Larutan Obat Sakit Gigi Alami yang Efektif Menyembuhkan di Malam Hari

By

Larutan Obat Sakit Gigi Alami yang Efektif Menyembuhkan di Malam Hari. Sakit gigi adalah salah satu keluhan yang paling umum dan bisa sangat menyakitkan sekaligus melemahkan. Ini bisa terjadi kapan saja, dan biasanya tanpa peringatan apa pun. Namun anehnya, rasa sakit ini cenderung terjadi pada malam hari dimana sebagian besar klinik gigi sudah tutup. Sementara itu, menunggu hingga esok hari akan terasa sangat menyiksa.

Rasa sakit yang berdenyut-denyut yang tajam dapat membuat Anda gila, dan jika tidak segera diobati bisa menyebabkan infeksi dan pembengkakan yang lebih parah. Cara terbaik untuk mengatasinya yakni dengan menggunakan pengobatan rumah. Namun ingat, obat alami untuk sakit gigi ini hanya meredakan rasa sakitnya saja, bukan menyembuhkan masalah yang mendasarinya.

obat sakit gigi alami
obat sakit gigi alami

Obat Sakit Gigi Alami Untuk Meredakan Ngilu di Malam Hari

1. Minyak Cengkeh

Cengkeh telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat sakit gigi alami di daerah Timur. Mereka percaya bahwa komponen kunci minyak cengkeh yang disebut eugenol dapat mengurangi rasa sakit gigi secara alami. Anda bisa mengoleskan minyak ini ke bagian gigi yang sakit, lalu tunggu hingga beberapa menit sampai rasa sakitnya sedikit mereda.

Anda mungkin butuh 1-2 tetes minyak cengkeh untuk meredakan rasa sakit gigi. Untuk pemakaiannya bisa dioleskan tiga hingga empat kali sehari. Namun perlu diingat bahwa Anda hanya boleh mengoleskan minyak ini langsung pada gigi yang sakit dan biarkan. Jangan pernah mencoba untuk menjilat minyak ini karena rasanya cukup pedas.

2. Ekstrak vanilla

Jika Anda ingin bantuan yang lebih instan, maka cobalah ekstrak vanilla. Ini adalah obat sakit gigi alami paling ampuh yang memiliki kandungan sifat antiseptik dan analgesik. Jadi bisa meredakan sakit gigi dengan cepat. Untuk menggunakannya mungkin Anda perlu 2-3 tetes ekstrak vanilla. Selanjutnya oleskan cairan ini langsung pada gigi yang sakit dengan menggunakan bantuan kapas. Tidak ada batasan untuk menggunakan cairan ini, jadi Anda bisa mengulanginya sesuai kebutuhan. Simak obat ampuh lainnya disini.

3. Kantong teh

Tahukah Anda bahwa tanin (senyawa polifenol) dari daun teh ternyata bisa membantu mengurangi pembengkakan dan juga rasa sakit gigi. Jadi yang harus Anda lakukan hanyalah mengambil kantong teh lalu basahi dengan air. Jika gigi Anda tidak sensitif, maka bisa juga dengan memasukkan kantong teh ke dalam air es selama beberapa menit. Lalu oleskan kantong teh ini pada gigi. Anda bisa menerapkannya sekali atau dua kali dalam sehari sesuai kebutuhan.

4. Soda kue

Sungguh menakjubkan betapa banyak fungsi dari soda kue, termasuk sebagai obat sakit gigi alami. Soda kue dipercaya memiliki sifat antiinflamasi yang bisa meredakan pembengkakan. Selain itu, soda kue juga memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu dalam mengobati infeksi gigi atau gusi yang menyebabkan rasa sakit.

Untuk menggunakannya maka Anda perlu bubuk soda kue, air, dan bola kapas. Basahi bola kapas ini dengan sedikit air lalu tutupi seluruh kapas dengan soda kue. Selanjutnya tempatkan kapas ini pada gigi yang sakit setidaknya dua atau tiga kali sampai Anda mendapatkan bantuan dokter. Selain dengan cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan campuran satu sendok teh soda kue dengan sedikit air hangat. Larutkan keduanya dan gunakan sebagai obat kumur.

5. Minyak oregano

Kandungan carvacrol pada minyak oregano juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Bahkan kandungan ini tidak hanya membunuh bakteri penyebab rasa sakit gigi, tetapi juga memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi yang akan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada gigi. Gunakan cotton bud untuk mengoleskan minyak oregano langsung pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa jam, jika sakitnya berlanjut maka Anda bisa mengulanginya.

6. Minyak kelapa

Terapi dengan menggunakan minyak kelapa ini sudah dikenal selama berabad-abad untuk mengobati infeksi gigi, gusi berdarah, radang gusi, dan masalah mulut lainnya. Minyak ini dipercaya mengandung asam laurat dalam jumlah tinggi yang memiliki efek antiinflamasi dan antimikroba, yang menjadikannya solusi paling efektif untuk menghilangkan rasa sakit gigi.

Untuk menggunakan obat sakit gigi alami ini maka siapkan 1-2 sendok makan minyak kelapa dan air hangat. Gunakan minyak kelapa ini untuk berkumur di mulut Anda setidaknya selama 20 menit dan jangan ditelan. Setelah selesai maka keluarkan minyak dari mulut Anda dan bilas dengan air hangat. Anda bisa menggunakannya dua kali sehari sebelum menyikat gigi secara normal.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun murni memiliki sifat anti-inflamasi karena kandungan senyawa fenoliknya. Senyawa ini dipercaya mampu mengurangi peradangan sakit gigi untuk sementara sebelum Anda mendapatkan bantuan dokter. Untuk menggunakannya cukup celupkan bola kapas ke dalam minyak dan oleskan pada gigi yang sakit. Anda bisa mengulanginya dua hingga tiga kali sehari untuk meredakan rasa sakit gigi.

8. Jahe dan cabai rawit

Kombinasi jahe dan cabai rawit dipercaya bisa menjadi obat sakit gigi alami yang dapat meredakan sekaligus mengobati sakit gigi untuk selamanya. Jahe memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan pada gigi. Sementara cabai rawit memiliki kandungan capsaicin, yang banyak digunakan untuk manajemen nyeri.

Kombinasi keduanya akan menghasilkan obat sakit gigi yang ampuh. Caranya gunakan satu sendok bubuk akar jahe dan cabai rawit, kemudian tambahkan sedikit air hingga terbentuk pasta kental. Gunakan bola kapas untuk mengambil pasta itu, lalu oleskan pada gigi Anda. Biarkan hingga beberapa menit sampai sakitnya mereda, jika masih terasa sakit maka ulangi langkah tersebut sesuai kebutuhan.

9. Bawang

Anda mungkin berpikir ulang untuk menggunakan bawang sebagai obat sakit gigi alami, karena bawang bisa menyebabkan bau mulut. Namun untuk meredakan rasa sakit gigi yang berdenyut, maka Anda tidak punya pilihan lain. Bawang tidak hanya meringankan rasa sakit gigi, namun bisa juga membunuh kuman yang menyebabkan rasa sakit.

Untuk menggunakannya, maka Anda butuh sepotong bawang merah. Tempatkan bawang merah ini pada gigi yang sakit dan biarkan selama beberapa menit. Ulangi ini setidaknya dua kali sehari, sampai rasa sakitnya mereda. Selain bawang merah, Anda juga bisa menggunakan bawang putih untuk meredakan sakit gigi ini. Untuk langkahnya sama seperti pada bawang merah.

10. Hidrogen peroksida

Anda bisa menggunakan hidrogen peroksida sebagai obat sakit gigi alami saat berada di rumah. Biasanya larutan ini digunakan sebagai obat kumur yang bisa meringankan infeksi dan juga ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh sakit gigi. Larutan kimia ini juga bisa menangani demam serta bau mulut yang diakibatkan oleh infeksi, namun sifatnya hanya sementara.

Untuk menggunakan larutan ini, maka Anda butuh tiga persen hidrogen peroksida, lalu kumur di mulut Anda. Setelah selesai maka bilas mulut Anda dengan air biasa selama beberapa kali hingga bersih. Anda bisa mengulangi langkah ini jika diperlukan.

Ada banyak sekali obat sakit gigi alami yang bisa Anda temukan di sebagian besar rumah. Namun ingat, ini hanya bersifat sementara karena bahan-bahan umum ini hanya bisa meredakan rasa sakit yang melemahkan Anda saja. Untuk itu, pastikan Anda tetap mengunjungi dokter untuk mencari tahu penyebab rasa sakit gigi dan bagaimana perawatannya yang tepat.

Tinggalkan komentar