Kurus dengan Diet Sehat Tanpa Obat? Begini Caranya

Kurus dengan diet sehat tanpa obat? Begini caranya. Banyak cara yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk menurunkan berat badan. Salah satu cara instan yang biasanya diambil ialah dengan menggonsumsi berbagai jenis obat-obatan pengurus badan. Meski begitu, obat pengurus badan ini pun juga tetap harus disertai dengan gaya hidup yang sehat. Hal ini karena sebenarnya, obat pengurus badan ini hanyalah pelengkap dan bukan senjata utama untuk menguruskan dan menurunkan berat badan.

Pada umumnya, obat penurun berat badan bekerja dengan cara memperlancar sistem pencernaan dan secara signifikan dapat menekan nafsu makan. Fungsi inilah yang dapat membuat tubuh cukup kehilangan nafsu untuk ngemil dan makan. Selain itu, cara kerja obat penurun berat badan ini adalah dapat membuang lemak dan karbohidrat yang tidak diperlukan tubuh dengan bantuan organ-organ pencernaan.\

diet sehat tanpa obat
diet sehat tanpa obat

Dampak Buruk Pengonsumsian Obat Penurun Berat Badan Kimia

Tidak semua orang diperkenankan mengonsumsi obat penurun berat badan. Sebaliknya, penggunaan obat-obat ini sebaiknya tetap dalam pengawasan dokter. Hal ini karena obat diet biasanya dapat menimbulkan efek tertentu bagi pengidap penyakit kronis maupun ibu hamil. Oleh karenanya, obat ini tidak dianjurkan dikonsumsi bagi ibu hamil maupun yang sedang merencanakan kehamilan dan dianjurkan untuk memilih diet sehat tanpa obat saja. Berikut adalah efek samping yang kemungkinan muncul dari penggunaan obat ini.

Tremor dan sesak napas

Salah satu efek samping dari penggunaan obat penurun berat badan atau obat pelangsing dalam jangka waktu yang panjang adalah tremor. Gajala awal yang muncul biasanya ialah rasa pusing disertai tubuh yang bergetar. Gejala lebih parah yang muncul adalah detak jantung yang tidak normal, dan terasa sakit ketika mendengar apa-apa yang bersuara keras, termasuk deru kendaraan bermotor.

Keluhan kram perut dan masalah pencernaan lainnya

Efek samping penggunaan obat penurun berat badan berikutnya adalah munculnya rasa kram pada perut maupun masalah pencernaan lain seperti diare, mual, sering buang gas, dan seringnya buang air besar. Tentu masalah ini adalah masalah yang sepele, namun jika gangguan pencernaan tersebut terjadi lebih dari 3 hari, maka yang perlu dilakukan adalah segera mengonsultasikan permasalahan tersebut dan solusi diet sehat tanpa obat yang bisa dijalankan..

Berat badan kembali naik jika putus obat

Efek samping yang biasanya langsung dirasakan ialah kecanduan. Hal ini karena beberapa bahan yang dibuat sebagai obat palangsing memang dapat menimbulkan kecanduan. Salah satunya adalah penggunaan phentermine. Selain itu, obat penurun berat badan dengan kandunan aktif orlistat biasanya menjadi obat yang meski efektf dapat menurunkan berat badan, efek samping obat ini dapat membuat berat badan kembali naik jika gaya hidup tidak sehat kembali diterapkan.

Tubuh kesulitan menyerap vitamin A, D, E, dan K dalam waktu-waktu tertentu

Efek samping penggunaan obat orlistat pada tubuh di antaranya ialah dapat membuat tubuh kesulitan untuk menyerap vitamin A, D, E, dan K. Oleh karena itu, pengonsumsian obat penurun berat badan ini perlu juga dibarengi dengan pengonsumsian suplemen vitamin tambahan. Oleh karenanya, menimbang berbagai risiko tersebut, disarankan untuk melakukan diet sehat tanpa obat saja.

Cara Diet Sehat Tanpa Obat yang Efektif Turunkan Berat Badan

Sebagai upaya pencegahan risiko berbahaya yang diakibatkan oleh obat penurun berat badan, maka sebaiknya Anda memilih alternatif cara lain yang dapat digunakan sebagai upaya penurunan berat badan. Hal ini karea selain dengan mengonsumsi berbagai jenis obat-obatan yang tidak dapat dilepaskan dari berbagai efek sampingnya. Berikut adalah cara diet sehat tanpa obat yang efektif dapat turunkan berat badan.

Perbanyak konsumsi makanan yang kaya nutrisi

Salah satu cara mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Hal ini karena sejatinya tubuh tidak membutuhkan makanan yang enak dan cantik dilihat saja, tapi tubuh memerlukan makanan yang kaya akan kandungan gizinya. Nah, bagi yang sedang menjalankan diet sehat tanpa obat, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang padat gizi.

Akan tetapi, akan lebih baik lagi jika makanan padat gizi yang dikonsumsi juga merupakan makanan rendah kalori. Pemilihan makanan yang padat gizi namun rendah kalori ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah semakin banyaknya lemak yang menumpuk dalam tubuh. Di antara makanan 0 kalori tersebut adalah telur, dada ayam, brokoli, dan lain sebagainya.

Perbanyak konsumsi air putih

Selain makanan padat gizi, tubuh juga memiliki kebutuhan harian terhadap air. Oleh karena itu, kebutuhan air yang yang turut banyak membantu proses metabolisme tubuh ini harus dicukupi terlebih bagi yan sedang menjalankan diet sehat tanpa obat. Hal ini karena dengan mengonsumsi lebih banyak air akan membuat akan melancarkan metabolisme tubuh dan lebih cepat membuat zat-zat yang tidak diperlukan tubuh.

Hindari pengonsumsian makanan dan minuman dalam kemasan

Cara diet sehat berikutnya adalah dengan mengurangi pengonsumsian makanan dalam kemasan. Hal ini karena makanan dalam kemasan adalah makanan dan minuman yang mengandung tinggi kalori. sementara bagi yang sedang menjalankan diet, kalori tinggi adalah jenis makanan yang sebaiknya dikurangi pengonsumsiannya. Sebagai langkah alternatifnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang diolah sendiri.

Hindari pengonsumsian makanan dari daging olahan

Selain makanan dan minuman dalam kemasan, makanan yang sebaiknya dihindari ketika menjalankan diet sehat tanpa obat berikutnya adalah makanan dari daging olahan seperti nugert, sosis, kornet, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengonsumsian garam yang berlebihan. Sebab sebagaimana telah diketahui bersama, makanan dari daging olahan merupaakan makanan yang mengandung tinggi garam.

Rutin berolahraga

Tidak lengkap jika berbagai usaha penurunan berat badan tidak disertai dengan rutin berolahraga. Hal ini karena olahraga merupakan salah satu penunjang keberhasilan diet sehat tanpa obat yang dilakukan. Kalori-kalori yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan akan dapat dinetralkan dan dibakar habis dengan berbagai aktivitas maupun olahraga yang dilakukan. Oleh karena itu, untuk mempercepat proses penurunan berat badan, perlu dilakukan olahraga yang intensif dan rutin setiap hari.

Cukup kebutuhan tidur

Selain olahraga, ketika menjalankan diet sehat tanpa obat tubuh juga memerlukan cukup waktu untuk tidur. Kebutuhan ini akan memungkinkan tubuh memiliki waktu untuk meregenerasi sel-sel yang ada. Sehingga ketika bangun, tubuh akan merasa segar kembali. Selain itu, dengan cukup tidur, tubuh akan terhindari dari risiko stres. Namun, memenuhi kebutuhan tidur di sini bukan hanya dihitung kuantitasnya saja, namun juga dengan kualitas tidurnya.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Kelola stres dengan baik

Cara diet sehat tanpa obat berikutnya adalah dengan mengelola stres. Hal ini meski tampaknya sepele, mengelola stres adalah salah satu langkah penting untuk mendapat hasil optimal ketika menjalankan diet. Langkah yang dapat dilakukan untuk mengelola stres di antaranya ialah dengan memastikan bahwa Anda berada di kondiisi, kesehatan, dan hubungan yang baik.

Demikian adalah paparan mengenai beberapa efek samping penggunaan obat dalam waktu yang panjang serta solusi dengan diet sehat tanpa obat yang ampuh turunkan berat badan. Selain beberapa cara tersebut, saat ini banyak diet populer yang dipercaya ampuh dapat turunkan berat badan dengan cepat. Di antara jenis diet populer tersebut adalah diet pisang, diet telur, DEBM, OCD, diet keto, dan lain sebagainya.

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *