10 Macam Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat, Aman dan Mudah Didapatkan

Jaman sekarang sangat sulit terhindar dari yang namanya gorengan, junk food dan makanan lainnya yang bisa memicu penyakit serius, salah satu penyakit serius itu adalah kolesterol. Risiko penyakit kolesterol bisa diturunkan dengan mengonsumsi 10 Macam Sayuran Penurun Kolesterol paling Cepat untuk Anda sebagai berikut :

A. Sayuran Dan Pengolahannya

Sayuran sudah sejak lama dikenal menjadi salah satu cara ampuh mengobati berbagai macam penyakit. Sayuran adalah jenis bahan pangan yang berasal tumbuhan yang umumnya dikonsumsi secara segar ataupun diolah dengan bahan pangan lainnya. Untuk pengidap kolesterol, pengolahan sayuran disarankan dengan cara direbus ,dipanggang, atau pengolahan lainnya yang tidak menggunakan banyak minyak ataupun pengapian yang berlebihan karena mampu menghilangkan serat yang berperan dalam penyerapan kadar kolesterol jahat (LDL).

B. Macam Sayuran Penurun Kolesterol

Berikut ini adalah macam macam sayuran penurun kolesterol antara lain :

1. Wortel

Wortel dengan nama latin Daucus carota ini merupakan salah satu jenis sayuran penurun kolesterol paling cepat yang banyak kita jumpai. Wortel yang sering dijumpai merupakan jenis umbi berwarna jingga dikenal mengandung banyak vitamin A untuk kesehatan mata.

Selain berperan dalam kesehatan mata, wortel juga merupakan alah satu macam sayuran penurun kolesterol. Menurut studi, wortel terbukti menurunkan kolesterol karena mengandung serat berupa selulosa, hemiselulosa, lignin yang mampu menyerap kolesterol dari saluran pencernaan. Anda bisa mengolah wortel  sebagai contoh sup, jus, dan berbagai makanan yang lainnya.

2. Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu jenis sayuran penurun kolesterol paling cepat yang berupa biji yang dihasilkan dari tumbuhan polong. Kacang tidak hanya mengandung protein dan lemak baik tetapi juga fitosterol dan banyak serat yang mampu menurunkan LDL. Sebagai contoh seorang peneliti di Kanada melakukan riset tentang kacang polong terhadap penurunan kadar kolesterol.

Hasilnya menunjukkan bahwa kacang polong terbukti menurunkan kolesterol sebanyak 5%. Begitu pula pada kacang panjang yang mengandung 2,6 gram serat  dari 150 gram kacang panjang. Anda bisa mengolah kacang ke dalam berbagai masakan atau dijadikan camilan sehat. Adapun jenis kacang-kacangan antara lain:

a. Kacang Arab (Cicer arietinum)

b. Kacang Hijau (Vigna radiata)

c. Kacang Kapri (Pisum sativum)

d. Kacang Kedelai (Glycine)

e. Kacang Tanah (Arachis hypogaea)

f. Kacang Panjang (Phaselous vulgaris) dll.

3. Kentang

Kentang merupakan salah satu macam sayuran penurun kolesterol yang berupa umbi batang berwarna kuning kecokelatan. Kentang dengan nama latin Solanum tuberosum ini tidak hanya dikenal sebagai pengganti Karbohidrat dalam Nasi tetapi juga sebagai bahan pangan penurun kolesterol. Kentang mengandung serat larut yang berperan penting dalam penurunan kadar kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa dalam satu kentang memiliki serat larut sebanyak 5 gram. Anda bisa mengolah kentang sebagai bahan utama atau campuran dalam masakan. Selain itu, sangat disarankan jika dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya.

4. Lobak

Lobak merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki ciri fisik hampir sama dengan Wortel. Namun lobak memiliki warna putih baik isinya maupun kulitnya. Penelitian menunjukkan bahwa setiap setengah cangkir porsi lobak mengandung serat sebanyak 3 gram. Anda bisa mengolah lobak sebagai campuran masakan.

5. Terong

Terong merupakan salah satu macam sayuran penurun kolesterol yang berupa buah lonjong dengan warna ungu ataupun hijau. Terong dengan nama latin Solanum melongena ini mengandung 2,4 gram dalam secangkir terong 94 gram. Anda bisa mengolah terong sebagai bahan utama masakan, jus atau campuran dalam masakan.

6. Okra

Okra merupakan salah satu macam sayuran penurun kolesterol paling cepat yang berbentuk seperti cabai hijau dengan bulu halus di kulitnya. Okra dengan nama latin Abelmoschus esculentus ini memiliki banyak serat. Penelitian di America Heart Association (AHA) menunjukkan bahwa dalam 100 gram porsi Okra, terdapat 3,2 gram serat. Oleh sebab itu Okra disebut sebagai sayuran penurun kolesterol paling efektif bagi pengidap kolesterol tinggi. Anda bisa mengolah Okra sebagai campuran masakan, atau sebagai lalapan.

7. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran penurun kolesterol yang banyak dijumpai. Bayam dengan nama latin Amaranthus sp. ini  mengandung banyak sekali serat. Penelitian menunjukkan bahwa dalam satu cangkir bayam mengandung 6 gram serat. Pengolahan bayam sebagai sayur bening dan perpaduan wortel sangat disarankan untuk dikonsumsi pengidap kolesterol. Namun Anda juga bisa mengolah bayam sebagai jus atau berbagai masakan lainnya.

8. Kale

Kale merupakan salah satu macam sayuran penurun kolesterol yang masih satu jenis dengan kubis, kembang kol, brokoli dan sawi. Meskipun Kale sangat jarang dijumpai, kale dengan nama latin Brassica oleracea acephala ini dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa dalam satu gelas kale mentah mengandung 2,5 gram serat. Pengolahan kale sama halnya dengan kubis dan sawi, Anda bisa mengolahnya sebagai tumisan atau sebagai salad. Adapun banyak jenis kale antara lain :

a. Kale berdaun keriting

b. Kale berdaun datar

c.  Kale berwarna hijau kebiruan, dll.

9. Bawang Putih

Hampir semua orang mengenali bahan pangan satu ini. Bawang putih merupakan salah satu sayuran penurun kolesterol paling cepat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Hampir semua masakan pasti menggunakan sayuran satu ini. Bawang putih dengan nama latin Allium sativum ini mengandung senyawa Allicin yang berperan menurunkan kolesterol. Ada 2 penelitian tentang kolesterol, penelitian pertama yang dilansir dari Times of India menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih mampu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 7 %. Penelitian kedua menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi tablet ekstrak bawang putih selama 6 minggu mampu menurunkan kolesterol sebanyak 17% dan mampu meningkatkan lemak baik sebanyak 15%. Sebagai warga negara Indonesia, kita sangat beruntung karena sering menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan dan merasakan khasiatnya secara tidak langsung.

10. Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran penurun kolesterol paling cepat yang banyak dijumpai sama halnya dengan wortel dan bayam. Tomat dengan nama latin Solanum lycopersicum ini memiliki bentuk bulat berwarna merah dan hijau. Menurut penelitian, warna merah pada tomat inilah yang mampu menurunkan kolesterol atau disebut Likopen. Orang yang mengkonsumsi likopen setiap hari sebanyak 25 mg mampu menurunkan LDL atau kolesterol sebanyak 10%. Anda bisa mengolah tomat sebagai campuran dalam sayur bening, atau sayur lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya sebagai jus.

B. Tips Cepat Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi sayuran sangat penting dalam menurunkan kolesterol tetapi Anda juga bisa mengikuti beberapa tips yang mampu mempercepat penurunan kolesterol selain hanya mengonsumsi sayuran saja antara lain :

1. Mengurangi makanan berlemak jenuh seperti junk food, gorengan dan sebagainya.

2. Menghindari makanan yang mengandung lemak trans seperti kerupuk, biskuit dan kue.

3. Mengganti makanan dengan ikan atau bahan pangan lain yang mengandung asam lemak Omega

4. Memperbanyak buah yang mengandung serat larut seperti apel dan pir.

Olahraga.

Penjelasan di atas tersebut adalah 10 macam sayuran penurun kolesterol paling cepat untuk Anda. Pemilihan sayuran dan pengolahannya berpengaruh terhadap berhasilnya penurunan kolesterol Anda.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *