10 Khasiat Kulit Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Wajib Anda Ketahui!

sumbersehat.com – Khasiat kulit pisang untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Selain buahnya yang nikmat dan kaya akan manfaat, ternyata kulit pisang juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Tidak heran jika kebanyakan masyarakat yang sadar akan manfaat saat ini lebih memilih untuk menyimpan kulit pisang dan diambil khasiatnya.

Walaupun memiliki segudang khasiat untuk kesehatan, nyatanya tidak banyak orang yang tahu akan banyaknya khasiat yang ada di dalam kulit pisang. Oleh karena itu berikut ini kami berikan informasi mengenai 10 khasiat kulit pisang untuk kesehatan tubuh. Berikut ulasannya!

khasiat kulit pisang
khasiat kulit pisang

Inilah Khasiat Kulit Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Adapun manfaat kulit pisang untuk kesehatan maupun kecantikan adalah :

1. Memutihkan gigi

Khasiat yang bisa anda dapatkan dari kulit pisang antara lain bisa memutihkan gigi. Tidak banyak orang tahu akan khasiat kulit pisang untuk perawatan tubuh bisa memutihkan Gigi secara alami. Padahal caranya cukup mudah yaitu hanya dengan menggosokkan kulit pisang pada gigi selama kurang lebih satu menit setiap harinya.

Lakukan cara ini setiap hari selama kurang lebih satu Minggu. Jika dilakukan secara rutin kulit pisang bisa memutihkan gigi secara alami dan tentunya tampak sehat. Gigi putih yang dihasilkan dengan cara ini tampak sangat alami dan juga putih merata.

2. Membersihkan jerawat

Khasiat lain yang bisa anda rasakan dengan menggunakan kulit pisang adalah mampu membersihkan jerawat. Untuk membersihkan jerawat dengan kulit pisang caranya juga sangat mudah yaitu anda hanya perlu memijatnya pada wajah yang berjerawat atau bagian tubuh lainnya selama kurang lebih 5 menit setiap harinya.

Dengan melakukan cara ini, jerawat yang anda derita bisa dengan mudah untuk disembuhkan dan juga dibersihkan. Yang di butuhkan hanyalah ketelatenan untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Jika dilakukan dengan rutin, khasiat kulit pisang untuk perawatan tubuh bisa anda lihat hasilnya.

3. Mengurangi keriput

Khasiat kulit pisang selanjutnya adalah mampu mengurangi keriput. Dengan menggunakan kulit pisang akan membantu kulit tetap terhidrasi sehingga dapat mengurangi kerutan pada wajah atau keriput. Untuk mendapatkan khasiat tersebut bisa dilakukan dengan cara membuat masker kulit pisang yang ditambah dengan kuning telur atau madu.

Caranya, campur kuning telur atau madu dengan kulit pisang yang sudah ditumbuk. Oleskan campuran tersebut ke wajah selama kurang lebih lima menit lalu bilas dengan air. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini dengan teratur dan rutin.

4. Menurunkan kolesterol

Selanjutnya khasiat kulit pisang bisa yang bisa anda rasakan adalah mampu menurunkan kolesterol jahat. Kulit pisang memang sangat efektif untuk menurunkan kolesterol dikarenakan kandungan serat yang lebih larut, namun tidak larut terhadap buahnya. Oleh karena itu bagi penderita kolesterol tinggi bisa dikurangi dengan menggunakan kulit pisang sebagai campuran obat.

5. Membentuk otot

Selain bisa untuk menurunkan kolesterol, kulit pisang bisa juga memiliki khasiat sebagai pembentuk otot. Kandungan kalium dan elektrolit dalam kulit pisang memiliki kontribusi besar dalam pembentukan otot, metabolisme karbohidrat serta pengaturan keseimbangan asam basa yang ada di seluruh tubuh.

6. Membuat lebih bahagia

Khasiat dari kulit pisang yang jarang diketahui lainnya yaitu mengenai kemampuannya membuat seseorang lebih bahagia. Hal itu dikarenakan kulit pisang memiliki tingkat serotonin yang tinggi. Serotonin ini merupakan neurotransmitter yang bersumber dari Triptofan. Zat serotonin ini sering dianggap sebagai senyawa kimia yang mengatur keseimbangan mood seseorang. Karena itulah kulit pisang memiliki khasiat membuat orang lebih bahagia.

7. Menjadikan tidur lebih nyenyak

Khasiat kulit pisang untuk perawatan tubuh juga sangat bagus karena mampu menjadikan tidur lebih nyenyak. Tidur yang tidak nyenyak tentunya membahayakan kesehatan, oleh karena itu bagi anda yang memiliki masalah dengan tidur tidak nyenyak bisa menggunakan kulit pisang sebagai obatnya. Hal itu dikarenakan dalam kulit pisang, terdapat kandungan tryptophan. Kandungan senyawa tryptophan ini adalah obat yang digunakan sebagai obat alternatif untuk berbagai penyakit seperti insomnia, kecemasan, depresi hingga sindroma premenstruasi.

8. Mengecilkan pinggang

Khasiat kulit pisang juga sangat membantu untuk anda yang sedang menjalankan program diet. Kulit pisang memiliki kandungan kalori rendah dan juga berlimpah serat serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sehingga mampu menjadikan sumber suplemen yang ideal bagi anda yang tetap ingin terlihat langsing.

9. Mencegah kanker

Kulit pisang merupakan salah satu bahan makanan yang bisa digunakan untuk mencegah penyakit kanker. Kulit pisang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Di Sertai senyawa yang melindungi sel dari ancaman mutasi yang biasa menyebabkan tumor atau kanker. Meski demikian untuk memastikan kebenaran kandungannya juga perlu untuk konsultasi dengan dokter.

10. Memperkuat sel darah merah

Selanjutnya khasiat yang bisa anda dapatkan dari kulit pisang adalah mampu memperkuat sel darah merah. Sel darah merah memiliki fungsi untuk mengirimkan oksigen ke jaringan tubuh secara konstan. Di dalam kulit pisang terdapat nutrisi yang memperkuat sel darah merah dan memastikan distribusi oksigen ke seluruh tubuh dan meminimalisir kerusakan pada sel darah merah.

Selain 10 khasiat kulit pisang tersebut, masih banyak khasiat lain yang bisa anda dapatkan seperti mampu menjaga kesehatan mata dengan adanya kadar lutien yang tinggi. Mampu meningkatkan sistem kekebalan karena kulit pisang kaya akan serat yang bisa membantu menciptakan bakteri probiotik dalam usus besar.

Selanjutnya kulit pisang juga dipercaya mampu menyembuhkan luka ringan dan juga mampu mengatasi psoriasis. Psoriasis ini adalah penyakit peradangan kulit yang sudah menahun. Cara menggunakan kulit pisang untuk perawatan psoriasis adalah dengan menggosok kulit pisang ke bagian kulit yang terkena psoriasis.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam penggunaan kulit pisang untuk di ambil khasiatnya, anda harus menggunakan pisang organik yang aman dari pestisida dan insektisida. Untuk mengolah kulit pisang anda bisa melakukannya dengan cara merebus atau dengan cara di blender. Hindari mengolah dengan cara menggoreng karena bisa mengubah khasiat kulit pisang.

Dengan memperhatikan bagaimana cara pengolahannya, anda tidak perlu lagi meragukan khasiat kulit pisang. Karena dengan cara mengolah yang benar , sudah pasti khasiatnya dapat dirasakan. Lain halnya dengan mengolah tapi tidak memperhatikan caranya, bisa jadi olahan kulit pisang tersebut menjadi tidak memiliki khasiat untuk tubuh. Untuk itu anda harus tetap berhati-hati dan selalu memperhatikan anjuran dalam mengolah kulit pisang.

Walaupun memiliki segudang khasiat, tidak serta Merta anda bisa menyembuhkan penyakit hanya dengan mengkonsumsi kulit pisang. Anda harus tetap melakukan konsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan lain mengenai kondisi yang anda rasakan. Setelah itu kulit pisang bisa menjadi pendamping pengobatan agar lebih maksimal.

Itulah informasi yang bisa kami berikan mengenai 10 khasiat kulit pisang untuk kesehatan tubuh. Semoga dengan informasi yang kami berikan anda bisa mengetahui alternatif pengobatan menggunakan kulit pisang dalam mengobati sakit yang anda derita. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu, terima kasih.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *