Lakukan Olahraga ini Saat New Normal agar Tubuh Sehat

Lakukan olahraga ini saat new normal agar tubuh sehat. Olahraga adalah salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan daya imutasnya. Seseorang yang rutin melakukan olahraga akan mendapatkan tubuh yang kebal dari berbagai penyakit. Selain itu, mereka lebih memiliki tubuh yang ideal. Untuk perempuan, mendambakan tubuh yang langsing didapat melalui olahraga yang rutin.

Demikian pula halnya dengan pria. Para pria biasanya menginginkan tubuh yang atletis sehingga terlihat menarik di mata lawan jenis. Ini yang membuat pusat kebugaran tak pernah sepi pengunjung. Dengan berolahraga, mereka mendapatkan tubuh yang menarik serta kesehatan yang terjaga.

tubuh sehat
tubuh sehat

Olahraga sangat penting untuk membentuk tubuh sehat

Namun dengan adanya wabah baru yang memasuki negeri, masyarakat mulai tidak bisa menjalankan aktifitasnya dengan normal. barulah setelah diterapkannya new normal, berbagai aktifitas dapat berjalan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Namun bagaimana menjaga agar tubuh sehat selama menjalani new normal?

New normal mulai diberlakukan oleh pemerintah Indonesia setelah sebelumnya menginstruksikan masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Isolasi yang telah berjalan lebih kurang 3 bulan ini tentunya merupakan kegiatan yang tak biasa dilakukan oleh sebagian besar masyarakat.

Sehingga ketika masyarakat sudah boleh keluar rumah, anda tetap harus memiliki tubuh sehat dan sistem imunitas yang kebal. Caranya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin tinggi yang baik untuk tubuh. Kemudian, tetap melakukan olahraga secara rutin dan teratur namun tetap dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah diberlakukan.

Selain itu, penting bagi anda untuk melakukan jaga jarak kepada orang lain. Kontak fisik sebisa mungkin harus anda hindari untuk meminimalisir terjadinya penularan virus. Percuma saja bila anda memiliki tubuh dengan kondisi fisik yang baik namun tertular dari orang lain yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah.

Nah, bagaimana menjaga agar tubuh sehat selama new normal yang berlakukan? Simak ulasannya berikut ini. 

Jaga kebersihan diri dan pakaian

Tips pertama ialah selalu menjaga kebersihan diri dan pakaian. Walaupun masih dapat berolahraga seperti biasanya namun anda tetap harus memerhatikan kebersihan dari pakaian dan tempat yang anda diami. Selalu usahakan untuk mencuci tangan sebelum berolahraga. Lalu semprot ruangan anda dengan disenfektan dan pel setelahnya bila anda berolahraga di dalam ruangan.

Namun bila anda berolahraga di ruang terbuka dimana ada banyak orang disekitar anda, maka jaga kontak fisik dengan orang lain. Selalu bawa hand sanitizer untuk menjaga telapak tangan bebas dari bakteri dan tubuh sehat. Bukan tidak mungkin anda nantinya akan menyentuh meja, tiang atau benda-benda yang berada di tempat umum.

Jangan lupa untuk membawa persediaan minum sendiri. Sebisa mungkin hindari kedekatan fisik dengan orang lain agar anda tidak beresiko tertular wabah yang berbahaya tersebut. Setelah itu, cuci semua peralatan yang anda gunakan setelah berolahraga sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga anda di rumah.

Lakukan pemanasan sebelum memulai olahraga

Tips yang kedua agar menjaga tubuh sehat selama new normal adalah berolahraga rutin dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu.  Pemanasan dan pendinginan adalah dua hal terpenting yang akan melenturkan otot-otot di tubuh anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah tubuh terkena cedera saat melakukan olahraga.

Jika anda telah melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga, maka langsung selanjutnya adalah melakukan pendinginan setelah selesai menjalani olahraga. Hal ini bisa anda lakukan agar tubuh tetap rileks dan tidak mengalami peregangan yang buruk. Selain itu, pendinginan membuat tulang dan otot tidak kaku.

Lakukan dua hal tersebut dengan durasi kurang lebih sekitar 10 menit agar tubuh sehat. Pemanasan dan pendinginan seringkali dilupakan oleh sebagian besar masyarakat karena dirasa memperlama proses olahraga. Namun, sebenarnya dua hal tersebut berguna untuk membuat tubuh  anda terasa lebih segar dan bugar. Tidak hanya itu, hal tersebut melindungi diri dari resiko cedera yang bisa sewaktu-waktu anda alami saat berolahraga. 

Hindari kontak fisik

Ketiga, sama seperti yang sudah dibahas pada poin pertama jika anda harus tetap melakukan jaga kontak fisik dengan orang lain dan benda-benda disekitar anda. Tips ini berguna untuk anda yang berolahraga di luar ruangan.  Pemerintah telah menghimbau hal tersebut agar masyarakat tetap bisa menjalani new normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Anda mungkin memiliki tubuh sehat dengan sistem kekebalan tubuh yang optimal. Namun anda tidak tau bagaimana kondisi tubuh teman-teman dan orang-orang yang berada di sekitar anda. Bisa saja ia sedang memiliki gejala sakit tertentu. Anda tentunya tidak ingin menanggung resiko sekecil apapun bukan? Oleh karena itu kontak fisik adalah hal yang mau tidak mau harus anda hindari.

Jika anda yang merasa tidak enak badan, maka usahakan hindari tempat-tempat keramaian. Tunda kegiatan olahraga anda dan beristirahatlah yang cukup di rumah saja. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyehatkan tubuh serta tetap menghindari kontak fisik dengan orang lain.

Jangan berolahraga dengan durasi yang berlebihan

Tips menjaga tubuh sehat sehat dengan berolahraga yang aman dan tepat pada pelaksanaan new normal adalah memerhatikan durasi olahraga. Anda perlu mengatur durasi saat berolahraga. Jangan lakukan olahraga dengan durasi yang berlebihan terlebih jika anda melakukannya di ruang terbuka.

Olahraga yang berlebihan akan menimbulkan dampak yang negative bagi tubuh si penerima. Bukannya menyehatkan, tubuh anda akan mudah merasa lelah. Selain itu, daya imunitas anda akan mengalami penurunan sehingga akan mengundang banyak penyakit masuk ke dalam tubuh anda. Untuk menghindarinya, jangan berlebihan dalam melakukan olahraga apalagi untuk anda yang masih pemula.

Ada baiknya anda melakukan olahraga dengan durasi 30 menit saja agar tubuh sehat dan terjaga dari berbagai penyakit. Lakukan 3 sampai 5 kali dalam seminggu.

Rutin minum air putih

Terakhir, konsumsi air putih secara rutin untuk menjaga cairan di dalam tubuh tetap terpenuhi. Selalu bawa air putih saat anda berolahraga. Meskipun minuman yang mengandung ion aman bagi tubuh namun air putih tentunya lebih alami bagi daya tahan tubuh. Air sangat penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat anda melakukan olahraga.

Agar tubuh sehat konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari dan makanan serta minuman yang memiliki gizi yang tinggi. Tubuh yang kekurangan cairan akan cepat merasakan lemas, letih, lesu dan kurang bersemangat untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Dengan rutin mengonsumsi air putih, daya imunitas anda juga akan berpengaruh menjadi lebih stabil dan optimal.

Demikianlah informasi mengenai artikel lakukan olahraga ini saat new normal agar tubuh sehat yang dapat anda jadikan referensi bacaan dalam berolahraga selama new normal berlangsung. Selalu jaga kesehatan anda dan selamat mencoba.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *