10 Keuntungan Lakukan Olahraga Sehat di Dalam Rumah Ketimbang di Luar Rumah

10 Keuntungan Lakukan Olahraga Sehat di Dalam Rumah Ketimbang di Luar Rumah. Membiasakan rutin berolahraga memang tidak mudah. Apalagi bagi anda dengan kesibukan yang luar biasa. Entah kesibukan dengan pekerjaan maupun kesibukan dengan seabrek aktivitas rumah tangga lainnya. Namun, tahukah anda jika ada banyak olahraga yang bisa anda lakukan di dalam rumah?

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa anda lakukan di dalam rumah. Meski olahraga yang dilakukan di dalam rumah cenderung merupakan olahraga dengan intensitas ringan-sedang, olahraga tersebut banyak manfaatnya bagi tubuh. Sudah tentu jika jogging maupun sekadar stretching yang anda lakukan pun akan jadikan tubuh anda lebih segar dibandingkan tidak berolahraga.

Sama sehatnya antara olahraga di luar maupun olahraga sehat di dalam rumah. Meski begitu, olahraga yang sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari ini akan berikan banyak keuntungan jika dilakukan di dalam rumah. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan berolahraga di dalam rumah.

olahraga sehat di dalam rumah,
olahraga sehat di dalam rumah,

10 Keuntungan Lakukan Olahraga Sehat di Dalam Rumah Ketimbang di Luar Rumah

Lebih fleksibel dengan ruang dan waktu

keuntungan yang pasti anda dapatkan dengan lakukan olahraga di rumah saja adalah fleksibilitas ruang dan waktu. Hal ini karena ada waktu-waktu tertentu yang tidak disarankan bagi anda untuk lakukan olahraga di luar rumah, siang dan malam hari misalnya. Siang dengan sinar matahari yang terik akan membuat kulit anda terbakar, sementara malam yang dingin tentu besiko sebabkan masuk angin.

Dengan olahraga sehat di dalam rumah, maka anda tidak perlu khawatir terhadap masalah-masalah tersebut. Sebab anda dapat memilih kapan saja waktu untuk berolahraga. Anda pun tidak harus membuat janji dengan instruktur profesional untuk mengikuti kelas yang terikat dengan jadwal waktu dan tempat pelaksanaannya.

Lebih menghemat pengeluaran

Melakukan olahraga di dalam rumah dengan alat sederhana tentunya akan lebih menghemat pengeluaran dibandingkan anda menyewa alat-alat kebugaran di dalam gym. Selain itu, anda pun tidak harus membayar instruktur olahraga dan mengeluarkan uang untuk transportasi menuju pusat kebugaran tersebut. Sebaliknya, anda dapat memanfaatkan berbagai instruksi senam, yoga, dan plank melalui proyek workout di youtube maupun aplikasi yang tersebar di playstore.

Dengan memanfaatkan smartphone yang anda miliki ketika olahraga sehat di dalam rumah ini, maka anda dapat menghemat pengeluaran anda dan menggunakan untuk keperluan lainnya. Sehingga selain mendapatkan tubuh yang sehat, anda juga dapat memperoleh manfaatnya di bidang perekonomian keluarga.

Tidak tergoda makan-makan bersama rekan

Tidak jarang, lelah yang dirasakan tubuh diterjemahkan dengan rasa lapar. Inilah yang membuat diet dengan olahraga ketat pun akan gagal jika setelah olahraga langsung makan besar. Sayangnya, godaan untuk makan besar akan meningkat jika anda melakukan olahraga di luar ruangan. Tentunya, keadaan ini harus anda hindari, terutama bagi yang menjalankan olahraga sebagai upaya penurunan berat badan.

Tentu bukan hal yang salah jika niat mendapatkan tubuh sehat ditambahi sebagai cara menurunkan berat badan. Ini karena olahraga yang dilakukan akan membantu tubuh percepat proses pembakaran kalori dan cadangan energi yang disimpan dalam bentuk lemak. Karenanya, untuk memaksimalkan fungsi ini, wajib bagi anda meminimalisir makan besar setelah olahraga. Salah satu caranya yakni dengan lakukan olahraga sehat di dalam rumah saja.

Antisipasi penularan penyakit

Pusat kebugaran tentunya memiliki standar kebersihan yang baik. Namun meski begitu, alat kebugaran yang digunakan bersama tentunya juga berisiko dapat tularkan bibit penyakit. Inilah membuat olahraga di dalam rumah kadang lebih sehat meskipun hanya dilakukan dengan alat-alat sederhana. Begitu pula dengan penularan penyakit seperti influenza dan lain sebagainya.

Karenanya, olahraga sehat di dalam rumah lebih aman karena dapat mengantisipasi penularan penyakit lewat udara maupun lewat benda yang digunakan bersama. Maka dari itu, untuk cegah kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan, akan lebih baik jika olahraga dilakukan di rumah saja.

Antisipasi terjadinya kontak dengan orang lain

Beberapa keadaan tertentu memang mengharuskan anda untuk menghindari plahraga kontak, seperti basket, volly, dan lain sebagainya. Di antaranya adalah ketika anda sedang hamil pada trisemester pertama dan trisemester berikut-berikutnya. Hal ini karena olahraga yang memungkinkan kontak dengan orang lain ini dapat menimbulkan cedera atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, anda harus bijak memilih jenis olahraga tertentu. Di antara olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga sehat di dalam rumah. Meski begitu, akan lebih aman lagi apabila pemilihan olahraga untuk kesehatan ini anda lakukan setelah konsultasi dengan dokter kandungan.

Lebih mudah temukan asupan air dan nutrisi pendamping

Bukan saja harus memenuhi kebutuhan cairan harian, anda juga harus mengonsumsi lebih banyak air ketika sedang berolahraga. Hal ini karena selain menguras energi, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan ketika sedang berolahraga. Maka dari itu, sangat disarankan bagi anda untuk menyediakan banyak air minum untuk hindarkan tubuh dari masalah kekurangan cairan.

Olahraga sehat di dalam rumah tentunya akan memudahkan anda untuk mendapatkan asupan air sewaktu-waktu. Berbeda dengan olahraga di luar rumah, yang jikapun ada hanyalah air dalam kemasan. Mengingat pentingnya tubuh dapatkan air putih, akan lebih sehat jika kebutuhan air minum dicukupi dengan air putih dan bukan air dalam kemasan.

Lebih mudah cari bantuan jika alami cedera

Olahraga sehat pun tidak dapat dilepaskan dari risiko cedera. Meski upaya pencegahan seperti dengan pemanasan telah dilakukan, tidak dapat 100% menjamin anda terhindar dari cedera. Maka dari itu, sudah sepatutnya anda mengondisikan tidak sendirian ketika olahraga. Dan langkah tepat jika pengawasan tersebut dilakukan oleh orang dekat: keluarga.

Dengan olahraga sehat di dalam rumah saja, maka anda akan lebih mudah mendapat pertolongan apabila mengalami cedera. Baik cedera ringan seperti terpelintir, keseleo, hingga cedera berat karena melakukan olahraga yang ketat. Sebab pengawasan dari keluarga tentunya akan lebih maksimal jika dibandingkan dengan pengawasan dari orang lain.

Baca artikel lain disini

Manajemen waktu olahraga dan aktivitas lain lebih bagus

Nah, keuntungan utama yang bisa anda dapatkan dengan olahraga di rumah adalah dapat memanajemen waktu lebih baik. Hal ini karena fleksibilitas waktu dan tempat dengan olahraga di rumah memungkinkan anda tidak terikat jadwal dengan orang lain. Karenanya, anda dapat mengatur jadwal sendiri untuk olahraga dan lakukan berbagai aktivitas lainnya.

Tentu hal ini tidak mungkin anda dapatkan jika melakukan olahraga bersama teman-teman anda. Karenanya, dengan olahraga sehat di dalam rumah, anda tetap dapat memaksimalkan olahraga tanpa tinggalkan aktivitas-aktivitas harian lainnya. Sehingga anda pun akan fokus berolahraga tanpa memikirkan apa yang akan anda lakukan setelahnya.

Nah demikianlah 8 keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan lakukan olahraga sehat di dalam rumah ketimbang di luar rumah. Jika anda merasa olahraga di luar rumah lebih menyenangkan karena bersama teman-teman, maka di rumah pun anda bisa ajak seluruh anggota keluarga. Sehingga manfaat olahraga untuk kesehatan tidak saja anda rasakan sendiri, namun juga orang-orang di sekitar anda.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat daun suji

10 Manfaat Daun Suji dari Mengatasi Batuk sampai Leukemia

sumbersehat.com - Manfaat daun suji secara umum dipakai masyarakat sebagai pewarna hijau makanan. Warna hijau yang dihasilkan daun suji lebih pekat daripada daun pandan wangi. Hanya saja, daun suji tidak memiliki aroma wangi yan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *