[6] Macam-Macam Kanker Pada Wanita dan Cara Mencegahnya dengan Cepat

Mengenal macam-macam kanker pada wanita amatlah penting. Kanker memang bisa menyerang siapa saja, termasuk kaum wanita. Macam-macam kanker pada wanita perlu diketahui agar bisa diambil tindakan yang baik untuk mengobati atau mencegahnya. Karenanya, penting untuk mengenali sekaligus memahami macam-macam kanker pada wanita.

Pada dasarnya, ada beberapa jenis dan macam yang amat berbahaya yang bisa diidap oleh kaum wanita. Apa saja macam-macam kanker pada wanita? Berikut ini adalah macam-macam kanker pada wanita yang perlu dipahami dan diketahui.

1. Mengenali Jenis dan Macam Kanker pada Wanita

Pria dan wanita sama-sama berpotensi mengidap kanker. Pada kaum wanita, ada sejumah jenis kanker berbahaya yang mematikan. Sangat penting untuk mengetahui jenis kanker pada wanita yang mematikan. Apa saja jenis kanker pada wanita yang perlu diketahui? Berikut ini beberapa contohnya.

Kanker Serviks

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah jenis kanker yang amat berbahaya bagi kaum perempuan atau wanita. Kanker ini menyerang rahim penderitanya. Pada kanker serviks ini, akan muncul tumor di bagian uretus wanita. Kanker serviks ini sangat mematikan dan amat berbahaya. Jadi, pastikan penanganan cepat dilakukan agar kanker ini tak semakin parah.

Kemunculan kanker serviks ini biasanya tanpa gejala. Namun dalam beberapa kasus, ada tanda dan gejala yang muncul pada kanker serviks. Seperti terjadi pendarahan pada rahim atau sering merasa sakit pada bagian perut bawah. Segera hubungi dokter jika mengalami gejala sakit luar biasa pada bagian perut bawah atau rahim.

Kanker Payudara

Kanker payudara juga jadi kanker yang menyerang wanita. Kanker payudara ini ditandai dengan keberadaan benjolan pada bagian payudara. Benjolan yang awal kecil jadi makin besar seiring berjalannya waktu. Jangan diamkan saja jika sudah mengalami hal seperti itu. Karena jika terlambat penanganan, bisa berakibat fatal.

Dari data pemerintah Indonesia, wanita yang mengalami kanker payudara jumlahnya terus meningkat. Hal ini jadi ancaman yang sangat serius bagi wanita atau kaum hawa. Cara untuk mengatasi atau mengobati kanker ini adalah dengan operasi. Namun alangkah lebih baik jika ada tindak pencegahan terhadap kanker ganas nan berbahaya ini.

Kanker Rahim

Selain di leher rahim, kanker juga bisa menyerang rahim wanita langsung. Kanker rahim ini tak kalah bahayanya dengan kanker serviks maupun payudara. Penderitanya bisa meninggal karena virus kanker menyebar dengan cepat di bagian rahimnya. Untuk itu, penanganan medis yang tepat dan cepat sangat penting untuk para penderita kanker rahim ini.

Gejala yang biasa terjadi bagi para penderita kanker rahim cukup bervariasi. Contohnya antara lain; rasa sakit luar biasa saat berhubungan seksual, rasa sakit saat kencing, hingga rasa nyeri pada bagian perut dan pinggul. Jika menemui tanda atau ciri-ciri seperti itu, sangat disarankan untuk pergi ke rumah sakit atau klinik terdekat untuk periksa.

Kanker Kulit

Jenis kanker selanjutnya yang kerap menyerang wanita dan perempuan adalah kanker kulit. Seperti namanya, kanker ini menyerang bagian kulit manusia. Sel kanker akan menyerang bagian kulit untuk kemudian menyebar ke berbagai bagian tubuh lainnya. Kanker kulit ini memang kerap dianggap remeh. Padahal, efeknya bisa sangat fatal kepada para penderitanya.

Gejala awal dari kanker kulit ini sebenarnya bisa diketahui dengan cukup mudah dan sederhana. Yakni keberadaan tahi lalat baru di tubuh atau terdapat perubahan dari tahi lalat yang sudah ada. Jika mengetahui perubahan-perubahan tersebut, kita perlu tingkatkan kewaspadaan.

Kanker Otak

Wanita atau perempuan juga punya resiko tinggi terserang kanker otak. Kanker jenis ini tak kalah bahayanya dengan jenis yang lain. Pasalnya, yang diserang adalah organ pusat yang menggerakkan segala macam saraf pada tubuh. Kanker ini menyerang fungsi saraf pada tubuh yang berujung pada tidak berfungsinya otak penderitanya. Ini adalah jenis kanker yang sangat menyiksa.

Keberadaan kanker otak ini diawali dari sel-sel kanker yang menyebar ke berbagai bagian tubuh. Utamanya pada bagian saraf. Penyebarannya sangat tak wajar sehingga penderita bisa mengalami kelumpuhan atau hilang ingat secara mendadak. Kanker otak biasa ditandai lewat terganggunya pencernaan dan luka yang tak kunjung sembuh. Kanker otak termasuk macam-macam kanker pada wanita yang paling berbahaya dan mematikan.

Kanker Darah

Jenis kanker selanjutnya yang kerap menyerang wanita adalah kanker darah atau bisa disebut juga dengan leukimia. Ini adalah jenis kanker yang sulit diatasi karena sangat berbahaya. Kanker darah ini memang tak hanya menyerang kaum wanita saja. Kaum adam pun sangat berpotensi terserang kanker mematikan ini.

Leukimia terjadi ketika sel-sel kanker menyerang sel darah pada tubuh. Serangan yang masif pada sel darah ini memberikan efek yang luar biasa bagi tubuh. Mereka yang sudah terkena kanker darah akan sulit bergerak, kemudian demam tiada henti, dan juga kesulitan buang air besar. Hal-hal menyiksa ini akan dialami oleh para penderita kanker darah atau leukimia.

2. Mencegah Serangan Kanker

Pada dasarnya, kanker sangat sulit untuk disembuhkan. Penyembuhan memang bisa dilakukan namun memerlukan waktu, tenaga dan biaya yang luar biasa. Namun kanker sebenarnya bisa dicegah dengan berbagai macam cara. Berikut ini beberapa cara atau langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan kanker.

Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan jadi hal penting dalam upaya pencegahan kanker. Contohnya adalah dengan menghindari aneka makanan yang diolah dengan cara dibakar. Misalnya sate dan ikan bakar. Jenis makanan tersebut sebaiknya tak dikonsumsi bagi orang yang tak ingin terserang kanker. Selain itu, kita juga harus meningkatkan konsumsi makanan sehat. Seperti buah dan sayuran. Hindari makanan yang berpotensi membuat badan atau tubuh jadi makin parah.

Giat Olahraga

Orang yang jarang berolahraga punya resiko lebih besar terserang kanker. Fakta ini membuat kita harus sering beraktivitas di luar ruangan, terutama olahraga. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dijadikan pilihan. Misalnya jogging atau senam. Dengan intensitas dan waktu yang tepat, olahraga bisa jadi cara ampuh untuk mencegah penyebaran sel kanker.

Jauhi Rokok

Rokok memang jadi candu bagi sebagian wanita. Padahal, zat yang ada pada rokok sangatlah berbahaya bagi tubuh. Kita tentu sudah paham mengenai resiko kanker yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi rokok. Itu adalah peringatan yang tak main-main. Jika tak ingin terkena kanker yang mematikan, jauhi rokok.

Hindari Minuman Beralkohol

Sama seperti rokok, minuman beralkohol juga berbahaya bagi kaum wanita. Minuman yang punya kandungan alkohol sangatlah berbahaya bagi wanita. Jika dikonsumsi secara terus-menerus, badan jadi rusak dan akibatnya penyakit kanker bisa dengan mudah menyerang.

Itulah tadi macam-macam kanker pada wanita yang perlu dipahami serta diketahui. Dengan memahami macam-macam kanker pada wanita, kita bisa melakukan berbagai macam tindakan pencegahan yang baik dan terukur. Dengan demikian maka penyakit kanker wanita bisa ditekan dengan baik pakai metode pengobatan yang tepat.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

5 Manfaat Garam Untuk Kulit Gatal yang Jarang Orang Tahu

5 Manfaat Garam Untuk Kulit Gatal yang Jarang Orang Tahu

Bukan hanya digunakan sebagai penyedap rasa bumbu dapur saja, ternyata garam dapat digunakan sebagai obat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *