Konsumsi Jenis Air Minum Yang Sehat 6 Ini Untuk Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Konsumsi Jenis Air Minum Yang Sehat 6 Ini Untuk Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh. Seperti yang kita ketahui jika air minum itu sangat penting karena untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Jenis air minum itu sebenarnya sangat banyak. Namun di pasaran yang paling terkenal adalah jenis air minum mineral. Umumnya, jenis air minum ini bisa ditemukan di berbagai merek air kemasan yang kini banyak dijual di toko-toko.

Air minum sebenarnya menjadi komoditas bisnis masa depan yang begitu menjanjikan. Hal tersebut karena manusia tidak bisa lepas dari air minum yang menjadi penyumbang cairan ke tubuh. Tubuh manusia sendiri membutuhkan 1,5 liter hingga 2 liter asupan air setiap harinya. Tujuannya supaya tubuh bisa berfungsi dengan baik. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, tubuh akan mengalami dehidrasi.

Namun pastikan air minum yang dikonsumsi memenuhi standar yang seharusnya. Misalnya seperti tidak berwarna, tidak berasa dan juga tidak berbau. Dengan begitu, asupan air minum yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi dengan optimal. Bagi yang penasaran mengenai konsumsi jenis air minum yang sehat, maka di artikel ini akan membahasnya. Berikut jenis-jenis air minum yang dimaksud

konsumsi jenis air minum yang sehat
konsumsi jenis air minum yang sehat

Konsumsi Jenis Air Minum Yang Sehat Ini Agar Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh Terpenuhi

Cairan dalam tubuh harus dipenuhi dengan baik agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Masalah yang dianggap sepele ini bisa menyebabkan banyak risiko, misalnya kurangnya konsentrasi, otak tidak bisa bekerja dengan maksimal, sistem metabolisme tubuh berkurang dan masih banyak lainnya. Nah, untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut, Anda bisa mengkonsumsi air putih.

Air putih menjadi air minum yang perlu dipenuhi oleh manusia karena efeknya sangat bagus untuk tubuh. Kini ada banyak jenis air minum yang bisa ditemui di pasaran dari berbagai proses. Konsumsi jenis air minum yang sehat tentu saja menjadi pilihan terbaik karena mempengaruhi metabolisme tubuh. Apa saja jenis air minum tersebut? Simak daftarnya berikut;

Air mineral

Jenis air minum ini menjadi produk yang paling banyak ditemukan dan mudah untuk dicari. Mengapa airnya disebut dengan air mineral? Sebab jenis air ini memiliki berbagai kandungan mineral didalamnya. Air ini biasa didapat dari sumber air alami yang ada di pegunungan. Dimana setelah diambil akan diproses dengan higinies yang selanjutnya bisa lebih layak dikonsumsi.

Umumnya di dalam air minum ini ada beberapa komposisi mineral yang berbeda. Perbedaannya bisa berdasarkan sumber air yang dipakai dan bergantung dari produsen yang menyusun komposisi air mineral ini. Konsumsi jenis air minum yang sehat ini setiap hari agar kebutuhan mineral dalam tubuh bisa terpenuhi dengan baik.

Air demineralized

Jenis air minum ini memang sedikit berbeda meskipun dari segi nama ada beberapa kesamaan. Jadi air minum ini adalah jenis air minum yang telah mengalami demineralisasi dari pemrosesan tertentu. Jadi tidak heran jika airnya tidak memiliki kandungan mineral didalamnya. Bukan hanya itu saja, airnya juga sudah mengalami proses permurnian sehingga kadar fluorida didalamnya lebih rendah.

Fluorida sendiri menjadi jenis mineral yang memang ada banyak di air alam. Flourida adalah senyawa yang bisa untuk melindungi gigi dan juga membentuk tulang gigi lebih sempurna. Konsumsi jenis air putih yang sehat ini cukup bagus untuk tubuh manusia. Namun ingat, jangan terlalu berlebihan ketika konsumsi air minum ini karena menyebabkan flourosis pada gigi.

Air Artesis

Selain dua air minum yang telah disebutkan tadi, ada juga air minum sehat yang diberi nama air artesis. Jenis air minum ini adalah air yang sebelumnya didapatkan dari lapisaan batu yang berada di bawah tanah. Istilah atau nama artesis di sini memang mengarah ke bagian sumber air yang asalnya dari lapisan aquaifer atau lapisan penyaring alami yang ada di bawah permukaan tanah.

Air ini asalnya dai penyedotan yang dilakukan di bagian endapan air yang sudah tersaring dengan pasir halus. Selanjutnya air tersebut diolah untuk menyaring bagian elektrolit serta zat kimia yang bermanfaat di dalamnya. Konsumsi jenis air minum yang sehat ini juga disarankan karena masih alami sehingga menyehatkan tubuh.

Air alkali

Berikutnya adalah air minum alkali. Bagi yang berkecimuk di dunia kedokteran bukan tidak asing dengan nama alkali. Jadi air minum ini adalah jenis air minum kemasan yang phnya lebih dari 7. Karena ph yang dimilikinya, air minum alkali sangat bagus untuk tubuh. Bahkan pihak kedokteran mengklaim  jika air minum ini bisa menurunkan kadar asam yang ada dalam tubuh.

Khususnya kadar asam berlebihan yang ada di bagian saluran pencernaan. Dimana kadar asam tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah akut seperti maag hingga kanker. Sayangnya, penelitian seputar air alkali untuk tubuh masih sangat terbatas. Konsumsi jenis air minum yang sehat ini masih diperbolehkan tapi dengan jumlah yang tidak terlalu berlebihan agar tidak merusak kesehatan tubuh.

Sparkling water

Air minum sehat lain yang bisa dikonsumsi di sini adalah sparkling water. Bagi yang sering mengonsumsi air minum ini tentu saja tahu betul seputar air minumnya. Tidak heran karena keberadaannya di masyarakat sangat dikenal luas. Sparkling water menjadi jenis air minum yang memiliki karbonasi yang sudah bebas akan kalori, tidak ada garam tambahan dan juga gula tambahan.

Sparkling water jika dikonsumsi oleh tubuh akan memberi efek menyegarkan yang bisa bertahan lama. Sensasi segar yang muncul ini karena adanya gelumbung yang ada dalam air minum tadi. Umumnya, konsumsi jenis air minum yang sehat ini banyak dikonsumsi oleh kalangan masyarakat perkotaan. Pasalnya di sana ada banyak toko yang menjual jenis air minum ini.

Simak artikel menarik lainnya disini.

Distilled water

Jenis air minum terakhir yang ada di pasaran adalah distilled water. Jenis air minum ini menjadi bagian dari purified water yang sangat terkenal itu. Untuk bisa mendapat air minum ini tentu saja harus ada proses khusus. Dimana proses yang dimaksud adalah proses distilasi dengan cara menguapkan beberapa air untuk memurnikan air dari berbagai bahan yang terkontaminasi.

Bahan-bahan ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Contohnya maag, gangguan pencernaan hingga kanker. Meskipun begitu, proses distilasi ini juga rentan terhadap penghilangan beberapa kandungan mineral yang menyehatkan tubuh pengkonsumsinya. Sehingga kandungan mineral didalamnya berkurang. Konsumsi jenis air minum yang sehat ini juga disarankan karena tergolong alami dan tidak membahayakan tubuh.

Konsumsi air minum adalah hal penting yang wajib dipenuhi oleh manusia. Kita sendiri tahu jika sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Nah, konsumsi jenis air minum yang sehat ini bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Tidak heran jika Anda harus mengonsumsi air minum dengan batas yang disarankan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *