7 Khasiat Daun Jambu Biji Sebagai Obat Herbal Penyakit Ini

Sumbersehat.com – Khasiat daun jambu biji tidak kalah bermanfaat dari ramuan herbal lainnya yang biasa dijual di pasaran. Diantara banyaknya tanaman atau tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai herbal untuk kesehatan, daun jambu biji juga ternyata memiliki banyak sekali khasiat yang baik untuk tubuh.

Daun jambu biji, yang memiliki banyak manfaat dipilih orang karena cenderung mudah untuk didapatkan. Hingga sekarang, sudah banyak orang yang memanfaatkannya untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Bila ingin tahu penjelasan lengkap tentang khasiat daun jambu biji, simak ulasan di bawah ini!

khasiat daun jambu biji

Kandungan Daun Jambu Biji

Kandungan daun jambu biji seperti antioksidan, antibakteri, karotenoid, flavonoid, anti inflamasi, serta tanin, membuat daun ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Daun jambu biji (Psidium guajava linn) dapat membantu pengobatan penyakit ringan sampai pada penyakit yang terbilang berat.

Tentunya itu membuat khasiat daun jambu biji baik untuk penyakit dalam tubuh maupun juga sebagai herbal kecantikan. Jika ingin mendapatkan manfaat daun jambu biji yang maksimal, anda harus tahu kegunaanya untuk mengatasi penyakit apa saja. Nah, berikut ini penjelasannya.

Inilah Manfaat Daun Jambu Biji bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah khasiat daun jambu biji yang perlu Anda ketahui, mulai dari obat diare hingga kanker:

1. Manfaat Daun Jambu Biji untuk Menyembuhkan Diabetes

Diabetes ada beberapa jenis, termasuk diabetes Melitus dan Insipidus. Pengobatan untuk penyakit diabetes tergolong melelahkan dan memakan banyak biaya. Daun jambu biji bisa bermanfaat untuk mengontrol gula darah orang yang menderita penyakit diabetes.

Khasiat daun jambu biji sebagai obat diabetes telah diteliti oleh para peneliti dalam riset di jurnal Nutrition and Metabolism. Hasilnya, kandungan daun jambu biji baik bagi penurunan kadar gula dalam darah.

Selain itu, hasil riset dari Jepang yakni dari para peneliti di Yakult Central Institute, membuktikan bahwa ramuan teh yang dicampur dengan daun jambu biji secara efektif dapat membantu penderita diabetes untuk mengurangi kadar gula darahnya. Cukup konsumsi air direbusan, atau diseduh dengan teh.

Ada pula cara yang lebih modern yakni dengan mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji hasil proses pengolahan di laboratorium. Untuk mengobati diabetes, pengolahan daun jambu biji pun beragam.

Cara mengolahnya juga terbilang mudah. Bila tak punya serbuk atau ekstrak daun jambu biji, Anda bisa membuat sendiri racikannya menggunakan bahan sederhana yang ada di rumah. Caranya; rebus 4-5 lembar daun jambu biji dan biarkan sampai mendidih, lalu saring ke dalam gelas dan siap dikonsumsi.

2. Khasiat Daun Jambu Biji untuk Mengobati Kanker

Kanker memiliki berbagai macam jenis, seperti kanker lambung, kanker payudara, kanker otak, dan lain sebagainya. Biaya pengobatan untuk kanker tergolong sangat tinggi dan banyak memiliki efek samping.Daun jambu biji dapat menjadi salah satu pilihan alternatif.

Hal ini dipilih sebagai cara alternatif karena untuk mendapatkan daun jambu biji tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam seperti halnya herbal lain yang cukup mahal.

3. Manfaat Daun Jambu Biji untuk Obat Kanker Payudara

Khasiat daun jambu biji bermanfaat dalam penyembuhan penyakit kanker payudara, dalam penelitian yang dilakukan oleh UHAMKA tahun 2015, karena salah satu kandungan daun jambu biji yakni kuertin dengan kadar yang cukup tinggi, yakni sekitar 61,71%.

Daun jambu biji diproses untuk diambil ekstraknya sebelum pada akhirnya bisa digunakan sebagai bahan pengobatan. Ekstrak daun jambu biji dapat dengan mudah ditemukan di apotek, toko offline, maupun toko online.

4. Khasiat Daun Jambu Biji untuk Memperbaiki Kesehatan Kulit dan Rambut

Disamping baik bagi kesehatan tubuh, seperti organ dalam dan penyakit-penyakit, khasiat daun Jambu Biji juga dapat dirasakan untuk kulit dan rambut. Daun jambu biji dipercaya dapat mengatasi jerawat dan mengenyalkan tekstur kulit.

Untuk kesehatan kulit, cukup oleskan ramuan daun Jambu Biji yang telah dihaluskan ke wajah, tunggu beberapa saat sampai meresap dan permukaan daun sedikit mengering, lalu bilas dengan air. Disamping itu, jika khusus ingin menghilangkan jerawat, maka cukup tumbuh 1-2 lembar daun Jambu Biji, lalu oleskan di bagian wajah yang berjerawat.

Sedangkan manfaat daun jambu biji untuk rambut adalah dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Setelah mendidih, tunggu sampai dingin. Lalu gunakanlah ramuan daun Jambu Biji tersebut untuk memijat kulit kepala secara merata. Manfaat daun jambu biji untuk rambut ini boleh dilakukan berulang secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Manfaat Daun Jambu Biji untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Disamping buah Jambu Biji yang nikmat dan kaya manfaat, khasiat daun jambu biji juga tidak dapat disepelekan. Daun Jambu Biji yang berbentuk lonjong melebar dengan tepian halus ini, dapat membantu orang yang mengalami masalah tidur, sangat baik bagi orang-orang yang mengalami kesulitan untuk terlelap tidur maupun yang mengalami kualitas tidur buruk.

Daun jambu biji yang memiliki sensasi agak kecut di mulut tapi tidak terlalu pahit ini dapat dicampurkan ke dalam teh hangat untuk diminum sebelum tidur. Teh yang dicampur dengan daun jambu biji dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi semakin rileks. Sehingga, kualitas tidur akan menjadi lebih baik dan siap untuk mempersiapkan tubuh menghadapi hari esok.

6. Khasiat Daun Jambu Biji untuk Mengontrol Kolesterol

Khasiat daun jambu biji yang juga tak kalah mengagumkan adalah membantu mengontrol serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh manusia yang  disebabkan oleh kebiasaan makan makanan dengan kandungan lemak jenuh berlebih.

Seenak mengkonsumsi buahnya yang manis dan segar, mengkonsumsi daun jambu biji dalam porsi yang tepat serta diolah dengan cara yang benar dapat memberikan manfaat.  Daun jambu biji mengandung hanya 0,2 gram lemak tak jenuh serta 0,1 gram lemak jenuh. Ini jelas sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh setiap penderita kolesterol.

7. Manfaat daun Jambu Biji Sebagai Obat Diare

Sudah jadi rahasia umum bahwa daun jambu biji berkhasiat dalam penyembuhan DBD. Tetapi selain itu daun herbal ini juga dikenal efektif mengatasi diare pada anak-anak hingga dewasa. Penggunaan daun jambu biji sebagai obat diare bahkan telah dilakukan sejak dulu.

Dikutip dari Journal of Smooth Muscle Research (2008), saat itu para peneliti menemukan fakta menarik yaitu ekstrak daun jambu biji terbukti efektif menunda gejala diare, mengontrol frekuensi buang air besar, sehingga mencegah diare menjadi bertambah parah. Konsumsi daun jambu biji untuk diare bisa melalui teh daun jambu biji yang kemudian akan bekerja melonggarkan kinerja usus saat diare.

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan dan perawatan tubuh adalah cara alternatif di samping pengobatan  dan perawatan modern dengan menggunakan obat kimia atau obat dokter. Tentunya konsumsi minuman tradisional herbal seperti daun jambu biji harus diikuti dengan pola hidup sehat agar manfaatnya lebih terasa.

Nah, demikianlah 7 khasiat daun jambu biji yang perlu Anda ketahui, beberapa diantaranya mungkin sudah tak asing bagi penggemar obat herbal dari daun-daunnya. Jika selama ini daun jambu biji hanya digunakan untuk mengobati diare, cobalah untuk mengkonsumsinya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *