11 Jenis Makanan Diet Jantung Yang Berkhasiat dan Murah

Sumbersehat.com – Banyak jenis Makanan Diet Jantung Yang Berkhasiat dan Murah. Bagi sebagian orang yang menderita penyakit jantung mungkin berpikiran hanya obat yang dapat menyembuhkan. Namun, ada beberapa orang mungkin salah satunya Anda melakukan salah satu program diet khusus untuk jantung.

Diet khusus yang dilakukan oleh penderita penyakit jantung dapat dilakukan sesuai dengan petunjuk dokter. Hal ini dilakukan agar terhindar dari timbulnya penyakit baru yang mungkin terjadi akibat melakukan program diet ini. Mulai aktivitas dan makanan yang dikonsumsi pun harus diatur bagi yang melakukan program ini.

Maka dari itu, kami akan memberikan berbagai jenis makanan diet jantung yang dapat Anda konsumsi saat melakukan program ini. Berikut makanan yang dapat Anda konsumsi. makanan diet jantung

Inilah Makanan Sehat Untuk Program Diet Jantung

Ada beberapa makanan diet jantung yang mudah disiapkan dan pastinya mudah didapatkan pula, diantaranya :

Ikan beromega tinggi

ikan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi memiliki manfaat yang banyak bagi penderita penyakit jantung. Ada berbagai jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi yang dapat Anda konsumsi saat melakukan program diet. Ikan-ikan tersebut antara lain adalah ikan salmon dan sarden.

Kedua jenis ikan ini sudah dikenal masyarakat bahwa memiliki kandungan asam lemak omega 3. Namun, diantara Anda mungkin ada yang belum mengetahui bahwa ikan ini dapat dijadikan makanan diet jantung. Dengan adanya kandungan omega 3 ini, dokter menganjurkan untuk mengkonsumsinya karena dapat melindungi sistem pada jantung.

Jika ikan salmon pada program diet ini, selain mendapatkan badan yang ideal juga akan menyehatkan jantung. Berdasarkan pemeriksaan dokter, orang yang menderita penyakit jantung dapat dipulihkan dengan konsumsi salmon ini. Karena dalam salmon terdapat kandungan yang dapat melindungi kardiovaskular jantung.

Bukan hanya ikan salmon saja yang dapat dijadikan makanan diet jantung. Ikan sarden menurut dokter juga dapat mengurangi serangan jantung penderita yang secara mendadak. Selain itu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Perlu Anda ketahui, jika mengkonsumsi ikan sarden kami sarankan untuk tidak mengolah ikan sarden kaleng. Karena pada ikan sarden kaleng memiliki kadar garam yang tinggi, dan harus dikurangi oleh penderita jantung. Sebaiknya Anda mengolah ikan sarden segar yang banyak dijual di pasar atau supermarket.

Bagi Anda yang mengkonsumsi ikan ini untuk makanan diet jantung, Anda dapat mengkonsumsi dua kali seminggu. Bila Anda mengkonsumsi secara berlebihan atau kurang hasil pada diet Anda nantinya akan berkurang pula atau bisa disebut tidak berhasil.

Hati

Hati merupakan salah satu makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita jantung. Karena pada hati sendiri memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, bahkan memiliki kandungan vitamin A tertinggi dari makanan lainnya. D

Selain kandungan vitamin yang cocok dikonsumsi bagi yang menjalan diet jantung, hati juga memiliki kandungan lemak tak jenuh. Lemak baik ini cocok untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda, jadi hati disarankan dokter sebagai makanan diet jantung.

Blueberry

Blueberry merupakan jenis buah berry-berryan yang tumbuh banyak di dataran tinggi. Namun, apakah ada yang tahu bahwa buah ini dapat digunakan sebagai obat jantung? Pasti hanya sebagian orang yang mengetahui manfaat buah kecil hitam ini.

Buah blueberry ini sangat cocok dijadikan sebagai makanan diet jantung. Karena pada buah ini terkandung antioksidan yang bagus bagi kesehatan jantung. Kandungan antioksidan flavonoid ini dapat berfungsi sebagai pencegah jantung koroner.

Kopi

Kopi yang sejatinya diminum dikala malam hari untuk menghilangkan rasa kantuk, juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Bagi Anda yang menyukai kopi atau anak muda pecinta kopi, hal ini perlu Anda ketahui. Karena kopi hitam ini memiliki kandungan untuk menyehatkan jantung.

Kandungan kopi yang dapat dijadikan pendamping makanan diet jantung adalah adanya kandungan antioksidan tinggi. Kandungan ini selain bermanfaat untuk jantung, juga dapat mencegah penyakit diabetes tipe dua. Walau begitu, jika Anda mengkonsumsi ini harus berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar aman.

Teh hijau

Seperti yang sudah banyak kita ketahui, bahwa teh hijau ini biasa dikonsumsi seseorang saat melakukan program diet. Teh hijau ini dipercaya akan mensukseskan program diet Anda, karena memiliki antioksidan yang tinggi. Selain untuk diet, antioksidan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Susu Kedelai

Susu kedelai biasa dikonsumsi oleh anak-anak sebagai pengganti susu segar. Namun siapa sangka kalau kandungan yang terdapat pada susu kedelai ini dapat menyehatkan jantung. Niacin yang terkandung dalam susu kedelai berfungsi meningkatkan sirkulasi dari menuju seluruh tubuh.

Selain menjadi makanan diet jantung, susu kedelai ini juga dapat mengurangi jumlah kolesterol yang ada dalam tubuh. Pada susu kedelai dapat mengurangi bukan menambah seperti susu hewan karena memiliki kandungan lemak yang sedikit serta tidak ada kolesterolnya.

Cokelat

Selain dijadikan makanan untuk mengembalikan mood yang buruk, cokelat juga dipercaya dapat menyehatkan jantung Anda. Namun jenis cokelat yang dapat menyehatkan jantung bukan cokelat yang dijual di supermarket dalam bentuk olahan yang sudah dicampur. Melainkan harus memiliki kandungan kakao minimal 70%.

cokelat yang dapat dijadikan sebagai makanan diet jantung karena mengandung flavonoid. Kandungan ini dapat meningkatkan aliran darah dan merelaksasi arteri. Karena aliran darah lancar, maka jantung akan sehat serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Brokoli

Selain makanan yang ada di atas, beberapa jenis sayuran dapat dikonsumsi dalam program diet Anda. Salah satu sayuran yang dapat dikonsumsi dalam program diet adalah brokoli. Brokoli juga memiliki khasiat untuk menyehatkan jantung Anda.

Brokoli dapat dimasukkan dalam jenis makanan diet jantung karena memiliki kandungan serat yang banyak. Serta mengandung banyak antioksidan dan rendah kolesterol. Jadi, brokoli dapat dikonsumsi untuk pemulihan Anda bagi yang menderita penyakit jantung.

Kubis

Selain sayur brokoli, kubis juga dapat Anda masukkan dalam menu makan untuk program diet khusus Anda. Karena kubis ini dapat mengurangi peradangan sistem kardiovaskular serta memulihkan pembuluh darah yang rusak. Jadi, Anda dapat mengkonsumsi kubis untuk kesehatan jantung.

Kembang Kol

Sayuran yang tidak termasuk dalam jenis sayuran hijau ini juga dapat dijadikan makanan diet jantung. Makanan ini dapat mencegah resiko penyakit jantung karena memiliki kandungan. Kandungan yang ada dalam kol adalah antioksidan dan serat yang tinggi, dengan fungsi untuk mengurangi kolesterol dan serangan jantung.

Ubi Jalar

Tidak hanya jenis sayuran dan protein hewani yang dapat dijadikan makanan saat melakukan program diet khusus ini. Umbi-umbian yaitu ubi jalar juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Hal ini karena dalam ubi jalar terkandung vitamin C, zat besi serta kalsium yang tinggi.

Itulah beberapa jenis tumbuhan dan olahan dari hewan yang dapat dijadikan makanan diet jantung. Makanan ini dapat Anda peroleh dengan mudah dan murah dimanapun, namun harus sesuai dengan petunjuk dokter. Jadi sebelum mengkonsumsi makanan-makanan tersebut konsultasikan terlebih dahulu ke dokter agar aman.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu secara alami merupakan cara yang paling bagus untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *