12 Jenis Makanan Diet Jantung yang Mudah Ditemukan dan Menyehatkan

sumbersehat.com – Makanan diet jantung sangat penting untuk diperhatikan karena sangat membantu proses penyembuhan bagi penderita jantung. Memiliki penyakit jantung memang harus lebih teliti dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Hindari makan-makanan penyebab penyakit jantung kambuh.

Oleh karena itu, Anda harus tahu makananan mana yang boleh dikonsumsi atau tidak. Sehingga, tidak salah makan dan bisa membuat menu makanan yang enak setiap hari. Dengan mengonsumsi makanan pencegah penyakit jantung bisa membuatnya tidak kambuh kembali. Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi dan aman bagi kesehatan jantung!

makanan diet jantung
diet untuk penyakit jantung

Inilah Makanan Diet Jantung

Adapun makanan-makanan yang bagus untuk penderita penyakit jantung adalah :

Ikan salmon dan tuna

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan salmon dan tuna sangat baik untuk kesehatan jantung. Omega 3 merupakan asam lemak tak jenuh yang bisa meredakan paradangan pada pembuluh darah sekitar jantung. Ikan salmon dan tuna sangat cocok diolah menjadi menu makanan sehat untuk penderita jantung.

Selain itu, kandungan tersebut juga baik untuk mengurangi tekanan darah dan menormalkan kembali detak jantung yang tidak teratur. Anda bisa mengonsumsinya sekitar 150 gram atau dua porsi ikan dalam seminggu untuk dijadikan makanan diet jantung. Pilihlah ikan salmon dan tuna yang dikembangbiakan di tambak. Karena ikan yang berasal dari laut memiliki kadar merkuri tinggi yang tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Kacang kedelai, edamame, dan kacang tanah

Makanan diet jantung yang baik harus memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan protein tidak hanya berasal dari hewani tetapi juga dari nabati. Contohnya adalah produk olahan kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan tauco.

Selain kacang kedelai, terdapat edamame dan kacang tanah yang dapat menjadi makanan pencegah penyakit jantung bagi wanita lanjut usia. Pada makanan tersebut terdapat kandungan isoflavon yang merupakan antioksidan yang aman bagi penderita jantung.

Oatmeal dan gandum murni

Makanan diet jantung yang satu ini memang dikenal sangat sehat dan aman untuk pasien penderita penyakit jantung. Oatmeal terbuat dari tanaman haver yang dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga mencegah terbentuknya plak pada pembuluh arteri.

Kandungan pada oatmeal juga memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang bisa mencegah penumpukan plak. Kedua manfaat ini yang sangat baik untuk fungsi pembuluh darah arteri supaya tetap sehat. Lalu, gandum yang mengandung beta glucan sangat baik untuk jantung karena bisa mengendalikan kadar kolesterol pada tubuh.

Kenari dan almond

Sebagai cemilan, pasien penyakit jantung juga bisa mencoba kacang almond dan kenari. Makanan pencegah penyakit jantung ini memiliki kandungan lemak tak jenuh, serat, asam lemak omega 3, vitamin E, dan stenol. Kandungan tersebut mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah dan menjaga dinding arteri tetap fleksibel.

Kandungan pada kacang 80% adalah lemak, tetapi sebagian besar lemaknya sehat dan dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu kandungan kalori pada kacang juga cukup tinggi sehingga porsi yang dianjurkan adalah sekitar 600 gram tiap minggunya. Untuk membuat menu diet jantung, pilih kacang yang tidak diberikan perasa. Sehingga bisa dikonsumsi menjadi topping pada yogurt dan tambahan tekstur pada oatmeal.

Kacang hitam

Jenis makanan yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi sebagai makanan diet jantung. Dalam kacang hitam, terdapat kandungan serat, antioksidan, dan senyawa antiradang yang mampu mengurangi kadar kolesterol darah. Kacang hitam juga bisa membantu mengontrol kadar glukosa pada darah.

Yogurt

Makanan diet jantung selanjutnya adalah yogurt karena dapat menurunkan resiko penyakit jantung yang disebabkan hipertensi. Hipertensi merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit jantung dan dapat memperparah kondisi jika tidak dikontrol.

Selain itu, manfaat yang bisa didapatkan dari yogurt adalah kandungan kalsium dan kalium. Konsumsi yogurt secara rutin dan kombinasikan dengan buah potong dan almond supaya lebih sehat. Pilihan yogurt terbaik untuk orang penyakit jantung adalah yogurt rendah lemak.

Biji rami dan biji chia

Biji rami dan biji chia juga dapat dijadikan tambahan untuk makanan diet jantung. Biji-bijian ini dapat ditambahkan sebagai topping untuk yogurt, oatmeal, atau menu masakan lainnya. Biji tersebut memiliki kandungan serat, asam lemak omega 3, dan fitoestrogen yang baik untuk jantung. Nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol dan tekanan darah tetap normal.

Cokelat

Siapa yang menyangka jika cokelat merupakan makanan diet jantung. Kandungan pada cokelat dapat menurunkan risiko penyakit jantung sampai dengan 11% dan mencegah kematian pada penderita sampai dengan 25%. Tidak hanya itu, manfaat lain dari cokelat adalah dapat menurunkan resiko stroke sebesar 23%.

Pada cokelat terdapat kandungan flavonoid yang mampu menurunkan tekanan darah, antiradang, dan melancarkan peredaran darah. Kandungan ini yang tentu saja sangat baik untuk kesehatan jantung. Jadikan cokelat murni hangat sebagai minuman sehat untuk jantung setiap hari.

Buah beri dan citrus

Berbagai jenis buah beri seperti blueberry, strawberry, blackberry, dan raspberry sangat baik dijadikan makanan diet jantung supaya tetap sehat. Karena buah tersebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan aman bagi penderita jantung. Buah-buahan ini banyak dijual dalam keadaan segar dan beku.

Anda harus teliti dalam memastikan apakah kondisi buah masih dalam keadaan segar atau tidak. Karena kandungan pada buah yang masih segar memiliki nutrisi yang lebih tinggi. Anda bisa mengonsumsinya sebagai campuran yogurt, diolah menjadi jus, atau ditambahkan pada oatmeal.

Selain itu, terdapat buah citrus yang juga aman dikonsumsi sebagai buah untuk jantung. Contoh buah citrus yang aman dikonsumsi seperti jeruk mandarin dan jeruk bali merah. Kandungan antioksidannya dapat meningkatkan proses metabolisme lemak di tubuh, mencegah peradangan, dan kerusakan sel.

Ubi jalar

Ubi jalar merupakan makanan diet jantung yang aman untuk dikonsumsi selanjutnya. Makanan ini memiliki kandungan vitamin A yang tentunya menyehatkan untuk tubuh termasuk jantung. Kandungan serat dan nutrisinya mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Pilihlah ubi jalar yang berwarna orange dan ungu karena memiliki nutrisi terbaik. Anda dapat menikmatinya dengan cara direbus, dipanggang, atau ditambahkan dengan sayur. Tetapi jika anda memiliki komplikasi penyakit ginjal hindari makanan ini karena kandungan oksalat yang cukup tinggi tidak baik dikonsumsi.

Buah ceri

Buah ceri sangat baik dikonsumsi sebagai buah untuk jantung karena memiliki kandungan antioksidan yang baik. Kandungan seperti serat, vitamin C, karotenoid, dan polifenol dapat meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah. Buah ceri banyak dijual dalam keadaan beku dan dikeringkan tetapi anda tetap pilih yang masih dalam kondisi segar.

Sayuran hijau

Makanan diet jantung terakhir adalah sayur-sayuran hijau yang memiliki kandungan nutrisi baik bagi tubuh termasuk jantung. Jenis sayuran hijau yang baik dikonsumsi seperti bayam, kangkung, brokoli, dan phok choy. Karena sayuran tersebut memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, kalium, folat, dan serat yang baik untuk jantung.

Demikian informasi mengenai beberapa makanan diet jantung yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat membantu anda mendapatkan tubuh lebih sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

diet alami sehat

Diet Alami Sehat Dengan Metode GM Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu

Diet Alami Sehat Dengan Metode Gm Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu. Anda memiliki berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *