10 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dengan Lakukan Olahraga Sehat di Pagi Hari Dengan Rutin

10 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dengan Lakukan Olahraga Sehat di Pagi Hari Dengan Rutin. Sudah bukan rahasia lagi jika kiat untuk dapatkan tubuh sehat salah satunya dapat dilakukan dengan rajin berolahraga. Hal ini karena selain mengatur pola makan yang sehat, rutin berolahraga akan dapat membantu tubuh membuang zat-zat yang berbahaya.

Namun perlu dicatat bahwa olahraga yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Sebab terlalu diri melakukan olahraga yang ketat justru dapat membahayakan tubuh baik secara langsung maupun tidak. Oleh karenanya, penting untiuk lebih dahulu mengenali kemampuan diri untuk memilih melakukan olahraga tertentu.

olahraga sehat di pagi hari
olahraga sehat di pagi hari

Manfaat yang Anda Dapatkan dengan Lakukan Olahraga Sehat di Pagi Hari

Waktu terbaik untuk melakukan olahraga sehat adalah pada pagi dan sore hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan lakukan olahraga sehat di pagi hari:

Memperoleh udara segar

Pagi adalah waktu yang paling menyenangkan untuk melakukan berbagai jenis olahraga, baik jalan santai, jogging, maupun bersepeda. Ini karena selain menghindari panas yang menyengat ketika hari beranjak siang, memilih olahraga di pagi hari karena waktu ini adalah waktu terbaik untuk dapatkan udara segar. Bahkan jika beruntung, anda akan dapat menyaksikan matahari terbit yang indah.

Bukan hanya itu saja, udara pagi yang belum tercemar dengan polusi dari asap kendaraan rupanya juga dapat dijadikan sebagai media relaksasi. Sehingga tidak hanya mendapatkan tubuh yang bugar, dengan olahraga sehat di pagi hari anda juga akan mendapat ketenangan jiwa. Kondisi inilah yang diperlukan tubuh untuk siap menghadapi aktivitas harian yang berat seperti biasanya

Terbiasa untuk bangun pagi

Bagi sebagian orang, keharusan rutin bisa bangun pagi adalah masalah tersendiri, bahkan bagi para pekerja yang wajib berangkat kerja di pagi hari sekalipun. Dengan membiasakan olahraga di pagi secara otomatis tubuh akan memasang alarm untuk bangun sebelum jam olahraga. Sehingga dengan demikian, selain mendapat manfaat tubuh sehat, olahraga akan membuat anda lebih disiplin bangun pagi.

Terbiasa bangun pagi untuk lakukan olahraga sehat di pagi hari pun juga akan membuat anda tidak meninggalkan jam sarapan. Mengingat pentingnya memberi asupan nutrisi sebagai sumber energi melakukan beraktivitas hingga siang hari, sarapan pagi adalah hal yang tidak boleh dilewatkan.

Tingkatkan sistem imun tubuh

Manfaat olahraga di pagi hari berikutnya adalah dapat memperkuat sistem imun tubuh. Sebagaimana yang sudah diketahui bersama, bahwa lemahnya sistem imun tubuh akan mudah mengundang penyakit hinggap di tubuh anda. Oleh karena itu, untuk mencegah bibit-bibit penyakit mampir dan hingga pada tubuh dapat dilakukan dengan rajin berolahraga.

Hal ini karena saat anda malakukan olahraga sehat di pagi hari setidak-tidaknya 30 hingga 45 menit secara rutin akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon baik dalam otak. Di antara hormon-hormon tersebut adalah dopamin endorphin, serotonin dan adrenalin yang bantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

Membakar banyak lemak

Tubuh melakukan metabolismenya ketika anda sedang tidur. Karena inilah, anda disarankan untuk meminum segelas air putih di pagi hari untuk membantu tubuh mendorong keluar sisa-sisa metabolisme. Namun tahukah anda, jika olahraga di pagi hari juga dapat membakar lemak lebih banyak? Hal ini karena olahraga di pagi hari sebelum mengonsumsi makanan apapun akan membuat tubuh membakar cadangan energi yang disimpan tubuh dalam bentuk lemak.

Selain menghilangkan lemak, tubuh juga membangun massa otot serta tingkatkan metabolisme tubuh. Manfaat inilah yang banyak dimanfaatkan oleh orang dengan berat badan berlebih dalam program dietnya. Sebab lakukan olahraga sehat di pagi hari secara efektif dapat dijadikan metode diet sehat alami yang cepat turunkan berat badan.

Kontrol nafsu makan secara alami

Ketika menjalankan olahraga, tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup. Hal ini karena olahraga kehilangan banyak cairan dan sangat rentan mengalami dehidrasi. Akan tetapi, mengonsumsi air putih ketika olahraga rupanya dapat menekan rasa lapar ketika berolahraga, dan membuat anda bertahan lebih lama dalam keadaan kenyang.

Bukan hanya itu saja, kemampuan tubuh untuk mengontrol nafsu makan juga dikarenakan tubuh secara signifikan dapat kurangi produksi hormon ghrelin. Hormon inilah yang biasanya membuat anda sering merasa lapar. Sehingga melakukan olaharaga sehat di pagi hari akan membuat anda tidak sering lapar yang tentunya akan sangat membantu program diet penurunan berat badan.

Kontrol tekanan darah

Selain mengontrol nafsu makan, olahraga sehat juga dapat mengontrol tekanan darah. Hal ini karena berkurangnya lemak dalam tubuh secara otomatis juga mengurangi risiko tekanan darah tinggi yang anda miliki. Oleh karenanya, sangat dianjurkan bagi anda untuk melakukan olahraga sehat di pagi hari yang kenyataannya memberikan segudang manfaat ini.

Kemampuan tubuh mengontrol tekanan darah yang baik berdampak pada berkurangnya risiko tubuh mengidap berbagai penyakit serius. Di antaranya yakni hipertensi, penyakit jantung, hingga kemungkinan mengalami stroke. Manfaat dari aktivitas olahraga sehat di pagi hari yang banyak disepelekan ini juga dapat menghindarkan keterbatasan fisik pada tubuh ketika menginjak usia senja.

Menyehatkan jantung

Rutin berolahraga setiap pagi hari memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Hal ini karena beberapa jenis olahraga seperti bersepeda dan jogging dapat memperkuat otot jantung. Oleh karenanya, melakukan olahraga secara rutin dapat mencegah penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner yang dapat sebabkan stroke.

Melakukan olahraga sehat di pagi hari juga dapat mengurangi kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Sebaliknya, tubuh akan meningkatkan kadar kolestrol baiknya. Hal inilah yang membuat tubuh mengalami peningkatan kemampuan untuk mengalirkan darah dan sari makanan ke seluruh tubuh.

Membangun mood baik di pagi hari

Tidak dapat dipungkiri bahwa mood membawa pengaruh besar bagi kesehatan tubuh. mood yang buruk, misal, akan membuat anda tidak bersemangat menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari. Sebaliknya, mood yang sedang baik-baiknya akan membuat anda menjalankan hari-hari dengan aktivitas berat seolah tanpa beban sedikit pun.

Namun jangan khawatir, bagi anda yang kerap mengalami stres yang membuat mood menjadi buruk, anda dapat memperbaikinya dengan melakukan olahraga sehat di pagi hari. Memberikan keluangan waktu 30 hingga 45 menit untuk berolahraga setiap pagi akan membuat anda senantiasa dalam mood yang baik.

Perhatikan artikel lainnya disini

Memperbaiki kualitas tidur

Bukan hanya nutrisi harian, tubuh juga memiliki kebutuhan waktu untuk mengistirahatkan seluruh kerja otot sadar dengan tidur. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan 5 sampai 6 jam tidur setiap harinya. Hal ini karena umumnya, kelelahan setelah berada dalam tekanan aktivitas berat sepanjang hari membuatnya mengalami gangguan tidur.

Kebiasaan baik dengan olahraga sehat di pagi hari rupanya memberikan manfaat untuk kualitas tidur. Hal ini karena kebiasaan ini akan membuat tubuh tidak tegang ketika melakukan aktivitas-aktivitas berat. Selain itu, manfaat diproduksinya hormon endorphin ketika berolahraga akan memperbaiki suasana hati yang memudahkan anda untuk lebih mudah tertidur.

Olahraga sehat di pagi hari memang memberikan banyak manfaat bagi tubuh, akan tetapi, penting bagi anda untuk tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sebab meski dilakukan pagi hari, tubuh anda akan tetap kehilangan banyak cairan. Oleh karenanya, ada baiknya anda membawa bekal air putih yang cukup ketika berolahraga.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *