10 Manfaat Lain Lari sebagai Olahraga Sehat untuk Diet yang Baik

10 Manfaat Lain Lari sebagai Olahraga Sehat untuk Diet yang Baik – Apa benar dengan olahraga lari bisa mengurangi berat? Banyak orang tidak mengetahui manfaat lari pagi yang sebenarnya bagi kesehatan tubuh. Padahal melakukan lari pagi dapat memberikan banyak manfaat kesehatan pada tubuh, karena merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan kualitas udara dan oksigen yang baik. Kondisi pastinya akan memperlancar dan baik untuk sistem pernapasan bahkan organ tubuh lain. Selain itu, lari pagi juga memiliki manfaat penting dalam menunjang program diet.

Manfaat lari pagi sebagai aktivitas fisik untuk diet ini sangat baik dalam proses pembakaran kalori dan lemak tubuh. Secara rata-rata, berlari dengan kecepatan 8 km/jam dapat membakar sekitar 295 kalori dan berjalan dengan kecepatan sekitar 5,5 km/jam dapat membakar sekitar 140 kalori. Supaya dapat menurunkan berat badan dan mendapat manfaat lari pagi, anda perlu melakukan olahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu. Namun selain manfaat untuk diet dan penurunan berat badan, ternyata ada banyak manfaat lari bagi kesehatan. Berikut penjelasannya.

olahraga sehat untuk diet
olahraga sehat untuk diet

Manfaat Lari sebagai Olahraga Sehat untuk Diet

Mencegah demensia

Manfaat lari pagi yang dilakukan secara rutin mampu mengurangi risiko kepikunan atau demensia saat tua nanti, serta mampu meningkatkan fungsi otak agar bisa lebih berkonsentrasi dan daya ingatnya lebih kuat. Hal ini sering kali terjadi pada masa memasuki usia tua, namun tidak menutup kemungkinan terjadi lebih dini di usia yang masih muda. Maka dari itu selain olahraga sehat untuk diet, latihan ini juga bisa mencegah terjadinya demensia dan meningkatkan konsentrasi maupun daya ingat.

Mencegah impotensi

Manfaat lari pagi setiap hari juga dapat meningkatkan fungsi kebugaran organ reproduksi pada pria, karena aliran darah ke organ intim pria menjadi lancar. Hal ini tentunya akan menambah stamina serta kebugaran, di samping anda mendapatkan berat badan yang ideal. Untuk itulah, pastikan anda olahraga lari secara teratur meski hanya sekedar lari lari kecil.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat olahraga sehat untuk diet dengan lari pagi mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan memicu pertumbuhan sel sel pertahanan tubuh. Terbentuknya sel sel imun tersebut, tentunya sangatlah penting dalam membantu tubuh anda sebagai penangkal virus, bakteri, parasit, jamur, dan kuman. Oleh karena itulah mengapa seseorang tidak akan mudah jatuh sakit karena hal hal kecil serta tubuh semakin kuat.

Mengatasi sembelit

Lari pagi yang dilakukan secara rutin juga bermanfaat untuk sistem pencernaan yang menunjang program diet. Dikarenakan otot-otot yang bergerak saat berlari mampu menggerakkan otot-otot bagian perut dan memacu pergerakan usus, sehingga organ pencernaan dalam kondisi sehat. Latihan ini tentunya juga akan sangat membantu Anda yang mempunyai gangguan atau masalah dalam buang air besar. Jika sistem pencernaan menjadi lancar, tentu tubuh tidak akan menimbun banyak sampah sehingga memaksimalkan program diet.

Menjaga kesehatan otot dan kekuatannya

Otot merupakan bagian tubuh yang penting dan perlu dipacu dengan taraf tertentu, supaya kesehatan dan kekuatannya makin meningkat. Ketika otot-otot kaki digunakan untuk berlari, maka otot akan ikut beradaptasi dan membentuk massa yang lebih padat. Otot juga mampu menyimpan cadangan energi dalam jumlah lebih banyak, serta  akan jadi lebih kuat dari sebelum latihan. Namun jika lari pagi tidak dilanjutkan, maka akan membuat otot kembali seperti semula dan tidak akan efektif dijadikan olahraga sehat untuk diet.

Menambah tinggi badan

Salah satu manfaat lari pagi adalah memperbaiki postur tubuh seseorang, salah satunya yakni menambah tinggi badan pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Dengan rutin berlari setiap hari, postur tubuh akan menjadi ideal dan anda terhindar dari kelebihan berat badan. Kondisi ini ditunjukan dengan posisi kepala dan bahu yang rileks dan tegap, sehingga menunjukan kesan anda semakin lebih tinggi.

Jika anda memiliki postur tubuh yang baik, kondisi ini dapat mengurangi posisi yang mampu memberikan penekanan pada otot otot dan berakibat pembungkukan. Dengan postur yang lebih tinggi serta berat badan lebih ideal, tentu postur tubuh anda akan semakin baik dari segi fisik maupun kesehatan. Maka sebaiknya, lakukanlah olahraga sehat untuk diet secara rutin agar anda lebih tinggi dan terhindar dari kegemukan.

Olahraga memaksimalkan kerja jantung dan menjaganya tetap sehat

Aktifitas lari dapat membuat otot-otot tubuh bekerja secara maksimal, begitu pula otot jantung. Jantung mampu bekerja optimal dalam memompa darah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi otot, sehingga membuat kondisinya semakin sehat. Kolesterol yang menumpuk di pembuluh darah jantung juga dapat berkurang dengan lari pagi secara rutin yang berefek mampu mengurangi penyakit-penyakit jantung dan pembuluh darah. Tentu hal ini menjadi manfaat lain olahraga untuk diet, selain dalam hal penurunan berat badan.

Menyehatkan sistem pernapasan

Ketahuilah jika paru-paru sehat, tentu saluran pernapasan lain juga akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari beragam gangguan atau masalah. Misalnya saja bagi anda yang mempunyai riwayat masalah atau penyakit pada saluran napas seperti asma, bronkhitis, dan lain sebagainya. Dengan olahraga sehat untuk diet ini, anda tidak hanya mendapatkan berat tubuh ideal, tetapi juga kesehatan paru yang terjaga. Selain itu, di saat pagi hari kondisi udara masih sangat bersih terhindar dari polusi dan kandungan oksigennya pun masih tinggi sehingga baik untuk nafas anda.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Olahraga setiap hari dikenal mampu mengurangi tekanan darah tinggi, lantaran aktifitasnya mampu menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Perlu anda tahu, bahwa lari pagi dapat menurunkan lebih besar tekanan darah diastolik pada malam hari dan mengurangi tekanan pada sistem kardiobaskular. Jadi semakin sering anda melakukan olahraga untuk diet, semakin normal pula tekanan darah anda.

Baca artikel lainnya disini

Kualitas tidur lebih baik

Kualitas tidur yang lebih baik bisa jadi salah satu manfaat olahraga sehat untuk diet dengan lari pagi. Melakukan olahraga di pagi hari mampu memberikan kontribusi lebih banyak dalam membuat seseorang tidur nyenyak. Selain itu, olahraga pagi hari juga memberikan manfaat dalam peningkatan kualitas tidur menjadi lebih baik. Tentu hal ini akan menunjang program diet, lantaran ketika seseorang sering terjaga dan bangun saat malam hari mereka akan rentan mengonsumsi makanan.

Itulah tadi sepuluh manfaat dari melakukan olahraga sehat untuk diet selain memberikan efek pada penurunan berat badan. Karena secara tidak langsung, jika anda berolahraga secara teratur dengan lari akan ada banyak manfaat kesehatan yang akan didapatkan. Meski jarang disadari, tetapi manfaat ini tidak bisa anda anggap sepele. Jadi dengan olahraga untuk penurunan berat badan atau diet, anda sekaligus akan mendapatkan manfaat kesehatan lain seperti yang sudah dijelaskan di atas. Nah, kini anda tertarik bukan untuk melakukan olahraga lari setiap hari demi menjaga berat tubuh dan kesehatan yang lebih baik?

About Aziza Linda Verra

Check Also

pengertian gaya hidup sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat. Seiring dengan trend akan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *