9 Menu Makanan Diet Ibu Hamil Tua Untuk Kelancaran Persalinan

By

sumbersehat – Makanan diet ibu hamil tua haruslah memenuhi syarat. Utamanya makanan yang banyak mengandung serat, rendah kalori, banyak mengandung vitamin dan protein. Pada trimester 3 ini Ibu hamil lebih banyak membutuhkan asupan nutrisi agar tubuh tidak cepat lelah. Mengingat pada usia kehamilan ini, Ibu hamil mudah lelah dan kepayahan karena berat bayi di dalam perut semakin besar.

Ibu hamil tua sejatinya tidak ada halangan untuk melakukan diet. Namun, sebaiknya diet yang dilakukan adalah diet sehat dan tetap berkonsultasi atau dalam pengawasan dokter. Jika tidak dikhawatirkan akan membahayakan janin yang dikandung oleh Ibu. Diet yang dilakukan juga tidak boleh menggunakan obat-obatan yang bukan resep dari dokter. Ditakutkan obat tersebut dapat memicu kontraksi.

 Makanan diet ibu hamil tua

Daftar Menu Makanan Diet Ibu Hamil Tua

Saat usia kehamilan mulai menginjak trimester ketiga, itu menandakan bahwa waktu persalinan semakin dekat. Bagi Ibu hamil yang juga sedang melakukan diet saat trimester ini, sebaiknya asupan makanan benar-benar diperhatikan. Untuk memastikan bahwa Ibu dan bayi mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan, tidak ada salahnya mencoba menu makanan diet ibu hamil tua berikut ini:

Buah-Buahan

Menu makanan diet Ibu hamil tua yang bergizi wajib ditambahkan buah di dalamnya. Buah memiliki kandungan vitamin C dan serat yang tinggi yang baik bagi kesehatan Ibu di trimester tiga ini. Konsumsi buah seperti stroberi, kiwi, papaya dan melon bisa dijadikan camilan setiap harinya. Vitamin C yang terkandung dalam buah bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat.

Banyak Minum Air

Masalah utama yang sering dialami Ibu pada saat trimester ketiga biasanya adalah sembelit. Untuk mengurangi risiko terjadinya sembelit, meskipun sedang diet tetap dianjurkan untuk banyak minum air putih. Air putih juga sebenarnya sangat bagus untuk diet. Minum air putih sebelum makan, dapat membuat perut kenyang lebih lama dan menahan untuk tidak makan camilan sembarangan.

Konsumsi Kacang-Kacangan

Makanan diet Ibu hamil tua yang memenuhi syarat juga harus banyak mengandung asam lemak omega-3 dan protein. Untuk mendapatkan zat yang penting ini, bisa mengonsumsi kacang-kacangan, ikan dan daging. Namun, yang perlu diingat, sebaiknya saat hamil tidak boleh banyak mengonsumsi ikan atau daging yang setengah matang. Sebab ditakutkan bakterinya belum mati dengan sempurna.

Ikan Salmon

Pada saat trimester ketiga perkembangan otak bayi juga sangat penting. Dibutuhkan banyak asam lemak omega-3 dan DHA yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Semua itu bisa didapatkan dari ikan Salmon yang terkenal memiliki kandungan DHA tinggi. Menu makanan diet Ibu hamil tua yang sehat sebaiknya juga menambahkan ikan Salmon untuk dikonsumsi selama trimester ketiga ini.

Telur

Makanan diet Ibu hamil tua yang tidak boleh dilewatkan adalah telur. Telur sangat baik untuk membantu memaksimalkan fungsi sel-sel dan membantu perkembangan bayi dengan cepat. Hal ini dikarenakan telur adalah sumber kolin yang baik. Kolin mempunyai fungsi untuk membantu perkembangan memori dan mengurangi risiko gangguan ginjal. Tambahkan telur rebus dalam menu diet untuk sarapan setiap harinya.

Pepaya

Papaya adalah makanan diet Ibu hamil tua yang bagus. Buah ini banyak mengandung vitamin C, folat, serat dan potasium yang baik untuk Ibu hamil tua yang sedang diet. Papaya pun dikenal sebagai buah yang dapat mencegah heartburns yang kerap terjadi pada trimester ketiga. Yang harus diingat, bagi Ibu hamil dilarang untuk mengonsumsi pepaya mentah karena kandungan pepsinnya dapat memicu timbulnya kontraksi.

Smoothies

Smoothies adalah jenis makanan sehat untuk diet Ibu hamil tua yang baik bagi perkembangan janin dan kesehatan Ibu. Smoothies yang paling baik adalah smoothies hijau yang banyak mengandung serat, vitamin B6, kalsium, kalium dan magnesium. Ibu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan bayam. Untuk meningkatkan rasa, bisa ditambahkan buah jeruk, beri, mangga atau air kelapa.

Produk Susu

Masuk pada trimester ketiga kebutuhan kalsium akan semakin meningkat. Makanan diet Ibu hamil tua yang banyak mengandung kalsium bisa didapatkan dari susu serta produk olahan susu. Ibu hamil juga sebaiknya mengonsumsi suplemen kalsium yang telah diresepkan oleh dokter. Kalsium ini akan sangat membantu pertumbuhan tulang bayi dan mencegah kerusakan gigi yang umum terjadi pada Ibu hamil.

Sumber Zat Besi

Sumber zat besi untuk makanan diet Ibu hamil banyak didapatkan pada sayuran hijau seperti brokoli atau daging sapi tanpa lemak. Zat besi dibutuhkan untuk meningkatkan suplai darah ke plasenta selama trimester tiga berlangsung. Zat besi ini juga membantu Ibu hamil terhindar dari anemia hingga menyebabkan Ibu lemas dan tidak bergairah untuk melakukan aktivitas.

Cara Tepat Diet Untuk Ibu Hamil Tua

Sebenarnya perlukah ibu hamil tua melakukan diet? Umumnya, selama hamil Ibu akan mengalami kenaikan berat badan yang drastis. Agar mudah saat melakukan persalinan, Ibu yang memiliki berat badan melebihi normal, terkadang disarankan dokter untuk melakukan diet. Namun, makanan diet Ibu hamil tua harus dalam pantauan dokter. Berikut adalah cara diet yang tepat untuk Ibu hamil ditrimester ketiga:

A. Batasi Asupan Kalori

Wajar bila Ibu hamil selalu ingin makan dan makan lagi. Ini dikarenakan yang membutuhkan makan tidak hanya Ibu, bayi yang ada di rahim juga membutuhkan banyak asupan agar dapat berkembang. Namun, asupan makanan harus dibatasi agar berat badan tidak melonjak.

Pembatasan kalori yang masuk dapat membuat bayi tumbuh normal hingga tidak menyulitkan persalinan nantinya. Makanan diet Ibu hamil tua rendah kalori bisa didapat dari beras merah, roti gandum, sereal serta mengurangi makanan dan minuman manis. Kalori rendah dapat membuat berat badan turun dengan perlahan.

B. Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak seperti gorengan, makanan bersantan dan daging berlemak sebaiknya dijauhi saat melakukan diet sehat pada trimester ketiga ini. Makanan tersebut adalah sumber lemak jenuh yang tidak sehat untuk tubuh. Sebagai gantinya, konsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun. Metode memasak juga harus diubah dengan yang lebih sehat misalnya dengan cara kukus atau metode rebus.

C. Makan dengan Porsi yang Wajar dan Tetap Berolahraga

Makanan diet Ibu hamil tua sebaiknya dikonsumsi dengan porsi yang wajar. Sebab diet pada dasarnya tidaklah meniadakan sarapan atau makan malam sama sekali. Hanya porsinya dibatasi. Kunyah makanan secara perlahan dan lama agar cepat kenyang dan mudah dicerna. Untuk mengimbanginya, sertakan pula olahraga secara teratur seperti renang dan senam hamil dalam program diet yang dilakukan.

Makanan diet Ibu hamil tua haruslah sesuai dengan kondisi yang diperlukan. Asupan serat, vitamin, protein, zat besi dan yang lain harus dipastikan tidak terlewatkan. Trimester ketiga adalah trimester yang rawan bagi Ibu hamil, karena jika kekurangan asupan nutrisi bayi tidak akan dapat berkembang dengan baik. Ibu pun tidak memiliki cadangan tenaga yang cukup untuk proses kelahiran nanti.

Tinggalkan komentar