Macam-macam Latihan untuk Meningkatkan Kekuatan Otot Perut, Simak!

sumbersehat.com – Salah satu target yang sering dibidik pertama kali dalam membentuk tubuh ideal adalah perut. Yap, perut buncit tentu menjadi hal yang ingin dihilangkan oleh sebagian orang yang mengalami keluhan ini. Dengan mengetahui macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut, niscaya tampilan perut yang rata atau sixpack dapat diperoleh.

Macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut belakangan ini semakin banyak dipelajari oleh orang – orang dari berbagai kalangan. Mulai dari muda-mudi yang mengidamkan bentuk tubuh ideal, hingga para wanita dan pria dewasa yang merindukan kesempurnaan penampilan ketika masih di umur belasan. Tak hanya demi keindahan postur semata, para pejuang olahraga ini bahkan bisa meningkatkan kekuatan otot.Yuk, simak uraian berikut!

Macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut

Macam-macam Latihan untuk Meningkatkan Kekuatan Otot Perut

Jika Anda adalah satu dari mereka yang sedang berusaha keras untuk menjalankan latihan otot perut, berikut ini akan dibahas latihan-latihan mudah yang dapat dicoba sendiri:

Persiapkan Hal-hal Berikut sebelum Latihan

Prolog kali ini akan berlaku untuk beberapa poin macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut berikutnya. Pertama, jika Anda ingin merasa lebih nyaman selama melakukan latihan, silakan gunakan matras yang empuk sebagai alas. Hal ini menjadi penting karena beberapa bentuk latihan kekuatan otot perut akan mengharuskan siku Anda bersentuhan dengan lantai, sehingga berpotensi menyebabkan luka ringan.

Karena dalam bergerak diperlukan energi yang cukup, maka disarankan makan terlebih dahulu paling lambat satu jam sebelum latihan. Bagi Anda yang sudah sering berolahraga tentu tahu bagaimana sensasi yang ditimbulkan jika jarak makan dan latihan terlalu dekat. Hal tersebut diterapkan juga untuk konsumsi air minum, ya. Tidak ingin merasa kekenyangan dan begah saat latihan, bukan?

Leg Raise Clap

Bentuk latihan yang pertama dapat Anda lakukan dengan berbaring di atas matras, kaki dan tangan diposisikan sejajar dengan tanah. Angkat kedua kaki Anda ke atas hingga membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh, kemudian angkat tubuh Anda mendekati lutut, hingga kedua tangan tangan dapat seolah – olah bertepuk. Selanjutnya kembali ke posisi terlentang dengan kaki yang tidak benar – benar disentuhkan ke lantai, sehingga ringan untuk diangkat kembali.

Lakukan gerakan tersebut beberapa kali sebagai salah satu macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Pastikan punggung Anda menyentuh matras secara sempurna ketika kedua kaki sedang diarahkan ke bawah untuk menghindari cedera punggung. Jangan lupa untuk mengatur napas dan menjaga agar otot di bagian perut terasa keras.

Spiderman Plank

Sesuai dengan namanya, satu gerakan dari macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut ini dilakukan seperti gerakan Spider Man. Posisikan tubuh menghadap matras, dengan tumpuan kedua tangan tegak lurus dandan badan seperti push-up statis. Kemudian gerakkan kedua kaki menekuk ke samping kanan dan kiri secara bergantian, seperti seorang Spider Man yang sedang merangkak namun tak berpindah tempat.

Latihan ini sangat cocok dilakukan jika Anda ingin membakar kalori di kaki dalam satu waktu. Karena fokus kali ini adalah latihan kekuatan otot perut, maka jangan lupa untuk selalu menahan bagian perut agar tetap solid dan keras. Silakan ulangi gerakan ini beberapa kali dengan tetap memperhatikan hitungan napas. Usahakan untuk terpusat pada pembakaran otot perut, sehingga tetap bersemangat ketika latihan.

Cross Body Mountain Climber

Satu gerakan macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut adalah kebalikan dari Spiderman Plank, yang mana berbeda pada gerakan kaki. Crossbody Mountain Climber dilakukan dengan menggerakan kaki mendekati tubuh, dengan posisi tubuh yang masih sama. Contoh latihan otot perut yang satu ini normalnya dilakukan dengan gerakan yang lebih cepat dibandingkan dengan Spiderman Plank.

Russian Twist

Gerakan untuk latihan otot perut tanpa alat kali ini terbilang santai, karena dapat dilakukan dengan posisi duduk. Silakan duduk di atas matras dengan kaki diarahkan ke depan, ditekuk hingga membentuk sudut sekitar 45 derajat. Rapatkan kedua tangan Anda dengan posisi seperti melipat di atas meja, kemudian ayunkan ke kanan dan ke kiri dengan tetap memperhatikan napas dan ketahanan perut. Baca juga 10 Olahraga Untuk Menjaga Kesehatan Otot dan Tulang, Lakukan Yuk!

Jika dilihat sekilas memang salah satu dari macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut ini seolah mudah. Namun jangan terkecoh, ketika Anda melakukannya dengan sempurna maka sensasi panas akan terasa akibat pembakaran kalori yang luar biasa. Tetaplah menjaga kesesuaian napas dan gerakan maksimal ketika melakukan latihan ini demi mendapat hasil terbaik.

In & Out

Macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut yang satu ini bagus sekali dilakukan untuk latihan otot perut bawah. Posisi awal yang dapat Anda lakukan adalah duduk dengan kaki ditekuk seperti Russian Twist di poin sebelumnya. Letakkan kedua tangan Anda di belakang untuk menopang tubuh yang menjauhi kedua kaki. Lakukan gerakan meluruskan dan menekuk kaki secara teratur dan berirama. 

Masih sama dengan macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut yang lain terkait dengan pengkondisian perut. Pada latihan kali ini, akan sangat terasa pembakaran di bagian perut jika Anda melakukannya dengan baik dan benar. Intinya adalah kencangkan perut, pengaturan napas dan fokus.

Plank with Hip Dips

Satu teknik yang termasuk macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut ini terbilang menyenangkan. Anda hanya perlu memposisikan tubuh menghadap matras, dengan kedua siku menopang tubuh seperti latihan plank biasa. Kemudian gerakan keseluruhan tubuh ke kanan dan ke kiri dengan ujung jari kaki sebagai poros. Usahakan untuk tetap stabil dan terfokus pada bagian tubuh yang dilatih.

Plank Jacks

Gerakan lanjutan dari Plank with Hip Dips adalah Plank Jacks, namun kali ini kedua tangan sebagai penopang tubuh diarahkan tegak lurus. Lakukan gerakan membuka dan menutup kaki dengan posisi yang masih sama seperti sebelumnya. Hentakan atau loncatan kecil diperlukan pada saat melakukan latihan ini, supaya gerakan kaki menjadi ringan. Latihan otot perut di rumah yang satu ini juga sekaligus membantu melatih otot kaki Anda.

Demikianlah macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut yang bisa dengan mudah Anda lakukan di rumah. Bagi Anda yang memiliki alokasi dana untuk kegiatan olahraga semacam ini, maka boleh saja melakukan latihan otot perut di gym. Bahkan beberapa alat bantu dapat Anda gunakan sebagai properti pendukung dalam melatih otot perut.

Anda para wanita yang tidak memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk pergi ke gym, silahkan lakukan macam-macam latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut seperti yang dijabarkan di atas. Otot perut wanita juga dapat dilatih supaya lebih kuat dan terlihat atletis, loh! Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi tubuh, ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menjaga kesehatan tenggorokan

Simak, 10 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan Agar Corona Menghindar!

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan tenggorokan menjadi ramai diperbincangkan terlebih saat pandemi menyerang. Masyarakat kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *