8 Fakta dan 5 Khasiat Kayu Bajakah yang Wajib Diketahui

By

Khasiat Kayu Bajakah – Kayu bajakah banyak dikenal masyarakat luas sebagai tanaman obat yang ampuh dalam mengobati penyakit kanker. Pernyataan ini bermula dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh 3 siswa dari SMA yang ada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Namun sebelum adanya penelitian tersebut, masyarakat Kalimantan Tengah, sudah mengetahui khasiat kayu bajakah tersebut.

Kayu bajakah merupakan tanaman obat yang sudah digunakan sejak dahulu kala oleh penduduk Kalimantan. Khususnya penduduk suku Dayak. Hal ini karena di dalam kayu bajakah tersebut, memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga penduduk Kalimantan, seringkali menggunakan kayu bajakah tersebut untuk pengobatan.

Fakta Kayu Bajakah

1. Asal Kayu Bajakah

Kayu bajakah berasal dari hutan yang ada di Kalimantan Tengah. Habitat asli kayu ini adalah tempat yang rimbun serta minim sinar matahari. Bila Anda ingin mendapatkan kayu bajakah ini, Anda harus masuk ke dalam hutan yang ada di Kalimantan Tengah. Untuk jarak dari kota Palangkaraya ke hutan tersebut, harus ditempuh selama 2 jam.

2. Bentuk Pohon Kayu Bajakah

Kayu bajakah memiliki bentuk pohon tunggal dan berwarna coklat. Kemudian akar dari kayu bajakah ini sangatlah kuat dan besar. Lalu kayu bajakah ini akan merambat hingga ketinggian 5 meter ke atas. Untuk lebih mudah mengenalinya, kayu bajakah ini dapat Anda temui di lahan gambut.

3. Peneliti Kayu Bajakah

Kayu bajakah sebenarnya sudah dikenal luas oleh penduduk Kalimantan Tengah saja. Kemudian ada 3 siswi SMA, melakukan penelitian dan juga uji laboratorium pada kayu bajakah tersebut. Selanjutnya 3 siswa tersebut melakukan percobaan dengan menggunakan tikus yang telah disuntikkan zat penumbuh. Lalu tikus tersebut disuntikkan lagi dengan menggunakan air rebusan kayu bajakah. Alhasil tikus tersebut sembuh dari kanker. Saat itulah khasiat kayu bajakah mulai dikenal masyarakat luas.

4. Penjualan dengan Harga Mahal

Ketika banyak orang yang sudah mengetahui khasiat yang ada dalam kayu bajakah, maka harga jualnya sangatlah mahal. Hal ini karena banyak orang yang dari luar Kalimantan Tengah yang mulai mencari kayu bajakah tersebut untuk pengobatan kanker. Kondisi ini ini dimanfaatkan oleh para penjual kayu bajakah untuk meraup keuntungan besar. Biasanya kayu bajakah dijual melalui platform perdagangan elektronik.

5. Eksploitasi Skala Besar

Kegiatan eksploitasi skala besar pada kayu bajakah, mulai dilakukan sejak diakuinya khasiat kayu bajakah. Hal ini karena banyak orang yang ingin meraup keuntungan dari penjualan akar bajakah. Oleh sebab itu pemerintah harus lebih tegas dalam menjaga kelestarian kayu bajakah tersebut. Hal ini bertujuan agar kayu bajakah tidak cepat punah.

6. Rahasia Jenis Kayu Bajakah untuk Obat Kanker

Para peneliti dari salah satu SMA di Kalimantan Tengah, masih merahasiakan jenis kayu bajakah yang digunakan untuk pengobatan kanker. Itu karena kayu bajakah memiliki tiga jenis yang tumbuh di dalam hutan Kalimantan Tengah. Jenis kayu bajakah tersebut antara lain Bajakah Lamei, Kalalawit, dan Tampala. Masing – masing jenis kayu bajakah memiliki khasiat tersendiri. Untuk menghindari kegiatan eksploitasi skala besar, peneliti merahasiakan kayu bajakah untuk pengobatan kanker.

7. Belum Bersertifikat Resmi

Penelitian kayu bajakah yang dilakukan dengan media tikus, ternyata masih belum mendapatkan sertifikat resmi. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengujian medis dengan tahap panjang agar kayu bajakah mendapatkan sertifikat resmi secara medis. Maka dari itu perlu dilakukan uji coba kepada beberapa orang yang memiliki riwayat kanker. Bila terbukti ampuh untuk menyembuhkan penyakit kanker, maka pengobatan dengan kayu bajakah tersebut akan diberikan sertifikat resmi.

8. Cara Mengkonsumsi Kayu Bajakah

Tata cara mengkonsumsi kayu bajakah untuk pengobatan herbal sangatlah mudah. Pertama Anda harus keringkan kayu bajakah di bawah sinar matahari langsung. Bila sudah mengering, remukan kayu bajakah tersebut hingga menjadi halus. Kemudian larutkan bubuk kayu bajakah ke dalam 500 mili air hangat. Selanjutnya konsumsi air rebusan bubuk kayu bajakah setiap hari.

Manfaat dan Khasiat Kayu Bajakah

Kayu bajakah ternyata memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Sehingga tidak heran bila penduduk Kalimantan Tengah seringkali menyebut kayu tersebut sebagai tanaman obat. Dengan begitu  mereka seringkali memanfaatkan kayu bajakah, untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

1. Membasmi Sel Kanker dan Tumor

Kayu bajakah banyak dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan kanker dan juga tumor ganas. Hal ini karena didalam kayu tersebut mengandung fitokimia dan juga antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dipercaya ampuh dalam membasmi sel kanker dan tumor yang ada dalam tubuh. Dengan begitu penyakit kanker dan juga tumor ganas yang Anda alami, akan segera sembuh hanya dengan mengkonsumsi air rebusan kayu bajakah tersebut.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kayu bajakah ternyata ampuh dalam menjaga imunitas tubuh. Hal ini karena di dalam kayu tersebut mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh. Sehingga kayu bajakah ini dapat dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalani pola hidup sehat. Dengan begitu Anda bisa terhindar dari penyakit autoimun. Penyakit autoimun merupakan penyakit berbahaya yang menyerang tubuh hingga ke organ dalam. Seseorang yang mengidap autoimun, akan mengalami kelumpuhan organ.

3. Sumber Antioksidan

Kayu bajakah dapat dikatakan sebagai sumber antioksidan. Hal ini karena di dalam jam kayu tersebut memiliki berbagai macam zat penting untuk tubuh. Mulai dari tanin, alkaloid, alkaloid saponin, terpenoid, tanin, fenolik, dan steroid. Dengan banyaknya zat penting tersebut, tidak heran bila Banyak masyarakat luas yang menganggap kayu bajakah ini sebagai sumber antioksidan. Alhasil banyak masyarakat yang memanfaatkan kayu bajakah untuk mengobati berbagai macam penyakit.

4. Menghentikan Pendarahan Pada Luka

Kayu bajakah dikenal oleh penduduk Kalimantan sebagai obat yang dapat menghentikan pendarahan pada luka. Itulah sebabnya kayu bajakah ini digunakan sejak dahulu kala, untuk pengobatan berbagai jenis penyakit secara alami. Hal ini karena di dalam kayu bajakah tersebut, memiliki kandungan tanin, flavonoid, dan fenolik. Kandungan tersebut bersifat angiogenesis yang akan membentuk pembuluh darah baru untuk proses penyembuhan luka.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kayu bajakah dipercaya ampuh untuk menjaga kesehatan kulit. Itu karena di dalam kayu bajakah tersebut mengandung fitokimia dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Dengan kandungan tersebut, dapat membuat kolagen menjadi terproduksi lagi. Sehingga akan membuat kolagen dalam tubuh Anda senantiasa terjaga dengan baik. Dengan begitu akan membuat kulit Anda menjadi sehat dan juga dapat terhindar dari penuaan dini.

Baca Juga: Yuk Intip Khasiat Manjakani yang Berguna Untuk Area Kewanitaan

Ada beberapa khasiat kayu bajakah yang wajib Anda ketahui. Mulai dari bisa menyembuhkan kanker dan tumor, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena di dalam kayu bajakah tersebut, memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga tidak heran bila kayu bajakah digunakan sebagai obat herbal sejak dahulu kala hingga saat ini. Oleh sebab itu bila Anda ada memiliki penyakit serius, Anda bisa mengobati dengan kayu bajakah ini.

Tinggalkan komentar