6 Khasiat Jintan Hitam dan Madu, Ternyata Mencengangkan

Sumbersehat.com – Khasiat jintan hitam dan madu? Pernahkah mendengar tentang jintan hitam? Jika belum, mungkin pernah mengetahui tentang habbatussauda. Ya jintan hitam merupakan habbatussauda. Dalam islam, bahan satu ini merupakan andalan Rasulullah dalam pengobatan selain madu.

Jintan hitam dan madu memang sering disebut sebagai pengobatan sunnah. Khasiat jintan hitam dan madu untuk pengobatan sudah tidak diragukan lagi. Karena Rasulullah sudah mengatakan bahwa kesembuhan ada dalam tiga hal yaitu bekam, madu, dan dalam habbatussauda itu penyembuh segala penyakit.

khasiat jintan hitam dan madu

Inilah Khasiat Jintan Hitam dan Madu

Ada beberapa manfaat jintan dan madu yang perlu anda ketahui karena baik untuk kesehatan, diantaranya:

1. Manfaat Jintan Hitam dan Madu untuk Mencegah Kanker

Ada satu senyawa aktif yaitu thymoquinone yang terdapat dalam kandungan jintan hitam. Diungkapkan bahwa senyawa ini memiliki efek antikanker. Telah dilakukan penelitian pada hewan dan terbukti ukuran tumor ganas berkurang. Ini salah satu khasiat jintan hitam dan madu yang sangat dahsyat untuk diketahui.

2. Khasiat Jintan Hitam dan Madu untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Selanjutnya adalah khasiat ramuan jintan hitam dan madu untuk mengatasi berbagai penyakit yaitu dari jintan hitam. Kelebihan kadar kolesterol dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Ternyata kadar kolesterol jahat atau LDL dn trigliserida bisa menurun dan sebaliknya kadar kolesterol baik cenderung meningkat.

3. Manfaat Jintan Hitam dan Madu untuk Mengontrol Diabetes

Penyakit satu ini sangat populer belakangan ini. Seiring perkembangan zaman dimana konsumsi junk food meningkat. Selain itu aktivitas pergerakan tubuh juga berkurang. Sebuah studi khasiat khasiat jintan hitam dan madu yaitu konsumsi jintan hitamnya selama beberapa minggu terlihat bahwa kadar gula darah mengalami penurunan.

4. Khasiat Jintan Hitam dan Madu untuk Melindungi Fungsi Organ Hati,

Campuran jintan hitam dan madu untuk mengatasi berbagai penyakit dilakukan melalui penelitian pada hewan. Didapatkan bahwa jintan hitam dengan kandungan antioksidannya berperan dalam mencegah kerusakan fungsi hati. Kandungan antioksidan tersebut nyatanya bermanfaat untuk anti peradangan.

5. Manfaat Jintan Hitam dan Madu untuk Menghilangkan Infeksi

Khasiat jintan hitam dan madu dalam melawan infeksi disebabkan oleh kandungan antivirus dan antibakteri dalam jintan hitam. Ada penelitian yang memperlihatkan bahwa jintan hitam mampu mengusir virus yang menyebarkan HIV, flu, serta hepatitis C. tidak itu saja pertumbuhan jamur serta bakteri dapat dihambat oleh jintan hitam.

6. Khasiat Jintan Hitam dan Madu untuk Mengobati Darah Tinggi

Khasiat jintan hitam dan madu untuk mengatasi berbagai penyakit adalah penurunan tekanan darah tinggi oleh jintan hitam. Studi ini menunjukkan bahwa selama delapan minggu diberikan jintan hitam ternyata tekanan darah tinggi menurun. Meskipun tingkat keamanan dan efektivitasnya belum diketahui secara klinis.

Agar khasiat jintan hitam dan madu dirasakan oleh tubuh, sebaiknya ketahui cara mengkonsumsinya. Konsumsi jintan hitam memang tergantung pada jenis penyakit, kondisi tubuh, usia, keadaan alergi lainnya, dan lain-lain. Yang lebih tahu detailnya adalah ahli thibbun nabawi. Namun secara umum cara konsumsi tersebut di bawah.

Kapan dan Bagaimana Cara Mengkonsumsi Jintan Hitam?

Untuk jintan hitam terbaik dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Lebih baik lagi bila diminum setidaknya 30 menit sebelum makan. Sedangkan bagi penderita penyakit maag, jintan hitam ini dikonsumsi 2 jam setelah makan. Perhatikan baik-baik perbedaannya.

Untuk meningkatkan imun tubuh, 1 gram saja konsumsi setiap hari selama sebulan. Agar khasiat jintan hitam dan madu terasa sebaiknya ikuti anjuran. Atau lebih baik lagi patuhi saran dari dokter yang ahli dalam pengobatan ala nabi atau lebih dikenal dengan thibbun nabawi. Pengobatan sesuai sunnah.

Khasiat Madu

Jintan hitam campur madu bermanfaat banyak, misalnya madu murni dapat mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung. Madu juga menjadi sumber energi bagi tubuh. Dapat menekan efek mengerikan akibat kadar kolesterol yang dalam tubuh. Sistem imunitas tubuh lebih tinggi. Ini hanya sebagian kecil manfaat madu. Masih banyak manfaatnya.

Kapan dan Bagaimana Cara mengkonsumsi Madu?

Khasiat jintan hitam dan madu yaitu madu bisa dikonsumsi kapan saja. Namun cara terbaik mengkonsumsinya adalah saat perut kosong. Hal ini bermanfaat agar penyerapan madu menjadi lebih maksimal. Sebaiknya lagi cukup dua sendok teh saja dalam sehari mengkonsumsi madu. Pastikan yang digunakan adalah madu murni.

Ciri-ciri Madu Murni

Bagaimana cara mengetahui madu murni agar khasiat resep jintan hitam dan madu untuk mengatasi berbagai penyakit benar-benar dapat dirasakan manfaatnya. Ujilah madu asli dengan air, bila air menjadi keruh maka madu tersebut memiliki banyak campuran. Madu murni terlihat terpisah dengan air seperti minyak bila dimasukkan dalam air.

Agar khasiat jintan hitam dan madu dapat diperoleh, maka ciri berikut yang perlu diketahui adalah mengandung busa dan gas. Madu murni tidak akan menyebar di dasar wadah berisi air. Madu murni akan langsung jatuh ke dasar wadah tersebut dan membentuk sudut-sudut heksagonal.

Sedangkan pendapat yang menyatakan bahwa semut tidak akan mendatangi madu murni tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya semut suka manis dan rasa asli madu adalah manis. Wajar bila semut mendekati madu murni. Jadi khasiat jintan hitam dan madu untuk mengatasi berbagai penyakit  tentang madu murni harus diketahui.

Khasiat jintan hitam dan madu cukup banyak kan. Namun sebaiknya pelajari lebih lanjut tentang manfaat keduanya. Lebih baik lagi bila mendiskusikannya dengan ahli thibbun nabawi agar mendapat info yang terakurat. Adanya ledakan informasi di internet seringkali membuat para pembaca bingung tentang mana yang benar.

Dokter yang ahli dalam pengobatan thibbun nabawi memang tidak sebanyak dokter umum. Maka carilah ahli thibbun nabawi bila yakin  jintan hitam madu berguna untuk mengatasi berbagai penyakit dapat membawa hasil terbaik. Tidak sulit mencarinya saat ini.

Yang perlu betul-betul diperhatikan adalah dosis dan cara konsumsinya. Selama ini yang jadi kendala adalah penggunaan bahan-bahan obat herbal tidak tepat dosisnya. Jadi hanya mengandalkan dan meyakini kedua bahan ini memiliki fungsi obat namun tidak dibarengi pengetahuan mendalam tentang khasiat jintan hitam dan madu.

Selain itu permasalahan lainnya yang mempengaruhi khasiat campuran jintan hitam dan madu untuk mengatasi berbagai penyakit, adalah keasliannya. Saat ini banyak sekali beredar jintan hitam dan madu palsu. Memang banyak teori mengetahui keasliannya namun ternyata yang memalsukan mempunyai 1001 cara untuk mengelabui konsumen.

Untuk lebih amannya memang sebaiknya membeli produk madu terutama dari peternakan lebah langsung, Untuk faktor kehati-hatian agar benar-benar kita dapatkan khasiat jintan hitam dan madu secara maksimal. Jadi tidak ada kekecewaan di kemudian hari. Niatnya menjalankan sunnah agar menjadi jalan kesehatan paripurna.

Setelah mengetahui khasiat jintan hitam dan madu untuk mengatasi berbagai penyakit, maka mulai sekarang anda dapat menyediakannya di rumah. Dengan menyediakan kedua bahan obat favorit Rasulullah ini, kita sudah menjalankan sunnah beliau saw. Segala sesuatu yang sunnah sudah pasti baik.

Sebab apapun yang dicontohkan oleh Rasulullah dijamin membawa manfaat bagi kesehatan lahir dan batin seorang muslim. Jadi tidak perlu khawatir mengkonsumsi kedua bahan obat tersebut. Khasiat jintan hitam dan madu memang luar biasa. Biasakan menjalankan sunnah agar hidup lebih berkah. Berkah dunia dan akhirat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *