Mengapa Kita Dianjurkan Olahraga Sehat di Pagi Hari? Berikut 8 Alasannya

Mengapa Kita Dianjurkan Olahraga Sehat di Pagi Hari? Berikut 8 Alasannya Banyak orang saat ini terlihat lebih aktif pada sore dan malam hari. Aktif di sini mengacu pada rutinitas olahraga dan kebugaran mereka. Meskipun sebagian orang mencoba bangun pagi untuk melakukan olahraga rutin, namun kebanyakan mereka masih memilih untuk melakukannya nanti. Banyak orang berpikir bahwa mereka memiliki lebih banyak waktu di siang hari. Meskipun itu mungkin benar karena ada banyak prioritas lain yang harus diselesaikan di pagi hari. Namun Anda mungkin akan kehilangan manfaat penting dari berolahraga di pagi hari.

Beberapa penelitian menunjukkan ada banyak manfaat utama yang bisa Anda nikmati dari olahraga pagi. Bahkan manfaat ini mungkin tidak dapat Anda peroleh dari waktu lain dalam sehari. Apakah Anda orang yang suka bangun pagi atau tidak, Anda mungkin ingin memeriksa ulang jadwal olahraga Anda. Terutama setelah Anda memeriksa beberapa alasan berikut ini.

Olahraga sehat di pagi hari
Olahraga sehat di pagi hari

Alasan Bagus Mengapa Harus Olahraga Sehat di Pagi Hari

Lebih sedikit gangguan di pagi hari

Olahraga sehat di pagi hari biasanya tidak terlalu rentan terhalang gangguan. Saat pertama kali Anda bangun, Anda mungkin belum mulai mengerjakan daftar tugas hari itu. Anda juga cenderung tidak menerima panggilan telepon, pesan, atau email. Untuk itu, dengan gangguan yang lebih sedikit, maka Anda cenderung bisa melanjutkan latihan olahraga dengan tenang.

Menghindari panas

Ketika cuaca sedang panas, maka berolahraga di pagi hari adalah opsi yang paling tepat. Anda pasti merasa lebih nyaman untuk melakukan olahraga di pagi hari, mengingat cuaca di pukul 10 pagi hingga 3 sore mungkin sangat panas. Selama waktu ini, Anda mungkin bisa melakukan olahraga di dalam ruangan. Namun jika Anda lebih suka aktivitas luar ruangan, maka sebaiknya berolahraga di pagi hari, terutama pada hari-hari yang sangat panas.

Olahraga di pagi hari membakar lebih banyak lemak

Berolahraga secara umum dapat membantu Anda membakar lemak. Tapi, sedikit yang Anda ketahui bahwa senam pagi jauh lebih efektif dalam membakar kalori dan lemak berlebih. Pasalnya, oksidasi lemak ditemukan terjadi secara alami ketika olahraga dilakukan sebelum sarapan. Untuk itulah, melakukan olahraga sehat di pagi hari sebelum sarapan akan mewujudkan impian Anda untuk penurunan berat badan.

Jika Anda benar-benar ingin membakar lebih banyak lemak dan kalori, maka oksidasi lemak yang efisien adalah hal yang Anda butuhkan. Tidak hanya membantu Anda membakar lemak, ini juga membantu Anda meminimalkan risiko terkena diabetes. Rutinitas olahraga sebelum sarapan umumnya meniru cara kerja puasa, yang ternyata merupakan faktor paling baik dalam menurunkan berat badan.

Kulit Anda akan bersinar secara alami

Olahraga setiap saat sepanjang hari mungkin dapat membantu Anda dalam mendapatkan kilau alami pada kulit. Namun tidak ada yang bisa mengalahkan cahaya, yang bisa Anda dapatkan dari rutinitas di pagi hari. Banyak studi menemukan bahwa orang yang melakukan olahraga sehat di pagi hari cenderung memiliki kulit lebih bercahaya secara alami. Bahkan kulit mereka juga lebih bersinar dibandingkan mereka yang berolahraga di malam hari.

Kehangatan sinar matahari di waktu pagi tampaknya merupakan faktor hebat, yang bisa memengaruhi perkembangan dan kesehatan kulit Anda. Maka dari itu, akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk melembabkan dan membersihkan pori-pori selama waktu-waktu ini. Sementara itu, olahraga di waktu siang atau sore hari mungkin agak kurang baik bagi kulit Anda karena efek sinar UV.

Anda akan tidur lebih nyenyak di malam hari

Olahraga sehat di pagi hari akan membuat tubuh Anda lelah dan stres di penghujung hari. Yang mana ini akan menghasilkan tidur lebih nyenyak dari biasanya. Selain itu, olahraga di pagi hari juga tidak hanya memengaruhi kualitas tidur Anda. Namun ini, juga membantu Anda mendapatkan istirahat yang lebih lama. Perhatikan bahwa olahraga adalah salah satu bentuk stres. Sementara tubuh manusia dirancang untuk bereaksi terhadap stres dengan melepaskan hormon dan meningkatkan adrenalin.

Bayangkan saja saat Anda melakukan senam dan olahraga pada malam hari. Maka peningkatan adrenalin akan memengaruhi pola tidur Anda saat waktu tidur tiba. Melakukan olahraga di malam hari hanya akan membuat Anda tetap terjaga. Untuk itulah ini agaknya kurang sehat bagi tubuh Anda. Mengingat tubuh Anda juga memerlukan istirahat yang cukup untuk bisa menjalankan fungsinya.

Mengurangi stres dan depresi lebih awal

Melakukan kegiatan yang aktif akan membantu Anda dalam mengurangi stres dan depresi. Untuk itu akan ada lebih banyak alasan untuk melakukannya sebelum memulai hari. Bangun untuk melakukan rutinitas olahraga sehat di pagi hari akan membantu tubuh Anda menghasilkan endorfin atau hormon bahagia. Yang mana ini akan mencegah Anda dari perasaan sedih dan depresi.

Karenanya, Anda akan merasa jauh lebih baik sepanjang hari. Terutama ketika Anda memulai hari dengan olahraga yang bisa mengisi Anda dengan hormon-hormon ini. Anda mungkin juga jauh lebih percaya diri dalam menghadapi hari, sehingga dapat meningkatkan produktivitas sepanjang hari. Bahkan akan lebih sulit bagi Anda untuk merasa sedih atau cemas, bahkan setelah hari yang melelahkan.

Metabolisme Anda akan bekerja lebih cepat

Salah satu manfaat terbesar yang Anda peroleh dari olahraga sehat di pagi hari adalah peningkatan dramatis metabolisme tubuh. Setelah Anda selesai berolahraga, Anda sebenarnya tetap dapat membakar kalori. Proses ini dinamakan Excess Post Exercise Oxygen Consumptions atau EPOC. Yang mana ini bisa Anda dapatkan ketika berolahraga di pagi hari, terutama sebelum sarapan.

Begitu Anda mengkonsumsi makanan, protein dalam tubuh Anda akan digunakan sebagai sumber energi. Ini juga digunakan untuk mengisi sistem Anda kembali. Semua proses ini menunjukkan bahwa olahraga pagi dapat membuat metabolisme Anda bekerja lebih cepat dan lebih baik. Yang mana, manfaat ini tidak bisa Anda dapatkan melalui olahraga di malam hari.

Baca artikel lainnya disini

Membantu membangun otot lebih efisien

Saat Anda ingin membangun dan mendapatkan lebih banyak otot, maka Anda membutuhkan lebih banyak testosteron dalam tubuh. Lantas, jam berapakah tingkat testosteron Anda berada di puncaknya? Ya, itu tepat di pagi hari setelah Anda bangun tidur. Oleh karenanya, melakukan olahraga sehat di pagi hari akan membantu Anda dalam membangun otot menjadi lebih efektif dan efisien. Mengingat saat itu tubuh Anda berada dalam kondisi pembentukan otot yang prima.

Anda mungkin merasa bahwa Anda bukan tipe orang yang suka bangun pagi. Namun jika Anda benar-benar ingin membuat momen yang mengubah hidup sejalan dengan kondisi kesehatan dan kebugaran, maka ubahlah mindset Anda. Cara terbaiknya yakni dengan memulai olahraga sehat di pagi hari. Ini tidak hanya memiliki manfaat kesehatan, namun juga kesejahteraan secara keseluruhan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *