5 Penyebab Kulit Leher Kering Dan Gatal Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

Kulit leher kering dan gatal merupakan masalah yang bisa muncul kapan saja pada seseorang. Dan keadaan ini sangat mengganggumu ketika melakukan suatu aktivitas, bahkan kamu akan terus menggaruk kulit leher tersebut yang bisa menimbul luka.

Nah apabila masalah ini sering kamu alami disetiap saat, ada baiknya kamu untuk mengetahui apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya agar area kulit lehermu bisa kembali normal tanpa adanya rasa gatal yang sangat mengganggu aktivitas. Berikut adalah urainnya.

Apa penyebab kulit leher kering dan gatal?

Suatu masalah kesehatan yang kamu alami saat ini tentu ada penyebab yang melatar belakanginya. Begitujuga ketika kamu mengalami masalah kesehatan pada kulit leher. Untuk itu ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab-penyebabnya.

1. Kebersihan yang kurang terjaga

Penyebab pertama yang kemungkinan besar melatar belakangi kamu mengalami kulit leher kering dan gatal adalah karena faktor kebersihan diri sendiri yang kurang terjaga. Terutama pada bagian leher. Kemungkinan besar ini terjadi karena kamu jarang mandi di setiap harinya. Atau sering mandi namun tidak pernah memperhatikan kebersihan leher sendiri karena alasan malas untuk membersihkan, sulit dijangkaunya bagian leher, atau alasan lainnya.

2. Disebabkan karena alergi

Faktor kedua yang bisa menjadi penyebab permasalahan tersebut karena adanya alergi. Alergi ini bisa disebabkan karena akibat dari terpaparnya bagian leher terhadap zat-zat kimia tertentu, penggunaan perhiasan pada leher yang menyebabkan leher luka dan alergi, serta karena faktor penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kulitmu. Selain itu juga, penyebab alergi pada leher bisa juga disebabkan karena gigitan dari serangga.

3. Iritasi

Saat ini bisa saja kamu mengalami iritasi pada bagian kulit leher. Iritasi ini bisa disebabkan akibat dari kandungan sabun mandi yang kamu gunakan saat mandi, penggunaan pakaian yang berbahan polyester atau wol, produk pengharum yang kamu gunakan, atau bisa diakibatkan akibat reaksi dari deterjen yang kamu gunakan saat mencuci baju yang menjadi penyebab kamu merasakan kulit leher kering dan gatal.

4. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan juga bisa menjadi pemicu kamu mengalami kulit leher kering dan gatal. Misalnya saat kamu melakukan kemah ke suatu tempat yang memiliki lingkungan yang sangat dingin, sedangkan kamu berasal dari lingkungan yang panas. Atau kamu yang berasal dari lingkungan dingin, melakukan wisata ke lingkungan yang panas. Ini terjadi akibat keadaan tubuh yang tidak tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim. Termasuk juga pada bagian kulit leher. Atau bisa saja akibat dari seringnya kulit leher terpapar oleh sinar matahari.

5. Tanda penyakit yang serius

Kendati keadaan kulit leher yang gatal bisa dianggap oleh banyak orang sebagai masalah yang biasa saja, namun pada saat tertentu ini bisa saja menjadi pertanda bahwa kamu akan mengalami atau sedang mengalami penyakit yang serius. Di mana penyakit ini harus memerlukan penanganan yang tepat.

Biasanya keadaan kulit leher kering dan gatal menjadi pertanda beberapa penyakit serius ini. Diantaranya ada:

  • Penyakit kulit
  • Eksim
  • Kudis
  • Herpes zonter
  • Kutu busuk
  • Psoriasis
  • Penyakit ginjal
  • Tiroid
  • Liver
  • Masalah pancreas
  • Multiple sclerosis
  • Dan penyakit lainnya

Bagaimana cara mengatasi kulit leher kering dan gatal?

Permasalah kulit gatal pada leher bisa dengan mudah kamu atasi dengan berbagai cara di bawah. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Menggukan kompres dengan air dingin

Kompres air dingin memiliki banyak sekali manfaat, tak terkecuali utnuk mengatasi kulit leher yang gatal dan kering. Dengan menggunakan cara ini, dipercaya oleh banyak orang bisa meredakan rasa gatal yang terjadi. Cara penggunaannya pun sangat mudah, berikut penjelasannya

  • Siapkan es batu dan lap atau kain
  • Bungkus es batu tersebut menggunakan lap dan kain yang telah disediakan
  • Tempelkan secara perlahan pada bagian leher yang gatal
  • Bisa juga dilakukan sambil memijat pelan
  • Lakukan kegiatan ini beberapa menit

2. Mandi menggunakan air hangat

Cara selanjutnya adalah dengan mandi menggunakan air yang hangat. Air hangat yang dimaksud di sini adalah air yang tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin, atau air yang  suam-suam kuku.

Dengan cara mandi menggunakan air ini, dipercaya dan telah terbukti mampu meredakan masalah gatal pada leher. Begitujuga mampu meminimalisir secara perlahan keadaan kering di leher.

3. Menggunakan pakaian pas dan tepat

Cara pencegahan ini bisa kamu lakukan dengan cara menggunakan pakaian yang agak longgar di bagian leher. Tujuannya supaya tidak terjadi gesekan pada leher yang bisa mengakibatkan iritasi. Begitujuga ketika akan membeli baju, pilihlah baju yang menggunakan bahan alami. Seperti baju yang menggunakan bahan dari katun atau linen.

4. Mandi dengan menggunakan baking soda atau bubuk oatmeal

Selain memanfaatkan air hangat untuk mandi, kamu juga bisa menggunakan bahan rumahan seperti baking soda atau bubuk oatmeal yang dicampurkan pada air mandimu. Cara penggunaannya sangat mudah.

Menggunakan baking soda:

  • Siapkan baking soda secukupnya
  • Tuangkan pada air mandi kamu di kamar mandi
  • Berendamlah di campuran tersebut selama kurang lebih 15 sampai 10 menit

Menggunakan bubuk oatmeal

  • Siapkan bubuk oatmeal
  • Haluskan bubuk oatmeal pada blender hingga halus
  • Taburkan bubuk oatmeal yang sudah halus pada bak air mandi
  • Berendamlah selama kurang lebih 15 sampai 20 menit

Cara tersebut bisa kamu ulangi beberapa kali sesuai kebutuhanmu. Nah catatan penting, jika terjadi tanda-tanda iritasi ketika kamu menggunakan baking soda saat berendam, segeralah hentikan. Jika dibiarkan ini bisa memperburuk keadaan. Karena ada beberapa kulit seseorang yang sangat sensitive terhadap baking soda.

5. Sebisa mungkin untuk menghindari menggaruk leher yang gatal

Hampir ini menjadi kebiasaan semua orang, ketika kulit bagian leher gatal tentu akan digaruk hingga rasa gatal tersebut bisa dihilangkan. Memang, rasa gatal ini bisa hilang untuk beberapa saat. Namun, jika cara menggaruknya yang terlalu keras tanpa terkontrol dapat menimbulkan luka pada kulit bagian leher. Nah jika luka ini dibiarkan tanpa diobati, dapat menimbulkan resiko yang lebih serius. Seperti iritasi.

6. Pilih produk yang hypoallergenic (produk yang tidak rentan menimbulkan alergi)

Salah dalam memilih produk sabun atau parfum yang kamu gunakan pada kulit, dapat memicu alergi yang bisa mengakibatkan rasa gatal pada kulit, termasuk pada bagian leher. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk lebih selektif lagi dalam memilih produk tersebut.

Sebelum membeli beberapa produk sabun atau parfum yang hendak digunakan pada kulit, pilihlah produk yang bersifat hypoallergenic atau produk yang tidak rentan dalam menimbulkan alergi pada kulit pemakainya. Sehingga, ini mampu mencegah kamu merasa gatal pada kulit bagian leher.

Perlukah berobat ke dokter?

Kulit leher gatal dan kering biasanya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan medis. Namun jika masalah ini terus dialami bahkan lebih dari 10 hari dan sangat mengganggu aktivitas kamu, segeralah ambil tindakan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Terlebih jika masalah kulit leher gatal dibarengi dengan beberapa gejala lain, seperti demam, menggigil, sakit kepala, tubuh lemas, sakit tenggorokan, sesak napas, sendi kaku, berkeringat, atau penurunan berat badan, maka wajib untuk mengambil tindakan memeriksakan diri ke dokter. Dengan jalan ini, kamu tentu mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Itulah 5 penyebab beserta cara mengatasi kulit leher kering dan gatal. Semoga bermanfaat!

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *