4 Alasan Kamu Mengalami Maag dan Sakit Kepala Bersamaan, Jarang Orang Sadari

Maag dan sakit kepala terkadang dirasakan bersamaan oleh beberapa orang. Tapi, apakah hal tersebut bisa dikatakan wajar atau malah mengindikasikan bahwa orang tersebut memiliki penyakit lain? Untuk memahaminya dengan baik kamu harus melakukan diagnosa atau konsultasi dengan ahli medis yang paham dengan hal tersebut.

Namun sebelum kamu melakukan konsultasi, artikel ini juga akan membantu kamu memahami kenapa hal tersebut bisa terjadi secara bersamaan hingga langkah dan cara yang tepat digunakan untuk mengatasinya.

1. Pengertian Maag dan Sakit Kepala

  • Maag, biasa diartikan sebagai kondisi dimana seseorang merasakan sakit pada bagian lambung. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal dan menyerang semua orang dengan berbagai usia. Banyak orang mengira bahwa maag mudah untuk disembuhkan.
  • Sakit Kepala, merupakan keadaan dimana seseorang merasakan nyeri pada bagian kepala. Penyakit ini bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit yang paling sering dirasakan manusia hingga membuat penyakit ini dianggap biasa dan dianggap remeh.

2. Gejala Penyakit

Karena merupakan penyakit, maka maag dan sakit kepala ini memiliki beberapa gejala yang khas agar kamu bisa mengetahui penyakit apa yang sedang kamu rasakan tersebut. Berikut adalah beberapa gejala dari keduanya.

  1. Gejala Maag
  2. Perut kembung
  3. Merasakan mual
  4. Mudah sendawa
  5. Berat badan menurun
  6. Nafsu makan menurun
  7. Asam lambung melonjak naik
  8. Gejala Sakit Kepala
  9. Nyeri di bagian kepala
  10. Berlangsung minimal sehari
  11. Jika sakit kepala ringan maka bisa hilang dengan istirahat atau tidur

3. Penyebab

Penyebab dari maag atau sakit kepala mungkin sudah banyak diketahui orang. Tapi, akan tetap penulis jabarkan apa – apa saja yang menjadikan alasan kamu bisa terkena maag atau sakit kepala. Berikut adalah lengkpanya.

  1. Penyebab Maag
  2. Makan secara tidak teratur atau sering telat makan. Kemudian, ketika makan langsung menghabiskan porsi besar. Hal tersebut biasanya akan membuat kinerja lambung berlebihan membuat asam lambung naik.
  3. Penggunaan obat secara berlebihan juga bisa membuat keadaan lambung menjadi tidak baik
  4. Minum alkohol
  5. Stress
  6. Penyebab Sakit Kepala
  7. Banyak pikiran, biasanya ketika orang banyak pikiran maka akan membuat kepala menjadi nyut-nyutan
  8. Tekanan darah tinggi
  9. Kekurangan oksigen
  10. Otot tegang

4. Jenis Jenis

Ternyata, maag dan sakit kepala terbagi menjadi beberapa bagian. Klasifikasi tersebut biasanya didasari dengan tingkat keparahan penyakit tersebut yang kamu rasakan. Berikut adalah keterangan tiap jenisnya.

  1. Jenis Jenis Maag
  2. Maag ringan, maag jenis ini masih bisa dikatakan sebagai maag yang wajar dan masih mudah disembuhkan. Gejala yang dirasakan pun masih belum banyak mungkin hanya merasa sakit pada bagian perut terutama bagian lambung.
  3. Maag sedang, maag pada tingkat kedua ini sudah lebih berbahaya dibandingkan yang jenis ringan. Pada tahap ini, si penderita akan mulai merasakan gejala lebih lanjut seperti mual dan nyeri.
  4. Maag kronis, maag tipe ini lebih parah dari 2 jenis sebelumnya. Biasanya disertai dengan gejala mual – mual hingga sering muntah. Untuk mengetahui si penderita mengalami maag kronis maka perlu pemeriksaan dokter lebih lanjut.
  5. Kanker lambung, tipe ini merupakan jenis maag paling berbahaya karena sudah menjorok pada gejala kanker. Biasanya diakibatkan oleh parasite seperti Helycobacter pylori.
  6. Jenis Jenis Sakit Kepala
  7. Sakit kepala tegang, jenis ini merupakan sakit kepala yang paling biasa. Hampir semua manusia pernah mengalami jenis yang satu ini. Rasa sakitnya biasa dirasakan selama setengah hingga satu jam saja.
  8. Migrain, jenis ini pasti sering kamu dengar di iklan obat – obat sakit kepala. Jenis ini merupakan sakit kepala sebelah secara berulang dengan kepala yang berdenyut – denyut. Biasanya bisa diredakan dengan hanya meminum obat.
  9. Cluster, mirip dengan migraine yaitu sakit kepala sebelah. Bedanya rasa sakit jenis cluster lebih insten dan dalam sehari bisa menyebabkan rasa sakit sebanyak delapan kali. Rasa sakitnya muncul pada waktu yang bersamaan, misalnya hari ini merasakan pukul 7 pagi maka besok juga pada jam segitu.
  10. Hipnik, jenis ini sangat langka karena biasa dirasakan oleh orang dengan usia lanjut. Biasa dirasakan selama 3 jam. Saking tidak nyamannya, si penderitas bisa terbangun dari tidur karena kesakitan.

Bisakah Keduanya Dirasakan Bersamaan?

Pertanyaan yang sering dilontarkan adalah apakah 2 penyakit ini bisa dirasakan secara bersamaan? Jawabannya adalah bisa dengan beberapa catatan. Berikut adalah alasan mengapa maag dan sakit kepala dirasakan bersamaan?

  • Gangguan pencernaan. Karena sakit maag merupakan salah satu penyakit pencernaan maka bisa menyebabkan sakit kepala juga. Jadi, sakit kepala menjadi salah satu akibat dari maag. Pasti banyak yang bertanya bagaimana hubungannya, bukankah letak organ pencernaan dan kepala jauh? Jadi, hal tersebut sudah dibuktikan dengan penelitian dan menunjukkan bahwa hal tersebut berhubungan hormone serotonin. Gangguan pencernaan membuat penurunan hormone serotonin yang biasa bertugas membawa sinyal antar jaringan saraf.
  • Gejala POTS, jika kamu merasakan maag dan sakit kepala bersamaan maka bisa jadi kamu mengalami POTS. Selain itu gejala lain yang bisa kamu rasakan adalah jantung berdebar dan mudah lelah.
  • Terjadi penumpukan gas, ketika gas dalam tubuh menumpuk maka bisa membuatmu merasakan sakit lambung dan pusing. Hal tersebut dikarenakan penumpukan gas tersebut memberikan tekanan pada sfingter esophagus sampai masuk ke otak
  • Postural, jika kamu mengalai postural, kamu bisa merasakan keduanya bersamaan diakibatkan oleh jumlah darah yang sedikit kembali ke jantung saat menggerakkan tubuh misal mengubah posisi tidur menjadi berdiri.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika kamu sedang mengalami maag dan sakit kepala maka perlu langsung diobati. Cara mengobatinya bisa menggunakan cara mudah sampai cara yang sulit. Berikut adalah beberapa caranya dan penjelasannya.

  • Cara mengatasi maag
  • Mengkonsumsi obat – obatan, jadi kamu perlu mengkonsumsi obat yang bisa menurunkan produksi asam pada tubuh. Kandungan obat yang dimaksud yaitu dexlansoprazole,rabeprazole, dan omeprazole.
  • Konsumsi teh hijau, teh hijau yang dikonsumsi bagi tubuh bisa mengurangi jumlah H. pylori di saluran pencernaan. H. pylori adalah salah satu penyebab maag. Selain teh hijau, kamu juga bisa mengkonsumsi teh hitam.
  • Kurangi porsi makan, maag diakibatkan karena pola makan tidak teratur. Jadi, ketika kamu sakit maag usahakan kurangi porsi makan tapi makanlah dengan lebih sering. Hal tersebut untuk membuat lambung bisa beradaptasi lagi.
  • Jangan langsung tidur setelah makan, ketika setelah kamu makan terus langsung tidur maka itu akan mempersulit lambung dalam mencerna makanan. Jadi, untuk mengobati maag hindarilah hal tersebut.
  • Cara mengatasi sakit kepala
  • Kelola stress, jika kamu bisa mengelola stress dengan baik maka sakit kepala akan bisa menurun.
  • Minum obat, obat yang dimaksud adalah obat yang mengandung Pereda sakit kepala. Biasa dikonsumsi sehari 3x.

Itulah hal penting mengenai maag dan sakit kepala yang ternyata keduanya bisa dirasakan secara bersamaan karena beberapa faktor. Untungnya, penyakit ini masih bisa diobati dan bisa dicegah agar tidak semakin parah.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *