terjaga dengan baik, perhatikan waktu memasak. Selain tak tampak menarik, merebus sayuran terlalu lama juga dapat menghilangkan nutrisi di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan untuk mempelajari karateristik sayuran terlebih dahulu sebelum merebusnya.

4. Tambahkan Sedikit Garam

Siapa sangka, bumbu masakan yang memiliki tekstur rasa asin ini juga bermanfaat dalam proses perebusan. Menaburkan garam ke dalam air rebusan dipercaya dapat membuat sayur lebih cepat matang, tanpa berubah warna (kecoklatan). Ingat, secukupnya saja agar sayuran tidak menjadi asin.

5. Air Es

Ingin mendapatkan makanan diet rebusan dengan warna yang cantik? Air es dapat diandalkan dalam hal ini. Caranya, setelah mendapatkan tingkat kematangan yang pas, angkat sayuran lalu siram atau rendam sebentar menggunakan air es. Selain itu, air es juga dapat menghentikan proses pemasakan.

Ragam Makanan Diet Rebusan

Pada dasarnya, tidak ada patokan khusus dalam pemilihan makanan diet rebusan. Poin utama yang harus dipenuhi adalah kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bagus untuk dijadikan teman diet:

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran mengandung zat besi cukup banyak. Di dalam program penurunan berat badan, zat ini berperan penting dalam metabolisme protein. Selain itu, zat besi juga menghasilkan enzim yang diperlukan organ tubuh untuk melakukan fungsinya.

2.  Brokoli

Selain memiliki cita rasa yang enak, brokoli juga mengandung banyak nutrisi, salah satunya serat. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa serat merupakan zat yang sangat penting dalam program diet. Sebab, serat memerlukan proses yang cukup panjang untuk dicerna oleh tubuh, sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

3. Wortel dan Tomat

Kedua jenis makanan ini merupakan sumber antioksidan yang cukup tinggi. Seperti yang sudah diketahui, antioksidan merupakan senyawa paling ampuh dalam menangkal radikal bebas. Hal ini tentu berefek baik bagi tubuh, karena imunitas dan metabolisme dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, wortel juga rendah kalori, sehingga aman bagi pelaku diet.

4. Labu

Labu atau sering disebut kabocha adalah makanan pendamping diet paling cantik. Tak hanya dari segi penampilan, labu juga cantik dari dalam yaitu kaya nutrisi tetapi rendah lemak. Hal ini yang menjadikan labu sebagai salah satu menu diet paling direkomendasikan. Mau dibuat camilan atau sayur, labu selalu enak untuk dinikmati.

5. Kentang

Memerlukan banyak energi tetapi tetap ingin kurus? Kentang dapat menjadi pilihan makanan diet rebusan paling tepat. Kandungan pati di dalam kentang dapat menjadi sumber energi, sekaligus menekan rasa lapar. Sebab, di dalam kentang juga terdapat kandungan serat, vitamin B6, dan beberapa vitamin lainnya yang diperlukan tubuh.

6. Telur

Di dalam satu butir telur sebesar 50 gram, terdapat kandungan 77 kalori, lemak 5 gram, serta karbohidrat dalam porsi sedikit. Namun, di balik itu telur rebus juga memiliki segudang nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, salah satunya yaitu protein. Protein inilah yang memiliki peranan besar dalam proses penurunan berat badan.

Tak hanya sebagai sumber energi, protein juga dapat menjaga stabilitas dan membangun massa otot. Bagi pelaku diet yang menyertakan olahraga, hal ini tentu sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, memasukkan telur sebagai makanan diet rebusan terasa sangat tepat sasaran.

Demikian sedikit ulasan mengenai jenis-jenis makanan diet rebusan beserta cara penyajian yang benar. Metode apapun yang dipilih, pastikan mengiringinya dengan olahraga, istirahat yang cukup, dan selektif dalam memilih makanan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi semua.

Tinggalkan komentar