4 Menu Makan Malam Diet yang Nikmat dan Gak Bikin Gemuk

sumbersehat – Anda bisa memilih makan malam diet yang rendah kalori untuk menjaga berat badan. Siapa bilang Anda tidak boleh makan malam saat menjalani program diet? Meski sedang berusaha menurunkan berat badan, kegiatan makan malam tidak boleh dilewatkan agar kebutuhan nutrisi di dalam tubuh tetap terpenuhi. Makanan yang dikonsumsi untuk makan malam juga tidak boleh sembarangan.

Pilihlah menu makanan yang sehat, seimbang, dan tidak membuat Anda cepat merasa lapar sehingga terhindar dari makan malam yang berlebih. Anda harus memperhatikan beberapa hal agar makan malam yang dilakukan tetap mendukung program diet yang sedang dijalani. Silahkan simak hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyusun menu makanan yang tidak bikin gemuk di malam hari.

makan malam diet

Tips Bahan Makanan untuk Menu Makan Malam Diet

Menu makan malam diet harus mengandung banyak nutrisi namun rendah kalori. Hal ini berarti Anda harus menghindari memasukkan gula saat mengolah makanan. Anda juga dilarang mengonsumsi karbohidrat yang dapat mengakibatkan penumpukan glukosa di dalam tubuh. Berikut adalah bahan makanan yang harus ditambahkan di setiap menu makanan diet yang Anda susun.

Selalu Makan Sayuran

Anda yang sedang melakukan diet wajib menambahkan banyak sayuran dalam porsi makan malam untuk diet yang sedang dijalani. Sayur-sayuran memiliki manfaat yang berlimpah bagi kesehatan karena memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Mengonsumsi sayur terbukti mampu menurunkan risiko terserang penyakit kronis, termasuk kanker.

Saat melakukan diet, Anda harus mengonsumsi makan malam diet yang rendah kalori namun tinggi nilai gizi. Makan banyak sayuran adalah pilihan yang tepat untuk program diet yang dilakukan. Walau dikonsumsi dalam porsi yang banyak, sayuran adalah makanan yang rendah kalori sehingga tidak akan menambah berat badan. Sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.

Sayur adalah makan malam diet murah yang bisa diperoleh dengan gampang. Bahan makanan ini mengandung serat tinggi yang berperan penting dalam program diet Anda. Tubuh membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mencerna serat sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi sayur dapat mengontrol rasa lapar dan menghindari keinginan ngemil.

Serat di dalam sayuran dibutuhkan untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Dia juga dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah serta dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Makan malam diet dengan menu sayuran sangat baik untuk mendapatkan kalsium, silika, magnesium, dan mineral lain yang dibutuhkan bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang serta gigi.

Olahlah sayur menjadi menu makan malam yang simple untuk diet tanpa menggunakan minyak atau lemak. Anda dapat memasak dengan cara mengukus atau merebusnya. Anda juga dapat mengonsumsi sayuran dalam bentuk mixed juice, yaitu minuman jus yang dibuat dengan cara menggabungkan beberapa jenis sayur. Jangan tambahkan gula atau pemanis buatan saat membuat minuman ini.

Jangan Lupakan Protein

Protein termasuk zat yang paling berperan dalam keberhasilan program diet. Mengonsumsi banyak protein dalam makan malam diet dapat membuat perut merasa kenyang sehingga mengurangi nafsu makan. Anda akan makan lebih sedikit sepanjang hari dan menahan keinginan untuk mengemil di luar jam makan. Hal ini berarti Anda telah mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Asupan protein di dalam tubuh dapat mengubah hormon yang berperan dalam pengaturan berat badan. Protein meningkatkan kadar hormon pengurang nafsu makan seperti peptide, kolesistokinin, serta GLP-1. Protein juga dapat menurunkan kadar ghrelin, yaitu hormon penyebab rasa lapar. Hal ini dapat menghindari Anda mengonsumsi kalori sehingga dapat mendukung program diet yang sedang dijalani.

Protein di dalam tubuh akan digunakan untuk mencerna dan melakukan proses metabolisme di dalam tubuh. Menambahkan sejumlah besar protein di dalam makan malam diet akan meningkatkan proses metabolisme. Hal ini berarti juga membantu tubuh untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang waktu, termasuk di saat tidur.

Ada berbagai macam sumber protein yang bisa dimanfaatkan, namun hindari protein yang berasal dari binatang berkaki empat. Ini juga termasuk menjauhi produk turunannya seperti susu, mentega, dan keju. Penuhi sumber protein dari kacang-kacangan, termasuk produk olahannya seperti tempe, tahu, dan susu kedelai. Anda juga bisa memperoleh protein dari ikan laut, telur, dan dada ayam tanpa kulit.

Anda bisa memanggang atau merebus bahan makanan seperti dada ayam atau ikan salmon untuk makan malam diet. Anda diperkenankan menumis potongan ayam dengan menambah sedikit kaldu agar rasanya lebih nikmat. Gunakan minyak sayur atau minyak yang berasal dari biji-bijian. Vegetarian bisa mendapatkan sumber protein dari kacang-kacangan, tempe, tahu, dan juga jamur.

Buah Segar

Semua jenis buah segar sangat efektif untuk membantu program diet yang sedang Anda lakukan. Seperti halnya sayuran, mengonsumsi buah dalam porsi besar sebagai makan malam diet tidak akan membuat berat badan bertambah. Buah kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Serat ini juga membuat perut cepat kenyang dan dapat meredam nafsu makan.

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori. Saat mengalami dehidrasi, umumnya orang akan cenderung merasa haus dan lapar. Rasa haus dan lapar ini bisa menyebabkan seseorang makan makanan dan minuman tidak sehat. Mengonsumsi semangka dapat menghidrasi tubuh. Hal ini akan mencegah Anda dari keinginan makan sembarangan akibat kekurangan cairan.

Pir dan apel sangat mudah dibawa ke mana saja sebagai cemilan. Buah pir kaya serat pektin yang terbukti mampu menekan nafsu makan. Baik pir dan apel kaya serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Buah-buahan ini mampu menyeimbangkan kadar gula di dalam darah. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes, kolesterol, dan penyakit jantung.

Jangan Hindari Lemak Sehat

Saat melakukan diet, Anda pasti menjauhi semua makanan yang berbau lemak. Sebenarnya jangan hindari lemak karena zat ini juga sangat diperlukan oleh tubuh bagi kelangsungan proses metabolisme. Tambahkan lemak yang baik bagi tubuh, yaitu lemak tak jenuh tunggal, dalam makan malam diet. Aneka jenis kacang seperti kacang almond yang dipanggang sangat baik untuk tubuh Anda.

Mengonsumsi kacang almond dapat menurunkan kadar gula di dalam darah. kacang almond dapat mengatasi kolesterol sehingga membantu mengurangi risiko terkena penyakit darah tinggi dan serangan jantung. Kacang almond mengandung serat pangan nabati yang bersifat mengenyangkan dan tahan lama, sehingga sangat membantu dalam program penurunan berat badan.

Mengonsumsi coklat hitam juga dapat menurunkan berat badan. Coklat hitam mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan flavonoid yang berperan menghambat pemecahan lemak dan karbohidrat di dalam tubuh sehingga mencegah timbunan lemak di dalam tubuh. Makan coklat hitam sebelum dan sesudah makan akan menyebabkan perut cepat merasa kenyang.

Demikianlah tips bahan makanan untuk makan malam diet yang dapat digunakan sebagai patokan saat menyusun menu diet. Meski telah berdiet, jangan lupa untuk selalu melakukan olahraga secara teratur tiga kali seminggu agar tubuh tetap bugar. Jangan lupa untuk rajin minum air putih minimal dua liter sehari untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Semoga artikel ini bermanfaat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu secara alami merupakan cara yang paling bagus untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *