Kiat Mengendalikan Stres sebagai Upaya untuk Menjaga Kesehatan Jiwa

Kiat mengendalikan stress sebagai upaya untuk menjaga kesehatan jiwa. Tidak dapat dipungkiri bahwa stress dapat menjadi salah satu penghambat yang berpotensi menggagalkan upaya seseorang melakukan sesuatu. Stres dapat muncul sebagai reaksi atas terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, hal-hal yang tidak ingin ditemui, hingga hal-hal yang sama sekali tidak direncanakan. Respon seseorang terhadap stres pun beragam, ada yang positif, namun tidak sedikit pula yang memberikan respon negatif.


Respon positif terhadap stres dapat tampak pada orang-orang yang justru menjadikannya sebagai motivasi untuk lebih giat berusaha, akan tetapi, sebaliknya, respon negatif terhadap stres akan membuat orang tersebut lebih banyak mengeluh, hilang semangat dan hingga pada akhirnya ia berputus asa. Stres berkepanjangan akan memungkinkan orang tersebut mengalami gangguan-gangguan kesehatan dan kejiwaan yang lebih serius.

Cara membina diri agar kesehatan jiwa terjaga

kesehatan jiwa
kesehatan jiwa

Ketidakcakapan seseorang mengendalikan stres dapat berdampak buruk pada kesehatan jiwa dan tubuhnya sendiri. Hal ini dikarenakan stres tidak dapat dicegah, akan tetapi masih dapat dikendalikan dengan cepat. Oleh karenanya, perlu kecakapan untuk membina diri mencapai kondisi sehat jiwa. Berikut adalah 8 kiat pengendalian stres untuk menjaga kesehatan jiwa.

Merencanaan masa depan dengan lebih baik

Tidak semua orang beruntung dilahirkan dari orang yang berkecukupan. Karenanya, anak dari kalangan menengah ke bawah banyak yang merasa terbebani dengan cita-cita membawa keluarganya pada kehidupan yang lebih baik. Beban yang ditanggung di pundak dan di pikiran tersebut dapat menjadi salah satu penyebab stres si anak.

Jika Anda merasa kehidupan Anda tidak lebih baik dengan “si anak”, yang perlu Anda lakukan adalah mulai merencanakan segala sesuatu agar terstruktur. Hal ini, akan meminimalisir kemungkinan munculnya stres yang akan mengganggu kesehatan jiwa Anda. Cara ini dapat Anda lakukan dengan menulis resolusi-resolusi pada buku catatan Anda tentang apa yang harus Anda capai, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan, dan masalah-masalah serta solusi yang akan Anda lakukan jika permasalahan tersebut benar-benar Anda temui.

Merencanakan keuangan

Di antara penyebab munculnya stress adalah uang dan pekerjaan. Oleh karenanya, penting untuk melakukan perencanaan keuangan yang mengatur pemasukan, pengeluaran, dan tabungan untuk berjaga-jaga akan kebutuhan mendesak. Sayangnya, seringkali yang terjadi adalah besar pasak daripada tiang, yakni lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Alhasil, jalan yang dipilih kemudian adalah dengan mencari pinjaman. Sehingga selain pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari, Anda juga harus memikirkan cicilan. Bertambah pula beban pikiran.

Sekali lagi, perencanaan akan membantu Anda mengatur hal tersebut. Dengan mengesampingkan kebutuhan tersier, seperti keinginan membeli barang-barang mewah yang tidak Anda perlukan, Anda akan dapat menyisihkan beberapa rupiah sebagai tabungan untuk berjaga-jaga jika ada kebutuhan mendesak di waktu yang akan datang. Tabungan akan sangat membantu Anda jikalau Anda menghadapi keadaan sulit di masa depan, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan Anda mengalami stress yang berakibat pada terganggunya kesehatan jiwa Anda.

Menghindari perubahan-perubahan besar dalam waktu yang bersamaan

Tidak berjalannya suatu hal seperti yang telah direncanakan sebelumnya dapat menjadi salah satu hal memicu munculnya stres. Misal, Anda baru saja pindah rumah yang mengharuskan Anda mencari pekerjaan baru, bertemu dengan tetangga-tetangga baru, hingga harus akrab dengan suasana lingkungan yang baru. Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan cukup waktu untuk menyesuaikan diri dengan segala macam perubahan yang sama sekali berbeda dengan tempat, pekerjaan, tetangga, dan lingkungan Anda yang baru.

Penerimaan diri sendiri sebagaimana adanya

Di antara langkah untuk membina kesehatan jiwa adalah dengan penerimaan diri sendiri. Yang pertama harus dilakukan adalah dengan menyadari kelebihan dan kekurangan diri. Penilaian positif atas diri sendiri cenderung akan membuat seseorang memiliki keyakinan untuk mengatasi semua masalahnya dengan baik, sebaliknya penilaian negatif yang muncul dari diri sendiri dapat diatas dengan mengupayakan perbaikan: tentang prinsip dan tujuan hidup, misalnya. Dengan demikian, pemahaman atas diri sendiri akan muncul dari proses kita melakukan penilaian diri.

Penerimaan lingkungan

Di antara penyebab stress lainnya adalah keadaan lingkungan yang tidak seperti yang kita harapkan. Bisa jadi kita pernah mengimpikan hidup di kota besar, dekat dengan fasilitas-fasilitas publik dan kemudahan yang lainnya, sedangkan kenyataan berkata sebaliknya. Impian untuk mendapatkan kemudahan-kemudahan yang akan didapat ketika kita berada di dunia utopis tersebut, baiknya sedikit-sedikit harus kita ubah. Kita harus mulai menerima apa yang ada di sekitar kita. Akan lebih baik lagi, jika kita mengusahakan hal-hal baik di dunia utopis ada di lingkungan ki

Berbuat sesuai dengan kemampuan

Tidak salah jika kita berusaha melakukan banyak hal, sehingga membuat kita percaya diri mengambil semua pekerjaan. Akan tetapi, pekerjaan yang menumpuk-numpuk dan tidak segera diselesaikan satu per satu dapat menjadikan salah satu penyebab munculnya stress yang menjadi indikator terganggunya kesehatan jiwa. Untuk menghindari hal tersebut, yang harus kita lakukan adalah mengetahui kemampuan diri, ambil pekerjaan yang tentu mampu kita selesaikan.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Terkadang, Anda juga perlu waktu luang yang efektif untuk diri sendiri. Waktu yang tidak diganggu oleh pekerjaan, orang, atau apa-apa yang telah menyita banyak waktu di hari-hari biasanya. Anda dapat mulai menjadwalkan rekreasi di akhir pekan, atau meluangkan sepuluh menit di awal pagi untuk meminum kopi di teras rumah sambil bersantai barangkali dapat membantu membantu Anda menenangkan hati dan pikiran sebelum memulai kesibukan seperti biasanya.

Melakukan relaksasi

Respon fisik terhadap stress di antaranya adalah ketegangan otot yang menyebabkan kepala merasa berkunang-kunang. Jika sudah demikian, pekerjaan yang semua Anda kerjakan akan tertunda penyelesaiannya. Untuk menghindari hal tersebut, yang perlu Anda lakukan yakni melakukan perenggangan otot yang kaku selama sepuluh hingga lima belas menit setiap harinya. Hal ini jika dilakukan secara terus menerus akan menjadi kebiasaan yang baik untuk kebugaran dan kesehatan jiwa.

Demikian adalah 8 kiat yang dapat Anda lakukan sebagai upaya mengendalikan stres. Gangguan stress ini dapat menjadi penyakit yang serius tidak dapat diatasi dengan segera. Jika pada tahap awal pengidap stress mengalami hanya mengalami  gangguan tidur, sukar konsentrasi, merasa pening dan lainnya, pada kondisi stres ekstrim dan berkepanjangan dapat menimbulkan penyakit-penyakit serius, seperti tekanan darah tinggi, asma berat, serangan jantung dan lain sebagainya. Oleh karenanya, penting untuk kita memperhatikan hal yang satu ini.

Barangkali Anda pun sudah tidak asing dengan ungkapan “di balik tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat” yang dapat dipahami bahwa dengan menjaga kesehatan jiwa kita secara tidak langsung juga sedang menjaga kesehatan tubuh kita. Hal ini pun berlaku sebaliknya. Oleh karena itu, selain gaya hidup sehat yang perlu dijaga, perlu juga untuk memanajemen stress sebagai salah satu upaya mencapai kondisi sehat jiwa.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *