Ketahui 12 Makanan dan Minuman Penyebab Tidur Nyenyak

Sumbersehat.com – Jika memiliki gangguan tidur, anda perlu tahu makanan dan minuman penyebab tidur nyenyak. Sebab, dari makanan kita mendapatkan nutrisi dan vitamin yang bisa meningkatkan fungsi organ tubuh yang akhirnya membuat tidur nyenyak.

Tidur tidak nyenyak dapat menyebabkan masalah kesehatan serius jika tidak segera diatas. Tak hanya itu, orang yang kualitas tidurnya kurang baik rentan terkena penyakit diabetes tipe-2. Nah, kalau masih sulit tidur, anda wajib simak ulasan tentang makanan dan minuman penyebab tidur nyenyak, berikut!

Inilah Makanan dan Minuman Penyebab Tidur Nyenyak yang Ampuh

Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa untuk meningkatkan kualitas tidur anda, diantaranya:

Kacang Almond

Makanan dan minuman penyebab tidur nyenyak yang pertama adalah kacang almond. Sebuah studi mengungkapkan bahwasanya kacang almond adalah sumber terbaik dari magnesium. Di dalam 1 ons kacang almond terkandung 19% magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh dalam satu harinya.

Baca juga : 11 Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Ibu Menyusui, Simak!

Ini merupakan informasi yang sangat bagus, karena magnesium dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Terutama bagi Anda yang sering mengalami insomnia.

Madu

Mengonsumsi madu juga bisa meningkatkan kualitas tidur anda. Oleh karena itu, anda harus memasukkan madu ke dalam makanan dan minuman penyebab tidur nyenyak. Perlu anda ketahui bahwa madu mampu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

Dengan begitu, maka akan merangsang pelepasan tryptophan (asam amino penyusun protein di otak). Untuk selanjutnya, tryptophan akan diubah menjadi serotonin yang membuat kita rileks. Akibatnya kualitas tidur kita akan meningkat.

Susu

Yang termasuk dalam makanan dan minuman yang bikin cepat tidur adalah susu. Jika kita sering melihat tayangan film atau sinetron, sering sekali para pemain menampilkan adegan minum susu sebelum tidur.

Hal ini ternyata tidak hanya asal-asalan lho. Meminum susu sebelum tidur ternyata membantu kita untuk tidur lebih cepat. Hal ini dikarenakan susu mengandung asam amino tryptophan yang bersifat menenangkan.

Selain itu, jika kita minum segelas susu sebelum tidur maka tubuh kita bisa beristirahat secara maksimal. Selain itu susu juga membantu dalam mengembalikan cairan di dalam tubuh.

 Bahkan susu mampu menyediakan energi bagi tubuh. Yang lebih menakjubkan lagi, menurut penelitian yang dilakukan McMaster University pada tahun 2011. Yaitu bahwasanya susu dapat menggantikan sodium yang hilang lewat keringat.

Cokelat

Untuk memperbaiki kualitas tidur anda, makan coklat di malam hari. Coklat ini termasuk makanan dan minuman penyebab tidur nyenyak yang ampuh. Bahwasanya coklat mengandung dopamin yang fungsinya mirip dengan obat bius. Bukan bius yang membuat seseorang jatuh pingsan.

Akan tetapi kandungan bius di dalam coklat membuat otak menjadi lebih rileks dan tenang. Hal ini mengakibatkan seseorang yang mengkonsumsi coklat akan mempermudah seseorang untuk tidur lebih nyenyak.

Selain itu, hal ini menurunkan risiko terkena skizofrenia (gangguan proses berpikir). Bahkan coklat bisa membantu menurunkan risiko terkena parkinson.

Labu Kuning

Salah satu sumber kalium yang sangat baik terdapat di dalam labu kuning. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Departement of Agriculture. Kalium sendiri merupakan mineral yang berfungsi untuk mengontrol otot, menyeimbangkan cairan bahkan membantu saraf untuk bertugas secara optimal.

Selain kalium, kandungan yang terdapat di dalam labu kuning adalah magnesium. Magnesium ini sangat membantu Anda agar bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. Jadi, tepat sekali bila anda memasukkan labu kuning dalam daftar makanan untuk cepat tidur nyenyak.

Baca juga : 8 Cara Cepat Tidur Bagi Penderita Insomnia yang Cukup Ampuh

Ikan Salmon

Meskipun termasuk ikan berlemak, tapi lemak salmon sehat dan bisa menjadi makanan dan minuman penyebab tidur nyenyak. Seperti yang kita ketahui, bahwasanya ikan salmon memiliki kandungan lemak omega-3 yang bagus untuk kesehatan jantung.

Kandungan minyak yang ada di dalam ikan salmon dapat meningkatkan kesehatan otak. Omega-3 pada almond inia memiliki fungsi lainnya yaitu dapat mengurangi hormon stress. Ketika hormon tersebut berkurang maka pikiran akan cenderung lebih tenang.

6 Makanan dan Minuman Penyebab Tidur Nyenyak Lain

  • Brokoli
  • Buah ceri
  • Oatmeal
  • Pisang
  • Teh chamomile
  • Alpukat

Itulah daftar makanan dan minuman penyebab tidur nyenyak. Setelah membaca tulisan ini semoga tidur Anda lebih nyenyak dan lebih berkualitas. Semoga Anda sehat selalu. Masih banyak informasi menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan di Sumber Sehat. Simak terus ya!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *