Ketahui 13 Khasiat Kencur Sebagai Obat Herbal yang Ampuh

Sumbersehat.com – Khasiat kencur tentu sudah diketahui banyak orang, terutama mereka yang sudah sepuh. Tanaman satu famili dengan jahe-jahean ini sudah menjadi rempah-rempah populer di dunia. Manfaat kencur yang sudah tidak diragukan lagi untuk dunia kesehatan bahkan dunia kecantikan.

Mulai dari penyakit ringan sampai penyakit akut bisa disembuhkan oleh tanaman kecil ini. Tanaman kencur dengan nama latin Kaempferia galangal ini, tak hanya diambil manfaat dari bagian rimpangnya saja. Bahkan, bisa juga dari daunnya dan bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Untuk mengetahui apa saja khasiat kencur, simak ulasan ini!

Khasiat kencur
khasiat kencur

Inilah Khasiat Kencur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain bumbu masakan, bisa berguna untuk segi pengobatan. Nah, berikut ini adalah manfaat kencur yang sangat bagus untuk kesehatan, diantaranya:

1. Manfaat Kencur Sebagai Obat Batuk

Bagi Anda yang mengalami batuk-batuk yang mengganggu aktivitas Anda, tanaman kencur ini bisa Anda jadikan obat herbal untuk menyembuhkannya. Khasiat kencur ini bisa meredakan gejala batuk, terutama batuk berdahak. Efek yang akan dirasakan yaitu tenggorokan akan terasa lega dan lebih hangat.

Bagaimana cara mengolah kencur untuk obat batuk ini? mudah sekali. Hanya dengan menyiapkan kencur yang sudah diparut dan ditambah garam, lalu saring kencur dan campurkan dengan air hangat sampai merata. Khasiat kencur untuk batuk ini cukup manjur, lakukan secara rutin jika ingin batuk Anda sembuh.

2. Khasiat Kencur untuk Mencegah Adanya Karies Gigi

Seringkali mengeluh karena linu ketika mengunyah? Bisa jadi gigi Anda mengalami gejala karies. Karies gigi ini terjadi karena adanya area gigi yang rusak permanen dan berkembang menjadi lubang yang kecil.

Penyebab adanya karies gigi diantaranya adanya bakteri, ngemil, mengonsumsi makanan manis, dan kurangnya kebersihan gigi. Sifat antimikroba yang ada dalam kencur ini bisa membantu memperhambat perkembangan bakteri Lactobacillus acidophilus di dalam tubuh.

3. Manfaat Kencur untuk Mengobati Masalah Pencernaan

Khasiat kencur selanjutnya ini sudah dibuktikan berdasarkan penelitian Internasional Journal Of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences. Penelitian tersebut menyebutkan, bahwa kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah banyak.

Atas hasil itulah, kencur dipercaya bisa mengobati masalah pencernaan dengan manjur, seperti diare. Cara mengolah kencur menjadi obat ini, hanya dengan menumbuk kencur dengan dua siung bawah merah hingga halus. Lalu, bungkus dengan daun pisang dan bakar sampai hangat, serta oleskan ke perut secara rutin agar diare lebih cepat sembuh.

4. Khasiat Kencur untuk Mencegah Terjadinya Kanker Lambung

Lambung menjadi organ paling penting dalam mencerna makanan dalam tubuh. Jika pola makan dan gaya hidup Anda buruk, bisa jadi bakteri H. Pylori menyerang leher dinding usus dan lambung Anda. Bakteri ini sudah terbukti sangat ganas dan bisa menimbulkan gejala kanker lambung yang dapat membahayakan hidup manusia.

Alhasil, sel-sel pencernaan akan mudah rusak dan terjadi peradangan. Untuk mencegahnya, Anda bisa merasakan khasiat kencur ini, dengan konsumsi segelas air hangat yang sudah dicampurkan dengan sari kencur.

5. Manfaat Kencur Sebagai Obat Pereda Nyeri

Jika Anda seringkali merasakan nyeri dan pegal linu dibagian otot atau sendi, khasiat kencur sebagai pereda nyeri bisa jadi referensi. Tanaman kencur ini sudah diakui bisa meredakan problema kesehatan seperti nyeri pinggang, encok, sakit kepala, nyeri otot atau sendi.

Minuman tradisional seperti jamu beras kencur ini bisa atasi rasa nyeri, atau cocok untuk Anda yang susah menaikkan berat badan. Selain dikonsumsi, bisa pula dijadikan sebagai minyak pijat yang sudah dicampurkan dengan tanaman kencur ini.

6. Khasiat Kencur untuk Menstabilkan Kadar Kolesterol

Kandungan yang terdapat dalam tanaman kencur ini, bisa mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Kencur berproses untuk meningkatkan produksi empedu di dalam tubuh. Empedu ini bertanggungjawab untuk menyerap nutrisi dan menghilangkan racun, seperti kolesterol jahat.

Selain pereda nyeri, khasiat kencur yang diolah menjadi jamu beras kencur dapat menurunkan kadar kolesterol. Dikarenakan, didalamnya terkandung minyak atsiri dan alkaloid.

7. Manfaat Kencur Sebagai Sumber Antioksidan

Kandungan dalam tanaman kencur, yaitu flavonoid, polifenol, tanin, steroid, monoterpen dan seskuiterpen menjadi bukti sebagai sumber antioksidan dalam tubuh. Antioksidan ini bekerja menangkal adanya radikal bebas dan virus.

Ini membuat tanaman kencur dapat meningkatkan kekebalan bagi tubuh. Penelitian dari Universitas Slamet Riyadi telah menjelaskan bahwa kandungan yang terdapat dalam beras kencur memiliki aktivitas antioksidan FRP 91,71 %.

8. Khasiat Kencur Sebagai Pengganti Obat Sakit Kepala

Tak perlu obat-obatan kimia untuk meredakan sakit kepala, khasiat kencur ini bisa Anda rasakan manfaatnya. Kencur ini dipercaya dapat meredakan sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migrain.

Tanaman kencur ini menjadi pilihan alternatif, karena sangat aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping. Khasiatnya bahkan bisa menyaingi produk obat di pasar, juga belum tentu aman karena mendapat banyak senyawa kimia yang berbahaya.

9. Manfaat Kencur untuk Mengurangi Rasa Perut Kembung

Tanaman kencur ternyata bisa juga meredakan perut kembung, lho. Rasa kencur yang hangat ketika dikonsumsi akan memberikan rasa nyaman untuk perut Anda. Cara mengolah kencur untuk mengatasi rasa sakit ini, yaitu dengan merebus kencur dengan segelas air. Lalu minumlah air rebusan kencur ini sebanyak tiga kali sehari hingga kembung mereda.

10. Khasiat Kencur untuk Dapat Meningkatkan Energi

Tanaman kencur juga bisa sebagai energy booster atau penambah energi dalam tubuh, lho. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Tibet, kandungan dalam kencur ini dapat berubah menjadi energi karena bercampur dengan hormon di dalam tubuh.

Cara mengolah kencur sebagai penambah energi ini cukup mudah. Anda hanya merebus satu buah kencur sepanjang 2-5 cm dengan segelas air, lalu konsumsi secara rutin sebelum hendak tidur.

11. Manfaat Kencur untuk Mencegah Adanya Jerawat

Tak hanya berkhasiat dalam dunia kesehatan, rempah-rempah tradisional ini juga berguna dalam dunia kecantikan, lho. Baik pria atau wanita seringkali memiliki wajah yang kusam dan mengundang adanya jerawat. Untuk mencegahnya, Anda bisa memanfaatkan khasiat kencur ini untuk mencegah jerawat muncul.

Kencur atau Kaempferia galangal dapat mencegah adanya hormon menumbuhkan jerawat kemudian menghilang. Sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang haid untuk mengonsumsi kencur ini, karena biasanya haid dapat mempercepat pertumbuhan di wajah.

12. Khasiat Kencur untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Perawatan wajah kali ini, Anda tidak perlu beli ke supermarket. Hanya dengan membuat masker beras kencur alami, Anda bisa atasi masalah kecantikan kulit wajah misal adanya noda atau flek hitam.

Tanaman kencur ini dapat menghilangkan noda hitam serta melembutkan tekstur kulit yang kasar dan tidak merata. Cara mengolah kencur menjadi masker wajah cukup mudah. Masker wajah dibuat dari sari perasan kencur yang sudah dicampur dengan air rendaman beras, lalu olesi ke wajah Anda.

13. Manfaat Kencur untuk Mengatasi Mata Panda

Ternyata, tak hanya menghilangkan flek hitam di wajah, masker beras kencur ini juga berkhasiat untuk menghilangkan kantung hitam di daerah bawah mata. Problema kecantikan lainnya yang bisa diatasi yaitu memperlambat penuaan dini, mengurangi minyak berlebih, mencerahkan warna kulit, dan mengencangkan kulit wajah.

Jadi, khasiat kencur ini bisa Anda nikmati tanpa perlu mengocek uang banyak untuk beli masker di pasaran, bukan? Mulailah memanfaatkan tanaman herbal ini agar masalah kecantikan teratasi dan hemat uang juga.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai khasiat  kencur yang sudah diakui oleh masyarakat luas, bahkan penelitian Internasional sekalipun. Rempah-rempah yang sering dijumpai di dapur ternyata banyak sekali khasiatnya, bukan? Tak perlu mengobati penyakit dengan obat-obatan kimia.

Anda bisa coba referensi di atas untuk segala penyakit yang Anda alami. Selain bahannya mudah didapat dan murah, juga efisien dalam pembuatannya. Semoga artikel ini bisa memuaskan informasi anda untuk tahu lebih dalam khasiat serta kandungan tanaman ini.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah plum

Ketahui 8 Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan, Terutama untuk Wanita

sumbersehat.com – Manfaat buah plum untuk wanita memang seringkali kita dengar di tengah masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *