Konsumsi Kopi Sebagai Salah Satu Minuman Diet Alami untuk Menurunkan Berat Badan

Konsumsi Kopi Sebagai Salah Satu Minuman Diet Alami untuk Menurunkan Berat Badan. Kafein, zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia, adalah bahan kopi yang paling terkenal. Efek menguntungkannya bagi tubuh manusia telah diteliti dengan cukup baik, tetapi kopi secara keseluruhan adalah minuman kompleks dengan ribuan zat berbeda. Beberapa studi berpendapat bahwa kopi tanpa kafein dan kopi berkafein mungkin memiliki efek kesehatan yang sama. Hal itu menunjukkan bahwa bukan kafein yang bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatan kopi.

Kita tahu bahwa kopi memberikan perlindungan antioksidan yang signifikan. Itu sudah diketahui sebagai faktor pencegahan terhadap depresi ringan, Parkinson, dan bentuk kanker usus besar. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan thermogenesis yang merupakan panas yang dihasilkan tubuh. Peningkatan thermogenesis membakar kalori tambahan, tetapi kalori yang dibakar kemungkinan tidak cukup untuk menghasilkan penurunan berat badan. Kafein juga telah terbukti menekan keinginan Anda untuk makan dalam waktu singkat, hal ini dapat berkontribusi pada penurunan berat badan.

minuman diet alami
minuman diet alami

Para peneliti telah melakukan penelitian melihat apakah kopi bertindak sebagai faktor pencegahan pada diabetes tipe 2. Peneliti Harvard menemukan bahwa minum kopi setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit. Peneliti dari Amsterdam menyimpulkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dikaitkan dengan risiko yang jauh lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Tetapi mengonnsumsi kopi Anda dengan krim dan gula tidak akan berhasil jika dikaitkan dengan penurunan berat badan. Namun, kopi hitam, espresso, atau suplemen biji kopi hijau adalah pilihan yang baik untuk dikatakan sebagai minuman diet alami.

Penelitian Tentang Kopi dan Pro Kontra bagi Manusia Sebagai Minuman Diet Alami

Pro Kopi & Penurunan Berat Badan

Beberapa dari kita memiliki hubungan rumit dengan kopi, beberapa orang membutuhkan setidaknya dua cangkir agar dapat berfungsi di pagi hari. Orang lain perlu minum kopi sepanjang hari untuk tetap fokus dan sesuai dengan pekerjaan mereka. Sementara yang lain tidak akan pernah minum kopi bahkan walau hanya secangkir kopi dalam hidup mereka. Ketika berbicara tentang kopi dan penurunan berat badan, ada dua teori berbeda tentang bagaimana kopi dapat memengaruhi penurunan berat badan. Beberapa orang percaya bahwa minum kopi dapat meningkatkan upaya penurunan berat badan dan juga beberapa tidak.

Studi terbaru menunjukkan bahwa kopi dapat mempercepat distribusi lemak tubuh. Lemak dalam tubuh Anda dipecah dan disebarkan, artinya kopi dapat membantu tubuh Anda memproses lemak dengan lebih mudah. Alasan lain mengapa beberapa orang percaya bahwa kopi dapat menurunkan berat badan adalah karena telah dikaitkan dengan menekan nafsu makan. Hal ini berarti bahwa jika Anda minum kopi di pagi hari, Anda dapat menghindari camilan sampai waktunya makan siang. Ciri ciri ini menjadi alas an mengapa kopi menjadi minuman diet alami yang dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Mereka ada yang percaya bahwa kopi dapat berdampak positif pada perjalanan penurunan berat badan. Mereka mengatakan salah satu alasan kopi dapat meningkatkan penurunan berat badan adalah karena efeknya meningkatkan suhu tubuh. Suhu tubuh tinggi menyebabkan metabolisme bekerja lebih keras, sehingga mempercepat waktu yang dibutuhkan tubuh untuk memproses lemak dan kalori. Spesialis lain percaya bahwa kafein itu sendiri akan meningkatkan metabolisme. Namun, ada banyak makanan lain yang dapat mempercepat metabolisme dan tidak menimbulkan efek samping dengan cara yang sama seperti kafein.

Kontra Kopi & Penurunan Berat Badan

Beberapa dari mereka ada yang percaya kopi dapat berdampak negatif pada penurunan berat badan yang sedang kita lakukan. Mereka mengatakan bahwa terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat menyebabkan kelesuan, rasa mudah tersinggung dan mudah menjadi marah. Kopi juga dikenal dapat merusak gula darah, itulah mengapa ada pendapat bahwa kopi bukan minuman diet alami yang baik. Saat Anda minum kopi akan terjadi respons shock yang melibatkan pelepasan gula ke dalam darah untuk diubah menjadi energi. Hal ini yang siap digunakan sebagai bahan bakar oleh otot sebelum respons pertarungan atau lari di dalamnya.

Kopi adalah stimulan, karena itu kopi dapat membuat merasa tegang dan terikat dalam situasi di mana lebih suka merasa tenang. Perasaan gelisah ini bisa berarti Anda akan meraih lemari makanan ringan dan mengambilnya untuk dikonsumsi secara tidak sadar. Kopi juga secara intrinsik terkait dengan situasi yang melibatkan makan dengan situasi tertentu.  Misalnya, kedai kopi menawarkan segala macam kue, biskuit, dan banyak orang akan mengambil camilan seperti itu ketika mereka mengambil kopi. Kopi juga sering disajikan dengan sarapan cepat saji, dan karena itu, mungkin akan mendambakan jenis makanan ini saat minum kopi.

Terlepas bahwa kopi dapat menekan nafsu makan dalam jangka pendek, kebanyakan menemukan bahwa kopi menyebabkan lebih banyak mengidam sepanjang hari. Juga tidak bijaksana untuk minum kopi hanya untuk meningkatkan suhu tubuh untuk memulai metabolisme Anda. Untuk minuman panas yang lebih sehat yang tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah, cobalah teh buah herbal atau teh hijau. Teh peppermint juga merupakan pilihan yang baik, seperti halnya cokelat panas rendah kalori yang bisa jadi pengganti. Rekomendasi ini menjadi salah satu contoh untuk minuman diet alami selain kopi.

Jadi, saran kami adalah untuk mengambil pendekatan yang seimbang dan meskipun ini merupakan stimulan dan dapat menimbulkan keinginan akan gula. Suatu hari tidak akan merugikan dan jika memerlukannya, konsumsi salah satu jenisnya jangan gunakan versi krimnya. Ingat juga jika Anda sedang menyusui, terlalu banyak kafein bisa membuat bayi mudah tersinggung dan tidak bisa tidur. Sebisa mungkin hindarilah kemungkinan buruk atau efek samping yang merugikan dari konsumsi minuman kopi yang terus menerus. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita dari penyakit penyakit yang tidak diinginkan.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Ketika kita mencoba menurunkan berat badan, kita sering melupakan kalori cair atau cairan tubuh yang turun dengan begitu mudahnya. Sebagian besar dari kita fokus pada mengurangi makanan atau makronutrien tertentu saat kita diet dan melupakan asupan cairan. Jadi, mengubah apa yang diminum dapat membuat perbedaan besar dalam upaya penurunan berat badan. Daripada berkata “tidak” pada minuman, cobalah mengatakan “ya” pada minuman paling sehat untuk menurunkan berat badan. Minuman minuman ini dikatakan sebagai minuman diet alami yang baik dikonsumsi oleh tubuh dalam jangka waktu yang lama.

Mengonsumsi berbagai jenis atau varian minuman diet alami tentu menjadi hal yang sudah tidak asing sekarang. Namun semua dosis dan batasan tetap harus dilakukan agar tidak terjadi efek samping. Kita perlu mengatur pola makan dan juga jam tidur sebagai tambahan saat melakukan proses penurunan berat badan. Motivasi dan juga ketekunan perlu juga dilakukan agar tujuan yang diinginkan bisa terjadi dengan cepat dengan hasil yang maksimal.

About Aziza Linda Verra

Check Also

Diet Alami Sehat

Tips 8 Diet Alami Sehat Cocok Dijalankan Bagi Anda yang Tidak Suka Berolahraga

Tips 8 Diet Alami Sehat Cocok Dijalankan Bagi Anda yang Tidak Suka Berolahraga. Banyak dari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *