5 Jenis Makanan 1500 Kalori dan Tips Menjaga Asupan Makanan Untuk Diet

Makanan 1500 kalori merupakan jenis menu yang sangat cocok untuk kamu jika sedang menjalani program diet sehat. Dengan menggunakan makanan ini kamu akan mendapatkan 2 manfaat sekaligus. Yang pertama tubuh menjadi langsing dan ideal, dan yang kedua kodisi tubuhmu tetap sehat.

Dengan menggunakan menu makanan ini, bisa menjadi solusi bagi kamu yang saat ini sedang menjalani program diet namun sangat susah mendapatkan waktu untuk melakukan olahraga. Entah itu karena alasan kesibukan pekerjaan atau karena alasan lainnya.

5 Jenis Makanan 1500 Kalori

Untuk kamu yang saat ini sedang menjalankan program diet, coba deh konsumsi 5 jenis makanan 1500 kalori berikut ini untuk menunjang program diet kamu berhasil.

1. Sayur-sayuran

Makanan 1500 kalori yang pertama ada sayur-sayuran. Ini karena sayuran adalah makanan yang rendah kalori dan makanan yang kaya akan serat serta kandungan air. Sehingga jika kamu rutin mengkonsumsi sayuran, tidak akan memberikan efek samping tubuh menjadi semakin melebar.

Selain kaya akan serat dan kandungan air, pada sayuran khususnya sayuran hijau juga banyak memiliki kandungan berupa mineral dan vitamin yang sangat dibutukan oleh tubuhmu sendiri.

Dengan cara memakan sayuran yang memiliki warna, juga menjadi jalan pintas agar kamu tidak kekurangan yang namanya nutrisi. Karena nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuhmu sendiri. Beberapa jenis nutrisi tersebut seperti, magnesium, kalium, Vitamin B, dan Vitamin K. Menarik bukan?

2. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan alami yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Hampir sebagian besar jenis buah-buahan mengandung kalori yang rendah namun padat akan kandungan nutrisi.

Beberapa jenis-jenis buah yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar makanan 1500 kalori seperti

  • buah pisang
  • Buah anggur
  • Buah apel
  • Buah delima
  • Atau jenis buah lainnya.

Apabila kamu menggunakan buah sebagai menu diet, kamu bisa memakan buah-buah tersebut sebagai camilan atau juga sebagai makanan penutup. Dengan jalan mengkonsumsi es krim buah pisang yang dingin juga bisa kamu jadikan alternatifnya untuk mendapatkan kesegaran yang berbeda. Bukan kesegaran saja yang kamu dapatkan, kandungan nutrisi yang tinggi juga kamu dapatkan.

3. Makanan yang kaya akan protein

Mengkonsumi makanan yang kaya akan protein juga bisa kamu masukkan ke daftra list makanan 1500 kalori. Sebab dengan makanan yang berprotein ini mampu mengatur kadar hormon dalam nafsu makan kamu. Adapun contoh makanan yang kaya akan protein dan masuk ke dalam menu 1500 kalori seperti

  • Telur
  • Biji-bijian
  • Daging segar
  • Ikan
  • Kacang-kacangan
  • Dan yang lainnya

Ketika kamu memutuskan untuk memakan makanan tersebut, pastikan untuk tidak lupa menggunakan susu sebagai minumannya. Dan susu yang kamu pilih itu harus susu yang rendah akan kandungan lemak.

4. Makanan yang mengandung karbohidrat

Ketika seseorang sedang melakukan program diet pasti kebanyakan untuk menghindari atau meminimalisir makanan yang mengandung karbohidrat. Namun tahukah kamu, jika makanan yang mengandung karbohidrat sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Dan juga bermanfaat sebagai sumber energi.

Beberapa jenis makanan yang mengandung kerbohidrat dan memiliki 1500 kalori adalah sebagai berikut

  • Ubi jalar
  • Oat
  • Beras merah
  • Lentil
  • Dan lain-lainnya

5. Makanan yang mengandung lemak

Makanan 1500 kalori berikutnya adalah jenis makanan yang mengandung lemak. Makanan ini sendiri sangat memiliki fungsi yang luar biasa bagi tubuh, yang di mana memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan makanan jangka panjang dan mampu digunakan sebagai cadangan energi oleh tubuh kamu.

Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak yang direkomendasikan

  • Buah alpukat
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Minyak ikan
  • Dan makanan lainnya

Selain itu ada juga makanan yang harus di hindari. Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung lemak tinggi dan mengandung gula yang patut kamu hindari jika masih melakukan program diet

  • Keripik
  • Donat
  • Kue
  • Dan lainnya

Apabila kamu tetap memaksakan diri untuk memakan makanan yang telah disebutkan di atas, maka akan berpengaruh terhadap lonjakan kalori yang ada dalam tubuhmu.

Tips mengikuti diet dengan makanan 1500 kalori

Secara normalnya kalori yang masuk ke dalam tubuh seseorang adalah 2500 kalori. Namun jika kamu sedang melakukan diet, maka harus memasukkan kalori ke dalam tubuh sebanyak 1500 kalori. Dan cara ini sendiri sudah sangat banyak digunakan oleh banyak orang. Nah agar tidak salah dalam melakukan metode diet ini, berikut cara yang bisa kamu lakukan agar bisa memasukkan 1500 kalori ke dalam tubuh tanpa berlebihan.

1. Tetap makan 3 kali dalam sehari

Ini merupakan cara ampuh dan paling mudah untuk menjaga asupan kalorimu yang masuk ke dalam tubuh. Di mana kamu tetap memakan dengan jadwal 3 kali dalam sehari. Namun ketika makan makanan, janganlah melebihi dari 400 kalori tiap makan.

Di masyarakat saat ini banyak sekali beredar mitos yang mengatakan bahwa untuk tetap mempertahan asupan kalori dalam sehari sebanyak 1500 adalah dengan makan 6 kali menggunakan porsi kecil. Alasan di balik mitos ini agar tubuh mampu mengolah makanan dengan efesien, menjaga metabolisme tubuh, dan juga mempertahankan kadar gula. Secara logika, apakah kamu akan bisa selalu meluangkan waktu untuk makan secara 6 kali dalam sehari? Nah oleh karena demikian tetaplah untuk memakan makanan 3 kali sehari dengan porsi yang kecil. Dan jadwal makan 3 kali sehari sangat dianjurkan oleh ilmu kesehatan.

2. Mengunyah makanan dengan pelan

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mempertahan makanan 1500 kalori yang masuk ke tubuh adalah dengan memakan makanan secara pelan. Dengan cara ini bisa memberi waktu untuk perut mengirimkan sinyal ke otak. Tentu kamu akan lebih cepat merasa kenyang.

Beda halnya dengan orang yang makan cepat, mereka cendrung lebih banyak menghabiskan makanan dan tentunya kalori yang masuk melebih dari 1500 kalori setiap harinya ke dalam tubuh.

3. Jika merasa kenyang, berhentilah untuk makan

Ketika sudah kenyang, berhentilah untuk mengkonsumsi makanan. Jangan biarkan prinsip mengosongkan piring makanan kamu jadikan patokan jika ingin 1500 kalori asupan yang masuk ke dalam tubuh. Cara ini bisa kamu lakukan dengan makan secara perlahan atau berhenti sejenak saat makan. Dan berikan tubuhmu waktu untuk mengontrol perasaan kenyang.

4. kendalikan porsi makan

Sebaiknya kamu harus berlatih untuk mengendalikan porsi makanan. Terlebih jika kamu adalah orang dewasa. Karena orang dewasa porsi makanannya lebih banyak dan tentunya dengan porsi yang banyak ini mampu menyuplai setengah dari asupan kalori yang tubuh kamu butuhkan.

Tips yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara makan menggunakan piring yang kecil atau berwarna merah. Karena piring yang berwarna merah dipercaya oleh banyak orang untuk merasakan kenyang di perut yang lebih cepat ketika makan. Selain tiu, hindari untuk sering menyantap makanan camilan.

5. Menumlah air lebih banyak

Untuk menjaga makanan 1500 kalori masuk ke dalam tubuh, kamu harus lebih banyak dalam meminum air. Biasakan diri untuk meminum air sebanyak 12 hingga 15 gelas minum perhari. Selain itu, alternative air yang bisa kamu minum adalah teh, kopi, dan susu lemah lemak. Namun minuman alternative ini tidak boleh berlebihan untuk kamu minum

Itulah 5 contoh makanan 1500 kalori dan tipsnya untuk mempertahankan asupan 1500 kalori ke dalam tubuhmu jika sedang menjalani program diet. Semoga bermanfaat!.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

olahraga sehat untuk diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet – Setiap orang pasti sudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *