4 Manfaat dan 3 Bahaya Makan Telur Setengah Matang Malam Hari

Makan telur setengah matang malam hari merupakan kegiatan yang hampir sering dilakukan oleh sebagian orang. Ada yang beralasan untuk mengganjal perut lapar di malam hari dan ada juga yang mengatakan sebagai camilan saja karena sensasi telur setengah matang memiliki kenikmatan tersendiri ditambah lagi dengan teksturnya yang masih cair.

Telur setengah matang merupakan jenis olahan telur yang dimasak dalam waktu yang setengah lebih singkat dari pada waktu memasak telur yang matang. Jika biasanya memasak telur dalam waktu 4-6 menit, kini dimasak dalam kurun waktu 2-3 menit. Sehingga, tidak semua bagian telur setengah matang yang mengeras dengan sempurna.

Manfaat Makan Telur Setengah Matang Malam Hari

Walaupun hanya dimasak setengah matang, namun masakan telur ini juga memiliki manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi ketika di makan saat menjelang tidur. Penasaran dengan manfaatnya, berikut penjelasannya!

1. Kadar kolestrol dalam telur yang lebih rendah

Mengkonsumsi telur setengah matang mampu memberikan asupan kolestrol yang lebih rendah ke dalam tubuh. Karena telur setengah matang tidak dimasak dalam jangka waktu yang lama seperti memasak telur matang pada umumnya.

Misalnya, seseorang menggoreng telur setengah matang menggunakan minyak. Tentu minyak ini tidak akan banyak di serap oleh telur setengah matang seperti memasak telur matang biasanya. Begitu juga kandungan kolestrol akan mampu ditekan.

2. Mengganjal perut lapar

Meskipun di saat sore hari kamu sudah makan dengan porsi yang sangat banyak, kadang di malam hari bisa merasakan perut lapar yang tak tertahankan. Nah jika kamu ingin lebih sederhana dan tak ingin repot, makan telur setengah matang malam hari bisa menjadi solusinya.

3. Memiliki kandungan protein yang lebih banyak

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, telur adalah salah satu makanan yang kaya akan kandungan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain kandungan protein, telur juga memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin B kompleks, dan berbagai jenis kandungan mineral di dalamnya.

Nah dengan makan telur setengah matang malam hari, asupan gizi yang ada pada telur dapat masuk secara maksimal ke dalam tubuhmu. Karena kandungan gizi yang masih terjaga dalam telur setengah matang akibat dari sedikitnya terkena paparan panas saat memasak. Terlebih lagi jika dikonsumsi pada malam hari saat tubuhmu akan beristirahat.

4. Kaya kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan

Kandungan nutrisi telur setengah matang jauh lebih tinggi. Yang  mana ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi makan telur setengah matang malam hari sebelum tidur.

Beberapa contoh nutrisi telur setengah matang ini seperti kolin. Di mana kolin ini memiliki fungsi yang sangat besar untuk meningkatkan kinerja otak seseorang yang mengkonsumsinya. Bukan itu saja, kandungan kolin juga mampu memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan jantung kamu.

Selain terdapat kandungan kolin, juga ada kandungan lain yang tak kalah akan manfaatnya. Ya kandungan lutein dan zeaxanthin, yang mana kedua kandungan ini memiliki manfaat untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh seseorang.

Bahaya Makan Telur Setengah Matang

Selain 3 manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata makan telur setengah matang malam hari juga memiliki dampak buruk. Bukan hanya ketika mengkonsumsinya saat malam hari saja, mengkonsumsi saat pagi, siang, dan sore juga memiliki pengaruh terhadap bahaya berikut

1. Resiko terpapar bakteri yang tinggi

Dampak buruk yang pertama jika mengkonsumsi telur setengah matang adalah resiko terpapar bakteri yang jauh lebih tinggi. Salah satu jenis bakteri yang ada pada telur mentah itu seperti bakteri salmonella.

Ketika kita memasak telur setengah matang tentu bakteri tersebut tidak akan mati secara menyeluruh. Dan ini akan sangat mudah masuk ke dalam tubuhmu ketika dikonsumsi. Apalagi makan telur setengah matang malam hari, bakteri ini akan lebih mudah bekerja dan dapat mengganggu kelancaran regenerasi sel-sel yang rusak dalam tubuh.

2. Menyebabkan gangguan kesehatan

Oleh karena kamu mengkonsumsi telur setengah matang, menyebabkan bakteri salmonella mudah masuk dan bersarang dalam tubuhmu. Karena bakteri inilah akan menimbulkan gangguan kesehatan dalam dirimu. Seperti gangguan pada pencernaan, menyebabkan mual dalam perut, diare, pusing, muntah, hingga dehidrasi parah.

Terlebih jika kamu makan telur setengah matang malam hari, maka ketika esok paginya saat kamu bangun. Bisa mengakibatkan mual dalam perut bahkan muntah.

3. Berkurangnya penyerapan tubuh terhadap nutrisi telur

Beberapa tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1998, terdapat sebuah studi kecil yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition yang mana menyatakan bahwa protein-protein dalam telur akan mudah diserap oleh tubuh ketika telur tersebut dimasak secara matang. Ini jelas, jika kondisi telur belum matang atau baru setengah matang, maka protein-proteinnya akan lebih sulit untuk di serap tubuh.

Lebih jelasnya, ketika telur yang kamu konsumsi itu dalam keadaan yang matang, maka tubuh kamu mampu menyerap kandungan nutrisinya sebanyak 90 persen. Beda halnya ketika kamu mengkonsumsi telur itu dalam keadaan mentah atau setengah matang, maka protein yang bisa diserap tubuh sebanyak 50 persen dari jumlah protein keseluruhan

Tips Aman Untuk Mengolah Telur Setengah Matang

Terlepas dari bahaya dan manfaat makan telur setengah matang saat malam hari, ini ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan jika ingin tetap merasakan nikmatnya telur setengah matang.

1. Pastikan menggunakan telur yang sudah terpasteurisasi

Biasanya, telur setengah matang memiliki bahaya jika dikonsumsi itu karena masih mengandung bakteri salmonella. Di mana bakteri ini dapat menimbulkan tubuh seseorang mengalami dieare, mual, ataupun muntah.

Nah, untuk mencegah bakteri tersebut masih ada pada masakan telur setengah matangmu, kamu harus memperhatikan cara merebus atau memasaknya. Umunya bakteri salmonella akan hilang dalam telur itu jika bagian putih dan kuning telur sudah kenyal atau keras sempurna. Namun pada telur setengah matang ini bisa dikonsumsi apabila telur tersebut telah di terpasteurisasi. Jika sudah terpasteurisasi, bisa dipastikan masakan telur setengah matangmu tidak lagi mengandung bakteri yang namanya salmonella.

2. Cara memasaknya

Cara memasak telur setengah matang yang aman bisa juga kamu lakukan dengan mengikuti langkah berikut.

  • Siapkan panci, air dingin, telur, dan es batu
  • Tuangkan air ke panci dengan permukaan air 2,5 cm lebih tinggi dari puncak telur
  • Rebuslah telur dengan api sedang selama 3 menit, dihitung sejak air mendidih
  • Angkat telur dan langsung celupkan pada air yang berisi es batu.
  • Diamkan kurang lebih selama 1 menit hingga telur dingin
  • Kupas telur
  • Selesai

Setelah mengupas telur, kamu sudah bisa menikmati telur setengah matang ini. Namun perlu diingat, cara ini bisa saja masih terkontaminasi oleh bakteri salmonella.

3. Perhatikan kondisi kesehatan tubuh

Kendati kamu sudah memilih telur yang telah terpasteurisasi dan telah dimasak dengan metode yang benar. Namun kondisi tubuh saat akan memakan telur setengah matang juga harus kamu perhatikan.

Apabila kondisi tubuhmu kurang fit, misalnya sedang mengalami flu, demam, atau kelelahan, bisa saja lebih sensitive akan efek samping dari telur setengah matang ini.

Itulah  4 manfaat dan 3 bahaya makan telur setengah matang malam hari, lengkap juga dengan tips mengkonsumsinya. Semoga artikel ini menambah wawasan kamu!

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *