Waspada 7 Komplikasi Virus Corona yang Berbahaya, Wajib Tahu!

sumbersehat.com – Komplikasi virus corona ternyata mengerikan lho. Bila selama ini orang hanya banyak menyangka bahwa virus corona hanya membawa efek yang sangat tidak baik untuk sistem pernafasan, maka setelah melalui berbagai penelitian dan kasus yang terjadi, didapatkan hasil yang cukup mengagetkan.

Rupa-rupanya virus corona ini tidak hanya menyerang daerah dan sistem pernapasan saja. Namun organ-organ penting lainnya ikut terkena dampak yang cukup membahayakan. Bukan sekedar membahayakan saja, bahkan berpeluang mengancam keselamatan jiwa. Sangat perlu tahu komplikasi virus corona agar Anda tahu bagaimana menanggulanginya. Berikut penjelasannya!

komplikasi virus corona
virus corona

Tingkatkan Kepedulian Pada Bahaya Penularan

Lebih dari itu, efek-efek yang ditimbulkan karena komplikasi virus corona dapat mengurangi kualitas hidup seseorang di sisa usianya. Karenanya sebelum terserang corona, baiknya lebih menjaga kesehatan dan melakukan pencegahan sesuai standar kesehatan. Bukan apa-apa karena penyakit ini sangat menular sehingga kecerobohan seseorang yang tak peduli akan dampak corona dapat mengakibatkan banyak orang menjadi korbannya. Apkan tidak merasa bersalah bila hal itu terjadi hanya karena keteledoran kita yang merasa kuat lalu keluarga dekat menjadi korban.

Coba bayangkan taruhlah ada yang tidak percaya bahwa virus corona itu berbahaya. Lalu berbuat seenaknya tak mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat dan WHO. Namun ternyata fakta di lapangan membuktikan bahwa komplikasi virus corona serta korban berjatuhan begitu banyak dan cepat. Nah, kecerobohan karena merasa bahwa corona tidak berbahaya membawa kematian orang lain, bukankah hal itu sama seperti melakukan pembunuhan massal. Mana tanggung jawab terhadap keluarga yang jadi korban.

Hati-hati juga tanggung jawab dihadapan Tuhan pun harus dilakukan. Coba apakah masuk akal bila dikatakan bahwa virus ini hanya fiktif belaka? Sedangkan para pakar dan ahli kesehatan di seluruh dunia telah menyatakan bahwa corona memang berbahaya dan mematikan. Yuk ah mulai peduli dengan kesehatan dan keselamat orang lain. Jangan merasa benar sendiri. Wabah telah menyebar ke berbagai belahan dunia. Semua memberitakan hal yang sama. Wabah ini menyebabkan kematian massal.

Cara Penularan Virus Corona

Lalu faktor apakah yang menyebabkan virus corona sangat mudah menyebar, menular, dan menyebabkan komplikasi virus corona. Percikan air liur para penderita corona yang menempel di mana saja sangat mudah berpindah pada orang lain yang bukan penderita. Bila orang yang tak menderita corona terpapar air liur tersebut, maka bila tangan menyentuh mata atau hidung sebelum dibersihkan dengan sabun, otomatis virus corona akan memiliki tempat baru untuk berkembang biak.

Karena itulah sangat dianjurkan untuk sering-sering mencuci tangan. Agar ketika tangan menyentuh hidung, mulut, atau mata, maka virus corna tak akan masuk ke tubuh melalui tiga hal perantara masuknya virus tersebut. Meskipun jarang terjadi namun virus corona dapat pula menular melalui tinja atau feses orang yang terinfeksi.

Komplikasi Virus Corona pada Kesehatan Tubuh

Efek yang ditimbulkan sayangnya bukan hanya saat pasien mengalami symptom ketika terserang corona. Efeknya bisa berdampak sampai bertahun-tahun setelah sembuh dari corona. Bahkan sebagian bisa berefek sampai seumur hidupnya. organ-organ vital seperti ginjal, jantung, hati, paru-paru, bahkan otak dapat mengalami kerusakan permanen. Ya kondisi tubuh pasien memang sangat mempengaruhi kekuatan virus corona dalam merusak organ-organ tubuh lainnya. Nah apa saja komplikasi virus corona yang mungkin timbul. Berikut penjabarannya!

1. Gagal Nafas

Merupakan dampak yang paling umum dan paling banyak dialami oleh para penderita corona. Yang terjadi dalam tubuh tak dapat menerima cukup oksigen ditambah tak mampunya tubuh untuk membuang banyak karbondioksida. Gagal nafas adalah penyebab utama kematian para penderita virus corona.

Menurut penelitian di Tiongkok, ada sekitar 15-33% pasien corona yang mengalami komplikasi virus corona gagal nafas atau ARDS. AIDS merupakan kependekan dari Acute Respiratory Distress Syndrome. Sehingga sangat membutuhkan alat bantu napas. Yang kebanyakan terjadi di negara manapun, pihak rumah sakit kekurangan alat bantu nafas karena membludaknya pasien corona. Sehingga pasien yang tidak dapat bantuan alat bantu nafas mengalami kematian.

2. Pneumonia

Kondisi yang terjadi karena kantung udara pada paru-paru mengalami peradangan hebat dan itu juga salah satu komplikasi virus corona. Karena gejala pneumonia ini, pasien menjadi sulit bernafas. Sebagai informasi bahwa paru-paru para penderita corona dipenuhi oleh nanah, cairan, serta kotoran-kotoran sel.

Sehingga oksigen yang harusnya didistribusikan ke seluruh tubuh terhambat. Efeknya tentu saja organ-organ lain yang tidak mendapatkan oksigen akan rusak dan bahkan mati karena tidak ada asupan oksigen. Karena itu, terkadang pasien membutuhkan alat bantu oksigen untuk membuat pasien bernapas lega.

3. Syok septik

Tekanan darah pada kasus syok septik dapat terjadi. Terjadinya pun secara drastis akibat organ sehat dalam tubuh dirusak oleh respon tubuh yang keliru. Jadi sel-sel tubuh yang sehat justru yang diserang, tentu saja bila ini terjadi terus-menerus ang terjadi adalh kerusakan sel yang dahsyat dan kematian penderita tak dapat dihindari.

4. Rhabdomyolysis

Komplikasi virus corona berikutnya adalah rhabdomyolysis. Meskipun memang tidak sering terjadi pada pasien corona, kemungkinan akan mengalami rhabdomyolysis yang merupakan kondisi jaringan otot yang rusak dan mati bisa saja terjadi. Efek lanjutannya adalah protein dalam sel akan tumpah dan mengalir membanjiri aliran darah. Apabila ginjal tidak dapat menyaringnya maka fungsi tubuh akn rusak dan menimbulkan kematian.

5. Kerusakan ginjal yang sangat parah

Bila komplikasi in terjadi maka akan sangat membahayakan nyawa penderita. Fungsi ginjal yang terganggu biasanya menyebabkan penderita harus cuci darah. Namun seringkali bila tak dapat diatasi, maka penderita harus cuci darah seumur hidupnya.

6. Kerusakan hati yang sangat parah

Komplikasi yang merusak organ hati sangat mungkin terjadi. Nah komplikasi terbesar yang mungkin menyerang adalah pasian mengalami kerusakan hati.

7. Kerusakan jantung

Komplikasi virus corona bisa menyebabkan kerusakan yang berkaitan dengan organ jantung. Di antaranya penyakit jantung yang mungkin menyerang adalah aritmia yaitu kelainan irama jantung. Selain itu miokarditis atau terjadinya perdagangan otot jantung.

Penyebab corona adalah virus COViD-19 atau lebih dikenal dengan Novel Coronavirus. Menyebabkan pneumonia akut di Wuhan, Tiongkok pada Desember 2019. Menyebar ke negara lain sejak Januari 2020. Kemudian tepat bulan Maret 2020, negara kita pun mengalami serangan virus ini sampai saat ini yaitu September 2020.

Orang-Orang yang Beresiko Terserang Virus Corona

Usianya di atas 65 tahun. Daya tubuh lansia memang sudah tidak sebaik yang muda. Kemudian mereka memiliki riwayat penyakit kronis lainnya seperti asma, jantung, ginjal, paru-paru, dan lain sebagainya. Selain itu para pecandu rokok juga beresiko tinggi terkena corona. Orang-orang dengan sistem imunitas yang rendah pun sangat beresiko menderita komplikasi virus corona. Mereka yang sedang menjalani pengobatan kanker. Orang-orang dengan massa tubuh di tubuh 40 atau orang dengan obesitas.

Selain itu mereka dengan riwayat diabetes tidak terkontrol. Bukan hanya itu, para penderita penyakit hati juga beresiko. Para penderita AiDS yang namun tidak rutin minum obat pastinya masuk juga dalam orang-orang yang beresiko tinggi. Luar biasa lho efek yang dapat ditimbulkan karena corona. Komplikasi virus corona yang dapat menurunkan kualitas hidup mereka yang survive sekalipun. Sebagian yang terserang bahkan tidak sedikit yang mengalami kematian. Mari kita lebih peduli dan saling menjaga agar wabah ini dapat segera berakhir.

Demikianlah ulasan tentang komplikasi virus corona yang harus Anda ketahui agar tidak memperparah kondisi Anda atau penderita covid-19 tidak bertambah parah. Semoga bermanfaat dan tetap simak sumbersehat.com.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *