10 Makanan Cair untuk Penderita Stroke yang Wajib Dikonsumsi

By

Sumbersehat.com – Makanan cair untuk penderita stroke biasanya dialirkan menggunakan sonde. Mengidap penyakit stroke bisa disebabkan oleh banyak penyakit lain, biasanya yaitu adalah hipertensi. Penyakit stroke bisa mengakibatkan kelumpuhan. Sehingga, pasien harus mengkonsumsi makanan yang lembut karena tidak bisa mengunyah.

Membuat makanan cair penderita stroke tentunya tidak boleh sembarangan. Resep dan menu diet penyakit stroke setiap harinya tentu saja makanan yang mengandung banyak gizi dan tidak membuat hipertensi. Ini untuk mencegah pasien stroke mengalami gejala  yang lebih parah bahkan kelumpuhan permanen.makanan cair untuk penderita stroke

Alternatif Bahan Makanan cair Penderita Stroke

Beberapa bahan  makanan cair untuk penderita stroke yang bisa anda gunakan antara lain:

Ikan salmon

Ikan merupakan bahan makanan cair penderita stroke yang pertama. Salah satu ikan yang baik dikonsumsi bagi para pnderitatroke adalah ikan salmon. Di dalam ikan salmon terdapat kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat tinggi. Nutrisi yang paling banyak dimiliki oleh ikan salmon adalah omega 3.

Makanan cair untuk penderita stroke yang berbahan dasar ikan salmon akan sangat membantu pasien stroke dalam menormalkan kadar derived neurotrophic factor. Sehingga, penderita stroke yang mengalami cedera traumatis pada otak akan segera pulih dan normal kembali dengan waktu yang singkat.

Buah blueberry

Buah buahan sudah terkenal sekali dengan kandungan gizi dan vitamin nya sehingga bisa menyehatkan tubuh. Buah buahan sangat berguna sekali bagi pemulihan penderita pasien stroke. Maka dari itu, makanan cair penderita stroke juga harus menyertakan buah buahan agar vitamin, gizi dan nutrisi selalu terpenuhi.

Salah satu buah yang kaya akan gizi dan cocok digunakan sebagai bahan makanan cair untuk penderita stroke adalah buah bery beryan terutama blueberry. Blueberry memiliki kandungan flavonoid tinggi. Senyawa flavonoid berguna bagi penderita stroke karena akan meningkatkan kembali daya ingat penderita

Buah delima

Buah delima merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin K, kalium, folat, dan  banyak vitamin lainnya. Selain itu, buah delima cocok menjadi salah satu bahan makanan cair penderita stroke karena mengandung gula alami seperti sukrosa, glukosa dan juga fruktosa yang memiliki kadar baik.

Tidak hanya itu, buah delima memiliki antioksidan yang dapat melindungi badan dari radikal bebas. Bila delima dibuat bagaikan makanan cair untuk penderita stroke, otak pengidap bakal terlindungi serta bebas dari radikal leluasa. Biasaya, otak pengidap stroke akan sensitif terhadap radikal bebas sehingga akan terlindung.

Tomat

Buah tomah serta sayur tomat mempunyai banyak kandungan yang sangat berguna yang dapat dijadikan sebagai salah satu makanan cair penderita stroke. Ada pun kandungan yang terdapat di dalamnya ialah vit K, vit A, vit B1, vit B5, vit B6 serta B7, vit C, folat, besi, kalium serta masih banyak mineral yang lain.

Makanan cair untuk penderita stroke yang berbahan dasar ataupun mempunyai kombinasi dari  tomat akan mengurangi akibat kehancuran otak. Hal ini disebabkan tomat mempunyai kandungan likopen tinggi. Walaupun banyak suplemen likopen, tetapi lebih baik bila kandungan itu didapatkan dari buah buahan ataupun sayur.

Alpukat

Buah yang lain yang dapat dimasukan dalam bahan dasar makanan cair penderita stroke merupakan alpukat. Alpukat dapat menolong pemulihan penderita pasca terkena stroke sebab di dalam alpukat ada kandungan asam oleat. Banyaknya asam oleat dalam alpukat akan mempercepat proses pemulihan penderita yang stroke.

Tidak hanya asam oleat, makanan cair untuk penderita stroke yang mempunyai kandungan alpukat juga mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral yang lainnya. Vitamin dan mineral yang terkandung antara lain semacam vit C, vit K, vit B5, vit B6, folat dan vit E yang sangat bermanfaat untuk badan.

Apel

Apel merupakan buah yang mengandung flavonoid terbaik. Tak hanya itu apel juga memiliki serat yang tinggi dan banyak. Jika apel di buah sebagai bahan makanan cair penderita stroke, makan buah ini akan mengatasi sumbatan sehingga pembekuan darah yang terjadi di otak dan yang akan menghambat pembembuhan pasien stroke.

Menurut sebuah penelitian buah apel yang dijadikan makanan cair untuk penderita stroke  akan meningkatkan proses penyembuhan pada pasien. Sedangkan jika apel dikonsumsi oleh orang yang sehat akan mencegah resiko terserang stroke hingga 20%. Anda harus mengkonsumsi apel beserta kulit untuk meningkatkan kinerjanya.

Beras merah

Makanan cair penderita stroke yang mengandung beras merah sangat baik bagi penderita karena mengandung selenium yang sangat berguna untuk mencegah terserang stroke kembali. Jadi, pasien yang sudah berangsur membaik tidak akan mudah terserang stroke ulang yang akan memperparah penyakit pasien.

Selain mengandung selenium, makanan cair untuk penderita stroke dari beras merah memiliki serat, mangan dan antioksidan yang sangat tinggi. Senyawa senyawa ini akan membantu proses sintesis di dalam lemak tubuh dan akan mengaktifkan sistem darah dengan baik. Pencernaan pasien pun juga akan membaik.

Brokoli

Sayuran yang berwarna hijau ini sudah pasti banyak memiliki kelebihan dan juga akan membantu tubuh ketika melawan penyakit, tak terkecuali stroke. Brokoli masuk ke dalam daftar sayuran yang dapat diolah menjadi makanan cair penderita stroke. Anda bisa mencampurkan brokoli dengan berbagai makanan bergizi lainnya.

Makanan cair untuk penderita stroke yang berasal dari brokoli akan membantu pasien dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi. Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama terjadinya serangan stroke. Sehingga, sangat berguna karena akan mengontrol tekanan darah yang mengalir menuju otak.

Olahan gandum

Berbagai olahan gandum sebagai makanan cair penderita stroke bisa menjadi pengganti nasi dan dijadikan sumber karbohidrat bagi para penderita stroke. Biji gandum sangat rendah gula sehingga akan bagus bagi pengontrolan gula darah dalam tubuh pasien.

Olahan makanan cair untuk penderita stroke berbahan dasar gandum memiliki banyak sumber vitamin E, karbohidrat dan serat tinggi, omega 3, asam folat hingga kadar protein tinggi. Jika anda sulit mendapatkan omega 3 dari ikan salmon, anda bisa mendapatkannya dari olahan gandum ini.

Biji bijian serta kacang kacangan

Menu makanan cair penderita stroke yang terakhir adalah santapan yang mempunyai kandungan biji bijian serta kacang kacangan. Biji bijian serta kacang kacangan banyak mengandung selenium, kromium, vit E serta vit B. Tidak cuma itu, bahan santapan ini pula memiliki serat yang besar, antioksidan, lemak baik sampai protein.

Makanan cair untuk penderita stroke yang memiliki biji bijian serta kacang kacangan akan menolong pemulihan penurunan kognitif sebab memiliki antioksidan serta vit E yang besar.

Itulah beberapa menu makanan cair untuk penderita stroke yang bisa diolah dan mempercepat pemulihan pasien stroke. Anda juga bisa mengkonsultasikan beberapa bahan makanan tersebut karena ada beberapa pasien yang menderita stroke dan penyakit lainnya yang mengharuskan menghindari suatu makanan.

Untuk informasi kesehatan dan penyakit lebih lanjut, simak terus Sumber Sehat ya..

Tinggalkan komentar