12 Kiat Diet Sehat dan Alami, Turunkan Berat Dengan Sehat

Sumbersehat.com – Kiat diet sehat dapat membantu Anda dalam mendapatkan berat badan ideal yang cepat dan tetap sehat. Bukan lagi sebuah rahasia, memiliki badan yang ideal adalah dambaan setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Salah satu cara yang dilakukan oleh kebanyakan orang adalah dengan melakukan diet.

Namun, sebelum Anda memastikan untuk melakukannya, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu kiat diet sehat. Karena setiap orang memiliki kondisi jasmani yang berbeda. Maka, pastikan bahwa diet yang dilakukan itu adalah diet yang menyehatkan dan tidak membahayakan.

kiat diet sehat
kiat diet sehat

Tips Diet Sehat Alami yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Ada beberapa tips diet sehat alami yang perlu Anda perhatikan sebelum diet, simak beberapa kiat berikut ini:

Utamakan makanan berserat tinggi untuk dikonsumsi ketika diet

Menjaga agar berat badan tidak naik, sekaligus menurunkan berat badan merupakan manfaat dari makanan berserat. Kadar serat yang tinggi biasanya berada di kacang-kacangan, sayuran dan buah. Selain membantu dalam menjaga kestabilan berat badan. Serat juga berguna untuk melancarkan buang air besar. Jadi hal ini sangat membantu dalam menurunkan berat badan.

Tingkatkanlah konsumsi sayur

Selain mengutamakan makanan berserat, kiat diet sehat yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sayur. Jika selama ini Anda masih lebih dominan mengonsumsi karbohidrat, maka cobalah untuk menguranginya. Kemudian diganti dengan meningkatkan mengonsumsi sayur-sayuran.

Jika Anda menginginkan olahan sayuran yang lebih variatif, Anda bisa mengolahnya menjadi salad.  Meningkatkan konsumsi sayur dalam bentuk olahan apapun, sangat membantu agar tubuh kenyang lebih lama. Maka tidak heran, jika ini menjadi kiat diet sehat dan cepat yang sangat direkomendasikan.

Diet ‘modis’ tidak dianjurkan untuk dilakukan

Kiat diet sehat yang selanjutnya adalah dengan menghindari diet ‘modis’ atau fad diet. Memang, secara hasil diet yang satu ini hasilnya lebih cepat. Akan tetapi diet ini sangat ketat dilakukan dan sulit dipertahankan.

Untuk jangka panjangnya, berat badan justru akan naik dan turun dengan cepat tanpa terkontrol. Apalagi kalau sampai diet yang Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi obat pelangsing yang tidak jelas. Maka sangat tidak dianjurkan untuk melakukan diet yang satu ini.

Mengurangi karbohidrat olahan karena mengandung sedikit nutrisi

Tidak hanya sedikit, karbohidrat olahan bahkan terkadang tidak ada nutrisinya sama sekali. Beberapa contoh dari karbohidrat olahan adalah tepung, pasta dan roti tawar.

Karbohidrat yang kompleks seperti gandum, quinoa maupun kentang dapat menjadi pengganti dari karbohidrat olahan. Selain kaya akan nutrisi, karbohidrat jenis ini juga membuat kita kenyang lebih lama. Itulah mengapa, mengonsumsi makanan ini menjadi salah satu kiat diet sehat.

Diet bukan berarti membiarkan tubuh kelaparan begitu saja

Beberapa orang berpikiran, bahwa diet merupakan aktivitas di mana seseorang membiarkan begitu saja rasa lapar. Sehingga, ketika sinyal lapar itu datang, kebanyakan orang akan mengabaikannya dengan dalih karena sedang diet.

Padahal faktanya tidak seperti itu, jika Anda mengetahui kiat diet sehat yang benar. Ketika rasa lapar dibiarkan begitu saja, yang terjadi adalah adanya perasaan balas dendam. Yaitu untuk nantinya makan dalam jumlah yang lebih banyak ketika waktu diet usai.

Salah satu tips untuk tetap kenyang ketika diet adalah dengan menyiapkan cemilan sehat maupun memperbanyak minum air putih. Untuk poin kedua akan dibahas lebih lanjut di penjelasan berikutnya.

Pentingnya tercukupi kebutuhan air minum setiap orang

Air minum yang dimaksud di sini lebih kepada air putih, bukan minuman manis apalagi minuman bersoda. Ada baiknya, sebelum makan Anda minum air putih terlebih dahulu. Hal ini akan membuat tubuh kenyang dan porsi makan menjadi lebih sedikit.

Selain membuat kenyang, minum air putih yang cukup juga membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Untuk takaran air minum ideal yang dianjurkan adalah 8 gelas perhari.

Sangat penting untuk mengurangi makanan dan minuman manis

Kandungan gula tambahan biasanya ada di dalam makanan maupun minuman manis. Sehingga, makanan dan minuman manis tidak bagus untuk kesehatan tubuh kita. Jadi mulailah mengurangi mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Bahkan, beberapa makanan organik dan minuman seperti halnya jus, mengandung kadar gula cukup tinggi. Maka, kiat diet sehat selanjutnya adalah dengan memperhatikan kandungan nutrisi sebelum makan. Dan tentu saja berusahalah mengurangi makanan dan minuman manis.

Konsumsilah sarapan yang kandungan proteinnya tinggi

Makanan yang cocok untuk sarapan dengan protein tinggi contohnya adalah telur dan susu. Dengan mengonsumsi keduanya, maka akan sangat membantu untuk mencegah keinginan ngemil di siang hari.

Seimbangkan pola makan dengan rutin olahraga

Diet yang dilakukan tidak cukup hanya seputar pada pola makan saja. Akan tetapi, kiat diet sehat penting berikutnya adalah dengan berolahraga. Ya, menyeimbangkan pengaturan makan dengan rutin olahraga maka akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Selain berat badan turun, maka kesehatan dan pembakaran kalori akan terjadi dengan baik.

Jika Anda belum terbiasa rutin berolahraga setiap harinya. Maka cobalah mulai dari olahraga yang ringan terlebih dahulu, jalan kaki salah satu contohnya. Atau bisa juga dimulai dari olahraga yang Anda sukai seperti berenang, badminton maupun lainnya.

Mengonsumsi lemak sehat yang baik untuk kesehatan dan menurunkan berat badan

Jika kita mendengar kata lemak, maka yang terlintas adalah penyebab naiknya berat badan. Padahal tidak semua lemak bersifat demikian. Justru, lemak sehat ini akan membantu dalam menurunkan berat badan.

Maka tidak heran jika konsumsi lemak sehat menjadi kiat diet sehat yang patut diperhatikan. Beberapa lemak sehat itu contohnya adalah alpukat dan kacang-kacangan. Keuntungan dari mengonsumsi lemak sehat ini adalah membuat kita kenyang lebih lama.

Tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman beralkohol

Selain mengonsumsi alpukat maupun kacang-kacangan, kiat diet sehat selanjutnya adalah dengan menghindari minuman beralkohol. Kebanyakan orang tidak mengetahui, bahwasanya minuman beralkohol mengandung kalori yang cukup tinggi.

Sehingga hal tersebut justru membuat berat badan berantakan dan tidak stabil. Bahkan, yang lebih parahnya lagi, minuman beralkohol membuat tubuh kita kehilangan mineral yang penting. Jadi tidak heran jika mengonsumsi minuman tersebut membuat seseorang dehidrasi.

Mulailah memilih makanan yang tepat dan kaya nutrisi untuk dikonsumsi

Dari banyaknya kiat diet sehat yang kita paparkan di atas, sadarkah Anda jika lebih banyak tentang makanan? Ya benar, karena makanan memiliki peran yang sangat penting untuk sukses atau tidaknya diet yang dilakukan. Maka, mulai sekarang pilihlah menu makanan yang sehat untuk membantu diet Anda secara sehat pula.

Apa yang kita konsumsi memang berpengaruh besar terhadap naik atau turunnya berat badan. Anda dapat membuat daftar makanan apa saja yang akan Anda konsumsi selama diet. Disiplin dari semua makanan yang Anda makan maupun yang harus Anda hindari. Dengan kedisiplinan yang tinggi, turun berat badan secara cepat bukan lagi hal yang mustahil. Serta tidak lupa rutin berolahraga.

Demikianlah kiat diet sehat yang alami dan tidak membahayakan. Jika Anda ingin cepat turun berat badan dengan cara tersebut, kuncinya adalah kedisiplinan diri.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

program diet untuk hipertiroid

11 Tips dan Trik Melakukan Program Diet Untuk Hipertiroid

sumbersehat.com – Program diet untuk hipertiroid mudah dilakukan hanya dengan memperhatikan makanan apa saja yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *