6 Khasiat Keji Beling untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com – Khasiat keji beling sangat beragam dan tentunya baik untuk kesehatan. Tanaman keji beling sering dimanfaatkan sebagai obat herbal yang dapat meluruhkan penyakit batu ginjal. Selain itu, tanaman keji beling juga mudah ditemukan di Indonesia karena penyebarannya sudah merata. Tidak hanya sebagai obat batu ginjal saja, tetapi khasiat keji beling juga dapat sebagai obat alternatif penyakit yang lainnya. Tanaman ini juga aman untuk dikonsumsi karena menggunakan bahan herbal. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman ini? Simak penjelasan berikut ini.

Tentang Keji Beling

Sebelum mengetahui berbagai manfaat keji beling, sebaiknya anda berkenalan terlebih dahulu dengan tanaman ini. Tanaman keji beling juga sering disebut sebagai tanaman pecah beling. Tanaman ini dapat tumbuh setinggi satu meter dan mempunyai daun yang berwarna hijau gelap dan tepian daun yang bergerigi.

Pada umumnya, bunga keji beling sering ditemukan di tepian sungai atau lahan dan sering digunakan sebagai tanaman pagar. Panjang daun dari tanaman ini sekitar 2 cm sampai dengan 5 cm. Batang tanaman keji beling yang masih muda berwarna keunguan dan dapat berubah warna menjadi cokelat secara perlahan. Bunga keji beling berwarna kuning dan berbentuk seperti corong dengan ukuran kurang lebih 1,5 cm sampai dengan 2 cm. Selain itu, tanaman ini juga menghasilkan buah yang berbentuk gelondong dengan panjang sekitar 11 cm.

Berdasarkan penelitian, tanaman ini mempunyai kandungan kafein, vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2. Terdapat banyak sekali zat gizi yang lainnya terkandung dalam bunga keji beling yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu saja, terdapat sifat bioaktif yang terdapat dalam tanaman ini. Contohnya seperti untuk antiinflamasi, antioksidan, antihipertensi, antimikroba, anti-angiogenik, analgesik, hepatoprotektif, dan sifat hipoglikemik.

khasiat keji beling
khasiat keji beling

Inilah Manfaat Keji Beling Untuk Berbagai Pengobatan

Setelah anda mengetahui tentang tanaman keji beling, berikut ini adalah beberapa khasiat keji beling yang bisa anda dapatkan, diantaranya :

1. Manfaat keji beling untuk batu ginjal

Khasiat keji beling yang paling terkenal adalah dapat mengobati penyakit batu ginjal. Keji beling memang sering digunakan sebagai obat herbal yang dapat meluruhkan penyakit batu ginjal dan batu kandung kemih. Obat ini banyak tersedia dalam bentuk pil dan kapsul siap minum. Dalam pil tersebut terdapat kandungan daun keji beling dan kumis kucing yang dapat meluruhkan batu ginjal dan batu kandung kemih.

Selain itu, tanaman ini juga dapat mengobati penyakit infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, dan anyang-anyangan. Khasiat keji beling juga memiliki sifat diuretik. Dengan mengatur keluaran asam amino dan metabolisme kolin, tanaman ini dapat melindungi cedera ginjal yang diinduksi dengan oksalat.

2. Khasiat keji beling untuk menangkal radikal bebas

Berdasarkan penelitian dari Universiti Sains Malaysia, pada bunga keji beling terdapat kandungan antioksidan penting. Contohnya seperti polifenol, flavonoid, katekin, alkaloid, dan tanin. Kandungan antioksidan ini membuat khasiat keji beling mampu melawan efek radikal bebas yang tidak baik baik tubuh. Radikal bebas merupakan zat yang berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit. Seperti kanker, jantung, penurunan penglihatan, dan Alzheimer.

3. Manfaat keji beling untuk mengobati diabetes

Khasiat keji beling ternyata juga dapat digunakan sebagai obat penyakit diabetes. Walau belum diujikan secara langsung oleh manusia, menurut penelitian dari Universiti Putra Malaysia dapat menurunkan gula darah. Penelitian ini sudah diuji coba dengan menggunakan media tikus lab. Manfaat keji beling untuk penurunan gula darah dan kolesterol datang dari kandungan antioksidan dan polifenolnya. Sehingga, tanaman ini sangat baik digunakan sebagai obat herbal.

4. Khasiat keji beling dapat mencegah hipertensi

Dalam bunga keji beling terdapat kandungan Methylripariochromene A (MRC) yang dapat membantu untuk merelaksasi otot dan memperbesar pembuluh darah. Dengan rutin mengonsumsi ramuan keji beling maka anda akan mendapatkan khasiat keji beling untuk membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan kalium dalam bunga keji beling juga dapat mengobati hipertensi. Hal ini dikarenakan kalium membantu mengurangi efek sodium. Untuk pengobatan, bagi orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 4.700 mg kalium dalam sehari.

5. Manfaat keji beling untuk mengobati penyakit rematik

Ekstrak daun keji beling manfaatnya dapat untuk meredakan rasa nyeri, menghilangkan peradangan, dan memelihara fungsi persendian. Keji beling memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mempercepat proses penyembuhan radang sendi. Penyakit rematik ditandai dengan peradangan yang mempengaruhi struktur penghubung atau pendukung tubuh. Hal ini sering terjadi pada persendian, tendon, ligamen, tulang, dan otot. Bahkan beberapa penyakit rematik dapat mempengaruhi organ. Cara mengolah daun keji beling untuk mengobati rematik juga sangat mudah.

Anda hanya perlu menyiapkan 5 lembar daun keji beling yang sudah dibersihkan dan daun meniran. Rebus kedua bahan tersebut bersama dengan 3 gelas air putih. Tunggu sampai mendidih dan air rebusan berubah warna. Kemudian, diamkan air rebusan hingga dingin dan konsumsi sebanyak tiga kali sehari dengan takaran setengah gelas.

6. Khasiat keji beling untuk mengatasi infeksi saluran kencing

Khasiat keji beling yang terakhir adalah dapat mengatasi penyakit infeksi saluran kencing (ISK). Salah satu penyebab penyakit ini terjadi karena bakteri yang memasuki saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak dalam kandung kemih. ISK pada umumnya terjadi pada wanita dan mempengaruhi kandung kemih dan uretra.

Pada daun keji beling memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat dijadikan obat herbal. Bahkan, daun keji beling dan kumis kucing jika dicampurkan dapat menjadikan obat yang baik untuk menyembuhkan penyakit ini. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus sudah membuktikan bahwa penggunaan ramuan daun keji beling dan kumis kucing dapat mengobati ISK. Dimana ramuan ini dikaitkan dengan kadar urat serum yang berkurang sehingga hasilnya menunjukkan efek produksi urin yang normal pada tikus.

Khasiat keji beling juga dapat membantu mengurangi kemungkinan bakteri untuk dapat menempel pada sel di dinding saluran kemih. Yang mana bakteri tersebut dapat menimbulkan infeksi. Jika seseorang kesulitan buang air kecil maka dapat dipastikan mengalami infeksi pada saluran ginjal dan kandung kemih.

Cara Mengonsumsi Daun Keji Beling dengan Benar

Banyak cara yang bisa anda coba jika ingin mengonsumsi daun keji beling. Untuk dijadikan sebagai obat, konsumsi keji beling secara teratur dan sudah disesuaikan dengan dosis pada kemasan. Jangan mencoba untuk melebihkan dosis tanpa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mencegah terjadinya efek samping. Selalu perbanyak konsumsi air putih selama mencoba pengobatan dengan keji beling. Setidaknya minum sebanyak 2,5 liter setiap hari.

Banyak orang yang ingin mendapatkan manfaat keji beling dan berfikir jika mengonsumsi obat herbal sudah pasti aman. Padahal anggapan seperti itu tidak sepenuhnya benar walau kandungan didalamnya alami. Obat herbal juga melewati tahap pengujian klinis seperti obat-obatan kimia yang lain.
Oleh sebab itu, keji beling juga memiliki efek samping dan interaksi obatnya belum diketahui pasti. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter urologi sebelum mencoba mengonsumsi obat keji beling. Hentikan penggunaan obat jika muncul gejala penyakit yang lain setelah mengonsumsi obat ini.

Demikian informasi yang bisa anda ketahui mengenai khasiat keji beling untuk kesehatan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda dalam dunia kesehatan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah plum

Ketahui 8 Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan, Terutama untuk Wanita

sumbersehat.com – Manfaat buah plum untuk wanita memang seringkali kita dengar di tengah masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *