8 Manfaat Dari Kunyit Antibiotik Alami yang Jarang Orang Tahu

Antibiotik merupakan jenis obat yang sering digunakan untuk menenangkan infeksi baik pada bagian atau luar tubuh. Namun, pernahkah kamu menebak bahwa antibiotik bisa ditemukan pada tanaman? Yap, antibiotik ternyata dihasilkan secara alami pada tanaman kunyit. Yuk simak 8 manfaat dari kunyit antibiotik alami satu ini.

1. Memperlambat Pertumbuhan Bakteri

Bakteri bisa tumbuh jika kondisi habitatnya mendukung dengan baik bagi pertumbuhan si bakteri. Contohnya suhunya sesuai untuk pertumbuhan bakteri, terdapat makanan bagi si bakteri dan tidak adanya pengganggu.

Nah, antibiotik alami pada kunyit ini berperan sebagai pengganggu pertumbuhan bakteri tersebut sehingga si bakteri akan menjadi kacau. Keberhasilan dalam menghambat pertumbuhan bakteri juga didukung ketika :

  • Pendistribusian melalui darah lancar
  • Protein binding
  • Volume distribusi sesuai

2. Membunuh Bakteri

Manfaat kunyit antibiotik alami yang kedua adalah bisa membunuh bakteri. Memang, jika penggunaan antibiotik secara terus menerus untuk memberantas bakteri jahat akan membuat bakteri itu resisten pada akhirnya. Malah membuat si bakteri tersebut menjadi lebih kuat.

Untungnya, antibiotik pada kunyit itu alami jadi efek sampingnya tidak separah itu. Antibiotik biasanya hanya untuk membasmi bakteri saja tidak untuk virus. Kenapa bakteri bisa diberantas bahkan tanpa merusak sel pada tubuh manusia? Hal tersebut dikarenakan struktur sel pada bakteri dan manusia ada perbedaan yaitu sel bakteri memiliki dinding sel sedangkan manusia tidak memilikinya. Berikut cara kerja antibiotik pada bakteri :

  • Menghambat sintesis dinding sel pada bakteri
  • Keutuhan permeabilitas dinding sel bakteri jadi terhambat
  • Kerja enzim menjadi terhambat
  • Sintesis asam nukleat dan protein jadi terhambat juga

3. Pencegahan Infeksi

Jika kamu memiliki luka yang biasa, kamu tidak akan khawatir. Tapi, kamu akan mulai khawatir ketika luka kecil tersebut tak kunjung sembuh bahkan mulai menyebar. Jika hal itu terjadi maka dokter sering kali merekomendasikan kamu untuk minum obat antibiotik.

Obat antibiotik memang baik untuk mencegah infeksi karena bisa menghambat pertumbuhan bakteri bahkan membunuh bakteri penyebab infeksi tersebut. Jadi, konsumsi lah kunyit agar kamu bisa mencegah infeksi secara alami dan lebih dini.

4. Kerja Cepat

Kunyit antibiotik alami juga bermanfaat karena cara kerjanya sangat cepat. Dengan begitu, luka atau rasa sakitmu bisa segera diatasi. Memang cara kerjanya berbeda – beda dalam setiap orangnya. Tapi, pada umumnya antibiotik ini akan memulai bekerja setelah kita mengkonsumsinya.

Efek dari antibiotik tersebut akan dirasa sekitar 2 hingga 3 hari di kemudian hari. Agar infeksi bisa segera diatasi, kamu harus meminumnya dengan teratur, biasanya 1 hingga 2 minggu berturut – turut. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh jenis bakteri yang menyerang tubuhmu.

5. Cara Konsumsinya Mudah

Manfaat dari kunyit antibiotik alami lainnya adalah cara konsumsinya yang mudah. Kamu pasti tahu banyak minuman berbahan kunyit yang dijual di Indonesia misalnya jamu. Jika pembuatan jamu masih bisa dibilang sulit maka kamu bisa saja merebus kunyit dan meminum cairan dari rebusan kunyit tersebut. Berikut cara lain untuk mengkonsumsi kunyit :

  • Menyiapkan 2 sendok air kunyit, parutan lobak, ¼ gelas jahe parut, paprika, bawang putih dan cuka apel
  • Campurkan semua bahan kecuali cuka apel ke dalam mangkuk
  • Sisihkan bahan tersebut ke dalam toples
  • Tambahkan cuka apel ke toples tersebut
  • Tutup rapat toples dan simpan di tempat kering atau sejuk selama 2 minggu
  • Setiap harinya, kamu harus periksa toples tersebut dan jangan lupa mengocoknya
  • Ramuan tersebut akan jadi setelah 2 minggu
  • Gunakan untuk kumur – kumur

6. Bisa Dikonsumsi Sebelum Makan

Berbeda dengan kebanyakan obat yang tidak boleh diminum saat perut kosong, kunyit malah direkomendasikan diminum saat belum makan. Kunyit antibiotik alami ini jadi membuat kamu lebih simpel karena tak perlu khawatir dengan jadwan konsumsi kunyitnya.

Khususnya, kunyit ini direkomendasikan di minum di pagi hari setelah bangun tidur. Kandungan anti oksidan, anti inflamasi dan anti bakteri dari kunyit sangat bekerja maksimal pada perut kosong di pagi hari. Adapun manfaat lain dari kunyit selain untuk mencegah infeksi akibat bakteri :

  • Meningkatkan kekebalan tubuh hingga mudah bagi kamu dalam menghindari flu
  • Penyembuhan luka berupa goresan cepat
  • Menghentikan peradangan akibat nyeri otot juga sendi
  • Menurunkan risiko kanker dan tumor
  • Menurunkan kadar kolestrol di dalam darah
  • Mencegah kenaikan gula darah terlalu tinggi
  • Bisa meningkatkan metabolism
  • Mengurangi racun yang masuk dalam tubuh
  • Mencegah alzhaimer

7. Bisa Melawan Banyak Infeksi Sekaligus

Selanjutnya, antibiotik dari kunyit juga bermanfaat dalam menyembuhkan beberapa jenis infeksi sekaligus. Tapi jenis infeksi yang mirip – mirip misalnya luka luar akibat bakteri. Jadi, jenis bakterinya yang masih sejenis yaitu yang mengakibatkan luka pada bagian luar manusia. Beberapa contoh bakterinya adalah :

  • Bakteri penyebab bisul
  • Bakteri penyebab selulitis
  • Bakteri penyebab impetigo
  • Bakteri penyebab folikulitis
  • Bakteri penyebab ektima

Meski memang bisa melawan banyak jenis bakteri sekaligus bukan berarti kamu konsumsi kunyitnya jadi naikkan. Jika seperti itu, malah menjadi terlalu lebih dan tidak baik pada tubuh. Konsumsi secukupnya saja atau seperti biasa yaitu dikonsumsi pada pagi hari setelah bangun tidur dan minum juga sebelum tidur. Pastikan minumannya dalam kondisi hangat.

8. Menghambat Bakteri Berkembang Biak

Manfaat kunyit antibiotik alami yang selanjutnya adalah bisa menghambat bakteri untuk berkembang biak. Sebenarnya hal ini masih ada kaitannya dengan poin pertama dan poin kedua tadi yaitu menghambat pertumbuhan dan membunuh bakteri.

Antibiotik bersifat bactericidal yang  merusak satu demi satu bakteri penyebab infeksi tersebut sehingga dinding sel bakteri bisa runtuh. Ketika sen dinding bakteri runtuh maka proses perkembang biakan bakteri tidak bisa terlaksana.

Ketika bakteri gagal berkembang biak maka jumlah bakteri tersebut akan tetap sama, tidak akan bertambah. Selanjutnya, kekebalan tubuhmu juga akan kembali normal dan bisa memerangi sisa bakteri tersebut yang dinding selnya telah dirusak oelh antibiotik dari kunyit yang kamu konsumsi.

9. Biaya Murah

Manfaat kunyit antibiotik alami selanjutnya adalah biayanya hemat. Banyak orang berpendapat bahwa ingin sehat maka kamu harus mengeluarkan uang lebih banyak dari biasanya. Tapi, itu tak berlaku pada kunyit si obat antibiotik alami ini.

Penulis berpendapat demikian karena untuk memiliki kunyit kita tak harus membelinya, tapi kita bisa menanamnya dengan begitu kunyit ini akan terus berbuah. Cara menanam kunyit juga tak sulit bahkan menggunakan cara vegetatif lebih mudah.

Kamu hanya cukup mempunyai satu buah kunyit lalu potong menjadi dua. Tanam lah kedua potongan tersebut pada tanah. Nantinya, tunas pada kunyit akan tumbuh dengan sendirinya dan akan beranak terus menerus. Kamu tinggal menikmati hasil panennya dan mengkonsumsinya sebagai antibiotik alami. Itulah beberapa manfaat dari kunyit antibiotik alami. Luar biasa banyaknya ya manfaat dari kunyit tersebut. Dengan berbagai kemudahan yang disediakan kunyit seperti mudah ditemukan dan berharga murah, kamu wajib mencoba antibiotik alami ini di rumah.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat buah leci madu

8 Manfaat Buah Leci Madu Untuk Kesehatan Dari Atasi Sembelit Hingga Cegah Kanker

Buah leci madu dikenal sebagai buah yang memiliki cita rasa paling manis dibandingkan buah leci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *